|
SILABUS
Kelas I (Tema 1 :
Diriku)
Kompetensi Inti
KI 1 : Menerima
dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
KI 2 : Memiliki perilaku jujur, disiplin,
tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan
keluarga, teman, dan guru
KI 3 : Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati
[mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang
dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah dan di sekolah
KI 4 : Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang
jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak
sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak
mulia.
Subtema
1: Aku dan Teman Baru
Mata Pelajaran
|
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
PPKn
|
1.1 Menerima keberagaman karakteristik individu
dalam kehidupan beragama sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa di lingkungan
rumah dan sekolah.
2.1 Menunjukkan perilaku jujur, disiplin,
tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan
keluarga, teman, dan guru sebagai perwujudan nilai dan moral Pancasila.
3.2
Mengenal tata
tertib dan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah maupun di
sekolah.
4.1
Mengamati dan
menceritakan perilaku di sekitar rumah dan sekolah dan mengaitkannya dengan pengenalannya
terhadap salah satu simbol sila Pancasila.
4.2 Melaksanakan tata tertib di rumah dan di
sekolah
|
· Menjalankan
peraturan pada permainan di sekolah
· Menjalankan
peraturan pada permainan di sekolah
|
Kegiatan
pembelajaran sub tema 1 ini akan ditempuh dalam 1 minggu.
· Siswa
diajak untuk meningkatkan ketaqwaan kepada tuhan dengan cara berdoa sebelum
dan sesudah pelajaran.
· Siswa
diajarkan untuk memiliki
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri
dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru
· Siswa berlatih untuk menyebutkan namanya sendiri
dan berkenalan dengan teman Baru
· Siswa
berlatih untuk memahami, membuat, dan menghias kartu nama kartu nama.
· Siswa
belajar mengenal bilangan bersama teman
· Siswa
belajar berhitung sambil mengenal teman baru.
· Siswa
belajar mengenai bilangan asli dan menghitung banyak benda.
· Siswa
mengenal contoh bentuk- bentuk bangun datar.
· Siswa
belajar bernyanyi bersama teman sambil mengenal huruf.
· Siswa
mengamati dan mencoba melakukan gerakan lokomotor melalui permainan sederhana
· Siswa
melakukan beberapa gerak lokomotor dengan teman baru.
· Siswa
belajar mengurutkan bilangan
· Siswa
belajar mengenal Lingkaran sambil bermain bersama teman untuk menggambar dan
Bercerita.
|
· Tes
lisan
· Tes
tertulis
· Unjuk
kerja
· Tes
praktik
· Obser-
vasi
|
6
x 35 menit
|
· Diri
anak
· Lingkungan
· Media
gambar
· Benda
di sekitar siswa
· Model
bangun datar dan bangun ruang
· Buku
referensi yang relevan
|
Bahasa Indonesia
|
1.1
Menerima
anugerah Tuhan Yang Maha Esa berupa bahasa Indonesia yang dikenal sebagai bahasa
persatuan dan sarana belajar di tengah keberagaman bahasa daerah.
1.2
Menerima
keberadaan Tuhan Yang Maha Esa atas penciptaan manusia dan bahasa yang beragam
serta benda-benda di alam sekitar.
2.1
Memiliki
kepedulian dan rasa ingin tahu terhadap keberadaan wujud dan sifat benda
melalui pemanfaatan bahasa Indonesia dan/atau bahasa daerah.
2.2
Memiliki rasa
percaya diri terhadap keberadaan tubuh melalui pemanfaatan bahasa Indonesia
dan/atau bahasa daerah pemahaman.
3.1
Mengenal teks
deskriptif tentang anggota tubuh dan pancaindra, wujud dan sifat benda, serta
peristiwa siang dan malam dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia
lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu
pemahaman
3.3
Mengenal teks
terima kasih tentang sikap kasih sayang dengan bantuan guru atau teman dalam
bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa
daerah untuk membantu pemahaman
3.4
Mengenal teks
cerita diri/personal tentang keberadaan keluarga dengan bantuan guru atau
teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata
bahasa daerah untuk membantu pemahaman.
4.1
Mengamati dan
menirukan teks deskriptif tentang anggota tubuh dan pancaindra, wujud dan
sifat benda, serta peristiwa siang dan malam secara mandiri dalam bahasa Indonesia
lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu
penyajian.
4.3
Menyampaikan
teks terima kasih mengenai sikap kasih sayang secara mandiri dalam bahasa
Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk
membantu penyajian.
4.4
Menyampaikan
teks cerita diri/ personal tentang keluarga secara mandiri dalam bahasa
Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah
untuk membantu penyajian.
|
·
Menyebutkan
urutan huruf melalui nyayian “a-b-c”
·
Mengurutkan
huruf a-b-c-d-e-f dengan urutan tang benar
·
Menulis di
udara, pasir, dan punggung
·
Mengenal
huruf vocal a-i-u-e-o
·
Menebalkan
garis sesuai petunjuk
·
Mengidentifikasi
nama teman
·
Menceritakan
hasil gambar yang dibuatnya disepan kelas
·
Menebalkan
angka 1-5 sesuai dengan benda
·
Memperkenalkan
diri dengan
menyebutkan
nama lengkap
·
Memperkenalkan
diri dengan
·
menyebutkan
nama panggilan
·
Menyebutkan
nama temannya
·
Menyebutkan
identitas teman
·
Menceritakan
gambar yang telah dibuat
·
Menyampaikan
hasil pengamatan sesuai bentuk benda
|
||||
Matematika
|
1.1
Menerima dan
menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.2
Menunjukkan
perilaku teliti dan peduli dengan menata bendabenda di sekitar ruang kelas
berdasarkan dimensi (bangun datar, bangun ruang), beratnya, atau urutan
kelompok terkecil sampai terbesar
3.1
Mengenal
lambang bilangan dan mendeskripsikan kemunculan bilangan dengan bahasa yang sederhana.
3.2
Mengenal
bilangan asli sampai 99 dengan menggunakan benda-benda yang ada di sekitar
rumah, sekolah, atau tempat bermain.
3.4
Menunjukkan
pemahaman tentang besaran dengan menghitung maju sampai 100 dan mundur dari
20
3.5
Mengenal
bangun datar dan bangun ruang menggunakan benda-benda yang ada di
sekitarrumah, sekolah, atau tempat bermain.
4.1
Mengurai
sebuah bilangan asli sampai dengan 99 sebagai hasil penjumlahan atau
pengurangan dua buah bilangan asli lainnya dengan berbagai kemungkinan jawaban.
4.7
Membentuk dan
menggambar bangun baru dari bangun-bangun datar atau pola bangun datar yang sudah
ada.
4.8
Mengelompokkan
teman sekelas berdasarkan tinggi badannya.
|
·
Menghitung
banyak benda 1-5
·
Menunjukkan
benda sesuai dengan bilangan yang ditentukan
·
Menentukan
jumlah huruf vocal dalam kalimat
·
Mengidentifikasi
banyak benda
·
Menentukan
benda yang lebih banyak
·
Menentukan
benda yang lebih sedikit
·
Menunjukkan
benda-benda di sekitar yang berbentuk dsar segi empat
·
Menunjukkan
benda-benda disekitar yang berbentuk dasar lingkaran.
·
Mengidentifikasi
bangun segi empat
·
Menggambar
dari bentuk segi empat
·
Menggambar
berdsarkan bentuk lingkaran dan segi empat
|
||||
SBdP
|
1.1
Merasakan
keindahan alam sebagai salah satu tanda-tanda kekuasaan Tuhan.
2.1
Menunjukkan
rasa percaya diri untuk berlatih mengekspresikanm diri dalam mengolah karya
seni
3.1
Mengenal cara
dan hasil gambar ekspresi.
4.1
Menggambar
ekspresi dengan mengolah garis, warna dan bentuk berdasarkan hasil pengamatan
di lingkungan sekitar
4.7 Menyanyikan
lagu anak-anak dan berlatih memahami isi lagu
|
· Memberi
hiasan pada kartu nama
·
Menyanyikan
lagu “a-b-c” dengan irama yang benar.
|
||||
PJOK
|
1.1
Menghargai
tubuh dengan
seluruh
perangkat gerak dan kemampuannya sebagai anugerah Tuhan.
2.1
Menunjukkan
perilaku percaya diri dalam melakukan berbagai aktivitas fisik dalam bentuk
permainan.
3.1
Mengetahui
konsep gerak dasar lokomotor sesuai dengan dimensi anggota tubuh yang
digunakan, arah, ruang gerak, hubungan, dan usaha, dalam berbagai bentuk
permainan sederhana dan atau tradisional.
3.3
Mengetahui
konsep gerak dasar manipulatif sesuai dengan dimensi anggota tubuh yang
digunakan, arah, ruang gerak, hubungan, dan usaha, dalam berbagai bentuk
permainan sederhana dan atau permainan tradisional.
4.1
Mempraktikkan
pola gerak dasar lokomotor yang dilandasi konsep gerak (seperti konsep:
tubuh, ruang, hubungan, dan usaha) dalam berbagai bentuk permainan sederhana
dan/atau tradisional
4.3 Mempraktikkan pola gerak dasar manipulatif
yang dilandasi konsep gerak dalam berbagai bentuk permainan sederhana
dan/atau permainan tradisional
|
·
Melakukan
gerak lokomotor sesuai dengan arahan guru
·
Melakukan
gerak lokomotor menggunakan kaki dalam berjalan lurus
·
Melakukan
gerak lokomotor menggunakan kaki dalam berjalan zig-zag
·
Melakukan
gerak lokomotor menggunakan kaki dalam berjalan lengkung.
·
Melakukan
gerak lokomotor lari berpasangan
·
Melakukan
gerak melempar
·
Melakukan
gerak menangkap
|
Branjang, Juli 2014
Mengetahui,
Kepala
Sekolah Guru
Kelas / Guru Mata Pelajaran
Muh
Solikhan, SHI Istianah
NIP.
- NIP. -
SUBTEMA 1: Aku dan Teman Baruku
Pemetaan Kompetensi Dasar 1 dan 2
Mata Pelajaran
|
Kompetensi Dasar
|
PPKn
|
1.1 Menerima
keberagaman karakteristik individu dalam kehidupan beragama sebagai anugerah
Tuhan Yang Maha Esa di lingkungan rumah dan sekolah
2.1
Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun,
peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru
sebagai perwujudan nilai dan moral Pancasila
|
Bahasa
Indonesia
|
1.1
Menerima
anugerah Tuhan Yang Maha Esa berupa bahasa Indonesia yang dikenal sebagai bahasa
persatuan dan sarana belajar di tengah keberagaman bahasa daerah.
1.2
Menerima
keberadaan Tuhan Yang Maha Esa atas penciptaan manusia dan bahasa yang beragam
serta benda-benda di alam sekitar.
2.1
Memiliki
kepedulian dan rasa ingin tahu terhadap keberadaan wujud dan sifat benda
melalui pemanfaatan bahasa Indonesia dan/atau bahasa daerah.
2.2 Memiliki
rasa percaya diri terhadap keberadaan tubuh melalui pemanfaatan bahasa
Indonesia dan/atau bahasa daerah pemahaman.
|
Matematika
|
1.1
Menerima dan
menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.1
Menunjukkan
perilaku teliti dan peduli dengan menata bendabenda di sekitar ruang kelas
berdasarkan dimensi (bangun datar, bangun ruang), beratnya, atau urutan
kelompok terkecil sampai terbesar
|
SBdP
|
1.1
Merasakan
keindahan alam sebagai salah satu tanda-tanda kekuasaan Tuhan.
2.1
Menunjukkan
rasa percaya diri untuk berlatih mengekspresikanm diri dalam mengolah karya
seni
|
PJOK
|
1.1
Menghargai
tubuh dengan
seluruh
perangkat gerak dan kemampuannya sebagai anugerah Tuhan.
2.1
Menunjukkan
perilaku percaya diri dalam melakukan berbagai aktivitas fisik dalam bentuk
permainan.
|
Pemetaan Kompetensi Dasar 3 dan 4
Mata Pelajaran
|
Kompetensi Dasar
|
PPKn
|
3.2
Mengenal
tata tertib dan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah
maupun di sekolah.
4.1
Mengamati
dan menceritakan perilaku di sekitar rumah dan sekolah dan mengaitkannya
dengan pengenalannya terhadap salah satu simbol sila Pancasila.
4.2 Melaksanakan tata tertib di rumah dan di
sekolah.
|
Bahasa Indonesia
|
3.1
Mengenal
teks deskriptif tentang anggota tubuh dan pancaindra, wujud dan sifat benda,
serta peristiwa siang dan malam dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia
lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu
pemahaman
3.3
Mengenal
teks terima kasih tentang sikap kasih sayang dengan bantuan guru atau teman
dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata
bahasa daerah untuk membantu pemahaman
3.4
Mengenal
teks cerita diri/personal tentang keberadaan keluarga dengan bantuan guru
atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan
kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman.
4.1
Mengamati
dan menirukan teks deskriptif tentang anggota tubuh dan pancaindra, wujud
dan sifat benda, serta peristiwa siang dan malam secara mandiri dalam bahasa
Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk
membantu penyajian.
4.3
Menyampaikan
teks terima kasih mengenai sikap kasih sayang secara mandiri dalam bahasa
Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah
untuk membantu penyajian.
4.5
Menyampaikan
teks cerita diri/ personal tentang keluarga secara mandiri dalam bahasa
Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah
untuk membantu penyajian.
|
Matematika
|
3.1
Mengenal
lambang bilangan dan mendeskripsikan kemunculan bilangan dengan bahasa yang
sederhana.
3.2
Mengenal
bilangan asli sampai 99 dengan menggunakan benda-benda yang ada di sekitar
rumah, sekolah, atau tempat bermain.
3.4
Menunjukkan
pemahaman tentang besaran dengan menghitung maju sampai 100 dan mundur dari
20
3.5
Mengenal
bangun datar dan bangun ruang menggunakan benda-benda yang ada di
sekitarrumah, sekolah, atau tempat bermain.
4.1
Mengurai
sebuah bilangan asli sampai dengan 99 sebagai hasil penjumlahan atau
pengurangan dua buah bilangan asli lainnya dengan berbagai kemungkinan jawaban.
4.7
Membentuk
dan menggambar bangun baru dari bangun-bangun datar atau pola bangun datar
yang sudah ada.
4.8 Mengelompokkan
teman sekelas berdasarkan tinggi badannya.
|
SBdP
|
3.1
Mengenal
cara dan hasil gambar ekspresi.
4.1
Menggambar
ekspresi dengan mengolah garis, warna dan bentuk berdasarkan hasil
pengamatan di lingkungan sekitar
4.7
Menyanyikan
lagu anak-anak dan berlatih memahami isi lagu
|
PJOK
|
3.1
Mengetahui
konsep gerak dasar lokomotor sesuai dengan dimensi anggota tubuh yang
digunakan, arah, ruang gerak, hubungan, dan usaha, dalam berbagai bentuk
permainan sederhana dan atau tradisional.
3.3
Mengetahui
konsep gerak dasar manipulatif sesuai dengan dimensi anggota tubuh yang
digunakan, arah, ruang gerak, hubungan, dan usaha, dalam berbagai bentuk
permainan sederhana dan atau permainan tradisional.
4.1
Mempraktikkan
pola gerak dasar lokomotor yang dilandasi konsep gerak (seperti konsep:
tubuh, ruang, hubungan, dan usaha) dalam berbagai bentuk permainan sederhana
dan/atau tradisional.
4.3 Mempraktikkan
pola gerak dasar manipulatif yang dilandasi konsep gerak dalam berbagai
bentuk permainan sederhana dan/atau permainan tradisional.
|
Ruang
Lingkup Pembelajaran
Subtema
1: Aku dan Teman Baru
Pembelajaran
|
Kegiatan pembelajaran
|
Kemampuan yang dikembangkan
|
1
|
1.
Teman baru
2.
Menghias kartu nama
|
Sikap:
·
Percaya diri, disiplin, dan bekerja sama
Pengetahuan:
·
Mengetahui dan memahami
peraturan
Keterampilan:
·
Mengamati dan mencoba melakukan permainan, membuat kartu nama, dan
bernyanyi
·
Menyajikan identitas diri
·
|
2
|
1.
Mengenal bilangan bersama teman
2.
Berhitung sambil mengenal teman baru
|
Sikap:
·
Percaya diri, disiplin, dan bekerja sama
Pengetahuan:
·
Mengetahui, memahami, dan
menerapkan pengetahuan tentang identitas teman
·
Mengetahui, memahami, dan menerapkan pengetahuan tentang bilangan
1-5 untuk mengurutkan bilangan
Keterampilan:
·
Mengamati dan mencoba melakukan perkenalan dan mengurutkan benda
·
|
3
|
1.
Menghitung banyak teman
2.
Mengenal bentuk segi empat dan bercerita kepada teman
|
Sikap:
·
Percaya diri, disiplin, dan bekerja sama
Pengetahuan:
·
Memahami konsep bilangan 1-5
Keterampilan:
·
Mengamati, mencoba, dan menyajikan gambar hasil pengamatan
|
4
|
1.
Bernyanyi bersama teman sambil mengenal huruf
2.
Bergerak bersama teman
|
Sikap:
Percaya diri, disiplin, dan bekerja sama
Pengetahuan:
·
Mengetahui dan memahami bilangan 1-5
Keterampilan:
·
Mengamati dan mencoba melakukan gerakan lokomotor melalui permainan
sederhana
·
Mencoba menggambar bentuk dari bangun datar
|
5
|
1.
Bermain bersama teman baru
2.
Mengurutkan bilangan bersama teman baru
|
Sikap:
·
Percaya diri, disiplin, dan bekerja sama
Pengetahuan
·
Mengetahui bentuk lingkaran
Keterampilan:
·
Menyajikan laporan hasil gambar
|
6
|
1.
Mengenal lingkaran sambil bermain bersama teman
2.
Menggambar dan bercerita
|
Sikap:
·
Percaya diri, disiplin, dan bekerja sama
Pengetahuan
·
Mengetahui huruf dan urutannya
Keterampilan:
·
Mengamati dan mencoba menyusun huruf menjadi namanya, menghitung
|
Pemetaan Indikator Pembelajaran
Pembelajaan 1
Mata Pelajaran
|
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
PPKn
|
3.2 Mengenal tata tertib dan aturan yang
berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah dan di sekolah
4.2.
Melaksanakan tata tertib dan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari
di rumah dan di sekolah
|
·
Mengidentifikasi aturan permainan di sekolah
·
Menjalankan peraturan pada permainan di sekolah
|
Bahasa
Indonesia
|
3.4 Mengenal teks cerita diri/ personal tentang
keluarga secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat
diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian
4.4 Menyampaikan teks cerita diri/ personal
tentang keluarga secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat
diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian
|
·
Mengidentifikasi cara cara memperkenalkan diri
·
Memperkenalkan diri dengan menyebutkan nama lengkap
·
Memperkenalkan diri dengan menyebutkan nama panggilan
·
Menyebutkan nama temannya
|
SBdP
|
3.1 Mengenal cara dan hasil karya seni ekspresi
4.1 Menggambar ekspresi dengan mengolah garis,
warna, dan bentuk berdasarkan hasil pengamatan di lingkungan sekitar
|
·
Mengidentifikasikan cara menghias kartu nama
·
Memberi hiasan pada kartu nama
|
PJOK
|
3.3 Mengetahui konsep gerak dasar manipulatif
sesuai dengan dimensi anggota tubuh yang digunakan, arah, ruang gerak, hubungan,
dan usaha, dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau permainan tradisional.
4.3 Mempraktikkan pola gerak dasar manipulatif
yang dilandasi konsep gerak dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan
atau permainan tradisional
|
·
Mengidentifikasi gerakan melempar bola sebagai gerak manipulatif
·
Melakukan gerakan melempar bola
·
Melakukan gerakan menangkap bola
|
PEMETAAN
INDIKATOR PEMBELAJARAN
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Sekolah :
MI Branjang
Kelas/Semester : 1/1
Tema :
Diriku
Subtema :
Aku dan teman baru
Pertemuan :
1(pembelajaran 1)
Jumlah Pertemuan : 6 x 35
menit
A.
Kompetensi Inti
1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang
dianutnya
2. Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung
jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga,
teman, dan guru.
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara
mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu
tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah dan di sekolah
4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang
jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak
sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak
mulia
B.
Kompetensi Dasar
PPKn
3.2 Mengenal tata tertib dan aturan yang berlaku
dalam kehidupan sehari-hari di rumah dan di sekolah
4.2 Melaksanakan tata tertib dan aturan yang
berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah dan di sekolah
Bahasa
Indonesia
3.4 Mengenal teks cerita diri/ personal tentang
keluarga secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi
dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian.
4.4 Menyampaikan teks cerita diri/ personal
tentang keluarga secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang
dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian
PJOK
3.3 Mengetahui konsep gerak dasar manipulatif
sesuai dengan dimensi anggota tubuh yang digunakan, arah, ruang gerak, hubungan,
dan usaha, dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau permainan tradisional.
4.3 Mempraktikkan pola gerak dasar manipulatif
yang dilandasi konsep gerak dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau
permainan tradisional
SBDP
3.1 Mengenal cara dan hasil karya seni ekspresi
4.1 Menggambar ekspresi dengan mengolah garis,
warna, dan bentuk berdasarkan hasil pengamatan di lingkungan sekitar
C.
Indikator
PPKN
·
Mengidentifikasi aturan permainan di sekolah
·
Menjalankan peraturan pada permainan di sekolah
Bahasa
Indonesia
·
Mengidentifikasi cara cara memperkenalkan diri
·
Memperkenalkan diri dengan menyebutkan nama lengkap
·
Memperkenalkan diri dengan menyebutkan nama panggilan
·
Menyebutkan nama temannya
PJOK
·
Mengidentifikasi gerakan melempar
·
bola sebagai gerak manipulatif
·
Melakukan gerakan melempar bola
·
Melakukan gerakan menangkap bola
SBDP
·
Mengidentifikasikan cara menghias kartu nama
·
Memberi hiasan pada kartu nama
D.
Tujuan Pembelajaran
1. Siswa dapat memperkenalkan diri dengan
menyebutkan nama panggilan secara benar.
2. Siswa dapat menyebutkan nama lengkap dengan
benar.
3. Siswa dapat memahami isi dari sebuah kartu
nama.
4. Siswa dapat menghias kartu nama dengan rapi.
E.
Materi Ajar
1.
Teman Baru
2.
Menghias kartu
nama
F.
Alokasi Waktu
6 x 35 menit
G.
Pendekatan/Metode/Strategi
Pendekatan : Scientifik
Metode / Strategi :
Diskusi, tanya jawab, dan
praktek
H.
Nilai karakter yang dikembangkan
Percaya diri, disiplin, dan bekerja sama
I.
Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
·
Guru memberikan salam dan mengajak berdoa
·
Mengecek kehadiran siswa
·
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan saat ini
|
|
Inti
|
·
Pada awal pelajaran, guru memperkenalkan diri kepada siswa.Hal ini
bertujuan untuk memotivasi siswa agar memiliki rasa percaya diri.
·
Siswa diajak untuk saling berkenalan melalui sebuah permainan lempar
bola dan menjelaskan aturan bermainnya yaitu siswa diminta melingkar (boleh
duduk atau berdiri). Hal ini bertujuan untuk melatih kepercayaan diri dan
kedidiplinan siswa.
·
Setelah semua memperkenalkan diri, guru mengajak siswa untuk
bernyanyi sambil mengingat kembali nama-nama teman di kelas. Guru bisa
menggunakan lagu yang ada di buku siswa.
·
Siswa berada pada posisi lingkaran. Guru menyanyi sambil menepuk
salah satu siswa, lalu siswa itu menyebutkan namanya. Lalu siswa tersebut
sambil menyanyi “Siapakah Namamu” menepuk teman di sebelahnya dan teman
tersebut menyebutkan namanya sambil mengikuti irama lagunya dan seterusnya.
·
Siswa diajak untuk bekerjasama dengan teman dengan cara
berdiskusi tentang pentingnya saling
mengenal, dimulai dari mengenal nama.
·
Guru menjelaskan bahwa untuk dapat mengenal nama teman, kita bisa
juga menggunakan kartu nama.
·
Guru menyampaikan bahwa siswa akan membuat kartu nama mereka masing-masing.
·
Guru membagikan potongan-potongan karton dengan nama masing-masing
siswa.
·
Guru menunjukkan kartu namanya sendiri yang sudah dibuat sebelumnya sebagai
contoh.
·
Siswa diminta untuk menghias dan atau mewarnai kartu nama mereka
masingmasing.
·
Siswa diminta menggunakan kartu namanya selama berada di sekolah
atau menempelkan semua kartu nama di kelas.
|
|
Penutup
|
·
Peserta didik dengan bimbingan guru menyimpulkan hasil pembelajaran
pada pertemuan itu.
·
Guru memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk menyampaikan
pendapat yang berhubungan dengan pembelajaran yang diikuti
·
Salam dan doa penutup
|
J.
Alat dan Sumber Bahan
1.
Buku Tema
1 “Diriku”
2.
Media gambar,pensil warna/krayon
3.
Lembar Kegiatan Siswa
4.
Lembar Evaluasi
K.
Penilaian
1.
Bentuk penilaian
· Tes tertulis
· Penilaina praktek
· Penilai sikap (observasi)
2.
Rubrik penilaian
· Pengamatan Sikap
No
|
Nama Siswa
|
||||||||||||
Percaya diri
|
Disiplin
|
Bekerjasama
|
|||||||||||
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
||
· Penilaian Pengetahuan
Instrumen penilaian: tes tertulis (lembar kerja)
· Penilaian Keterampilan
a.
Penilaian: Unjuk Kerja
Memperkenalkan diri lewat permainan
No
|
Kriteria
|
Baik sekali
4
|
Baik
3
|
Cukup
2
|
Perlu Bimbingan
1
|
1
|
Kemampuan
memperkenalkan diri
|
Siswa mampu
menyebutkan nama
panjang dan nama
panggilan
|
Siswa mampu
menyebutkan nama
panjang
|
Siswa hanya
mampu
menyebutkan nama
panggilan
|
Siswa belum
mampu
memperkenalkan
diri
|
2
|
Kemampuan
menjalankan
peraturan pada
permainan
|
Siswa mampu
melakukan
permainan sesuai
dengan instruksi
tanpa pengarahan
ulang
|
Siswa mampu
melakukan
permainan sesuai
aturan tetapi
dengan
1 kali arahan ulang
|
Siswa mampu
melakukan
permainan sesuai
aturan, tetapi
dengan lebih
dari 1
kali arahan ulang
|
Siswa belum
mampu melakukan
permainan sesuai
dengan aturan
|
3
|
Kemampuan
melakukan
gerakan melempar
dan
menangkap
|
Siswa mampu
melempar dan
menangkap bola
dengan akurat
(tidak
pernah meleset)
|
Siswa melempar
dan menangkap
bola, tetapi 1-2
kali
meleset
|
Siswa melempar
dan
menangkap bola,
tetapi lebih
dari 3
kali meleset
|
Siswa belum
mampu melempar
dan menangkap
bola
|
b.
Penilaian : Unjuk Kerja
Membuat kartu nama
No
|
Kriteria
|
Baik sekali
4
|
Baik
3
|
Cukup
2
|
Perlu Bimbingan
1
|
1
|
Komponen
kartu nama
|
Memenuhi 3
komponen (gambar
atau foto diri,
hiasan,
dan bentuk yang
unik)
|
Memenuhi 2 dari
3
komponen
|
Hanya memenuhi 1
dari 3 komponen
|
Tidak memenuhi 3
komponen
|
2
|
Jumlah
warna yang
digunakan
|
Menggunakan 4
warna atau lebih
|
Menggunakan 3
warna
|
Menggunakan 2
warna
|
Menggunakan 1
warna
|
· Pemilaian sikap (observasi)
Sikap yang dianamati adalah percaya diri, disiplin, dan
kerjasama
Branjang, Juli
2014
Mengetahui,
Kepala Sekolah Guru
Muh Solikhan, SHI Istianah
LAMPIRAN 1
Kolom penilaian
siswa
Kelas :1 (satu)
Tema :
Subtema :
Materi :
Hari/tanggal :
No
|
Nama Siswa
|
Perolehan
skor siswa
|
Keterangan
|
||
Rubrik :……
|
Rubrik:……
|
Rubrik :………
|
|||
Nb: Yang
dimasukkan kedalam form ini adalah pernik yang menguji pengetahuan siswa
Branjang, ........................ 2014
Guru
Istianah
LAMPIRAN 2
Kolom penilaian
siswa
Kelas :1 (satu)
Tema :
Subtema :
Materi :
Hari/tanggal :
No
|
Nama Siswa
|
Perolehan
skor
|
Keterangan
|
||
Kriteria 1
|
Kriteria 2
|
Kriteria 3
|
|||
Nb: Kolom ini hanya
untuk mengukur tindakan/keterampilan (psikomotorik) siswa sesuai materi
Rumus perhitungan
sebagai berikut:
Branjang, ........................ 2014
Guru
Istianah
Tidak ada komentar:
Posting Komentar