Selasa, 11 November 2014

Perangkat Pembelajaran





SILABUS
Kelas I (Tema 1 : Diriku)
Kompetensi Inti
KI 1 :    Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
KI 2 :    Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru
KI 3  :   Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah
KI 4  :   Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

Subtema 1: Aku dan Teman Baru 
Mata Pelajaran
Kompetensi Dasar
Indikator
Kegiatan Pembelajaran
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
PPKn
1.1  Menerima keberagaman karakteristik individu dalam kehidupan beragama sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa di lingkungan rumah dan sekolah.
2.1  Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru sebagai perwujudan nilai dan moral Pancasila.
3.2   Mengenal tata tertib dan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah maupun di sekolah.
4.1   Mengamati dan menceritakan perilaku di sekitar rumah dan sekolah dan mengaitkannya dengan pengenalannya terhadap salah satu simbol sila Pancasila.
4.2  Melaksanakan tata tertib di rumah dan di sekolah

·       Menjalankan peraturan pada permainan di sekolah
·       Menjalankan peraturan pada permainan di sekolah

Kegiatan pembelajaran sub tema 1 ini akan ditempuh dalam 1 minggu.

·       Siswa diajak untuk meningkatkan ketaqwaan kepada tuhan dengan cara berdoa sebelum dan sesudah pelajaran.
·       Siswa diajarkan untuk memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru
·       Siswa  berlatih untuk menyebutkan namanya sendiri dan berkenalan dengan teman Baru
·       Siswa berlatih untuk memahami, membuat, dan menghias kartu nama kartu nama.
·       Siswa belajar mengenal bilangan bersama teman
·       Siswa belajar berhitung sambil mengenal teman baru.
·       Siswa belajar mengenai bilangan asli dan menghitung banyak benda.
·       Siswa mengenal contoh bentuk- bentuk bangun datar.
·       Siswa belajar bernyanyi bersama teman sambil mengenal huruf.
·       Siswa mengamati dan mencoba melakukan gerakan lokomotor melalui permainan sederhana
·       Siswa melakukan beberapa gerak lokomotor dengan teman baru.
·       Siswa belajar mengurutkan bilangan
·       Siswa belajar mengenal Lingkaran sambil bermain bersama teman untuk menggambar dan Bercerita.

·       Tes lisan
·       Tes tertulis
·       Unjuk kerja
·       Tes praktik
·       Obser-
vasi 
6 x 35 menit
·    Diri anak
·    Lingkungan
·    Media gambar
·    Benda di sekitar siswa
·    Model bangun datar dan bangun ruang
·    Buku referensi yang relevan

Bahasa Indonesia

1.1   Menerima anugerah Tuhan Yang Maha Esa berupa bahasa Indonesia yang dikenal sebagai bahasa persatuan dan sarana belajar di tengah keberagaman bahasa daerah.
1.2   Menerima keberadaan Tuhan Yang Maha Esa atas penciptaan manusia dan bahasa yang beragam serta benda-benda di alam sekitar.

2.1   Memiliki kepedulian dan rasa ingin tahu terhadap keberadaan wujud dan sifat benda melalui pemanfaatan bahasa Indonesia dan/atau bahasa daerah.
2.2   Memiliki rasa percaya diri terhadap keberadaan tubuh melalui pemanfaatan bahasa Indonesia dan/atau bahasa daerah pemahaman.
3.1   Mengenal teks deskriptif tentang anggota tubuh dan pancaindra, wujud dan sifat benda, serta peristiwa siang dan malam dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman
3.3   Mengenal teks terima kasih tentang sikap kasih sayang dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman
3.4   Mengenal teks cerita diri/personal tentang keberadaan keluarga dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman.
4.1   Mengamati dan menirukan teks deskriptif tentang anggota tubuh dan pancaindra, wujud dan sifat benda, serta peristiwa siang dan malam secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian.
4.3   Menyampaikan teks terima kasih mengenai sikap kasih sayang secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian.
4.4   Menyampaikan teks cerita diri/ personal tentang keluarga secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian.

·         Menyebutkan urutan huruf melalui nyayian “a-b-c”
·         Mengurutkan huruf a-b-c-d-e-f dengan urutan tang benar
·         Menulis di udara, pasir, dan punggung
·         Mengenal huruf vocal a-i-u-e-o
·         Menebalkan garis sesuai petunjuk
·         Mengidentifikasi nama teman
·         Menceritakan hasil gambar yang dibuatnya disepan kelas
·         Menebalkan angka 1-5 sesuai dengan benda
·         Memperkenalkan diri dengan
menyebutkan nama lengkap
·         Memperkenalkan diri dengan
·         menyebutkan nama panggilan
·         Menyebutkan nama temannya
·         Menyebutkan identitas teman
·         Menceritakan gambar yang telah dibuat
·         Menyampaikan hasil pengamatan sesuai bentuk benda

Matematika


1.1   Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.2   Menunjukkan perilaku teliti dan peduli dengan menata bendabenda di sekitar ruang kelas berdasarkan dimensi (bangun datar, bangun ruang), beratnya, atau urutan kelompok terkecil sampai terbesar
3.1   Mengenal lambang bilangan dan mendeskripsikan kemunculan bilangan dengan bahasa yang sederhana.
3.2   Mengenal bilangan asli sampai 99 dengan menggunakan benda-benda yang ada di sekitar rumah, sekolah, atau tempat bermain.
3.4   Menunjukkan pemahaman tentang besaran dengan menghitung maju sampai 100 dan mundur dari 20
3.5   Mengenal bangun datar dan bangun ruang menggunakan benda-benda yang ada di sekitarrumah, sekolah, atau tempat bermain.
4.1   Mengurai sebuah bilangan asli sampai dengan 99 sebagai hasil penjumlahan atau pengurangan dua buah bilangan asli lainnya dengan berbagai kemungkinan jawaban.
4.7   Membentuk dan menggambar bangun baru dari bangun-bangun datar atau pola bangun datar yang sudah ada.
4.8   Mengelompokkan teman sekelas berdasarkan tinggi badannya.
·         Menghitung banyak benda 1-5
·         Menunjukkan benda sesuai dengan bilangan yang ditentukan
·         Menentukan jumlah huruf vocal dalam kalimat
·         Mengidentifikasi banyak benda
·         Menentukan benda yang lebih banyak
·         Menentukan benda yang lebih sedikit
·         Menunjukkan benda-benda di sekitar yang berbentuk dsar segi empat
·         Menunjukkan benda-benda disekitar yang berbentuk dasar lingkaran.
·         Mengidentifikasi bangun segi empat
·         Menggambar dari bentuk segi empat
·         Menggambar berdsarkan bentuk lingkaran dan segi empat

SBdP

1.1   Merasakan keindahan alam sebagai salah satu tanda-tanda kekuasaan Tuhan.
2.1   Menunjukkan rasa percaya diri untuk berlatih mengekspresikanm diri dalam mengolah karya seni
3.1   Mengenal cara dan hasil gambar ekspresi.
4.1   Menggambar ekspresi dengan mengolah garis, warna dan bentuk berdasarkan hasil pengamatan di lingkungan sekitar
4.7   Menyanyikan lagu anak-anak dan berlatih memahami isi lagu

·     Memberi hiasan pada kartu nama
·     Menyanyikan lagu “a-b-c” dengan irama yang benar.


PJOK

1.1   Menghargai tubuh dengan
seluruh perangkat gerak dan kemampuannya sebagai anugerah Tuhan.
2.1   Menunjukkan perilaku percaya diri dalam melakukan berbagai aktivitas fisik dalam bentuk permainan.
3.1   Mengetahui konsep gerak dasar lokomotor sesuai dengan dimensi anggota tubuh yang digunakan, arah, ruang gerak, hubungan, dan usaha, dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional.
3.3   Mengetahui konsep gerak dasar manipulatif sesuai dengan dimensi anggota tubuh yang digunakan, arah, ruang gerak, hubungan, dan usaha, dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau permainan tradisional.
4.1   Mempraktikkan pola gerak dasar lokomotor yang dilandasi konsep gerak (seperti konsep: tubuh, ruang, hubungan, dan usaha) dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan/atau tradisional
4.3   Mempraktikkan pola gerak dasar manipulatif yang dilandasi konsep gerak dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan/atau permainan tradisional
·         Melakukan gerak lokomotor sesuai dengan arahan guru
·         Melakukan gerak lokomotor menggunakan kaki dalam berjalan lurus
·         Melakukan gerak lokomotor menggunakan kaki dalam berjalan zig-zag
·         Melakukan gerak lokomotor menggunakan kaki dalam berjalan lengkung.
·         Melakukan gerak lokomotor lari berpasangan
·         Melakukan gerak melempar
·         Melakukan gerak menangkap

                                                                                                                                                                  Branjang,   Juli  2014
Mengetahui,
Kepala Sekolah                                                                                                   Guru Kelas / Guru Mata Pelajaran




Muh Solikhan, SHI                                                                                              Istianah
NIP. -                                                                                                                      NIP. -




SUBTEMA 1: Aku dan Teman  Baruku
Pemetaan Kompetensi Dasar 1 dan 2

Mata Pelajaran
Kompetensi Dasar
PPKn
1.1  Menerima keberagaman karakteristik individu dalam kehidupan beragama sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa di lingkungan rumah dan sekolah
2.1   Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru sebagai perwujudan nilai dan moral Pancasila
Bahasa Indonesia
1.1   Menerima anugerah Tuhan Yang Maha Esa berupa bahasa Indonesia yang dikenal sebagai bahasa persatuan dan sarana belajar di tengah keberagaman bahasa daerah.
1.2   Menerima keberadaan Tuhan Yang Maha Esa atas penciptaan manusia dan bahasa yang beragam serta benda-benda di alam sekitar.
2.1   Memiliki kepedulian dan rasa ingin tahu terhadap keberadaan wujud dan sifat benda melalui pemanfaatan bahasa Indonesia dan/atau bahasa daerah.
2.2   Memiliki rasa percaya diri terhadap keberadaan tubuh melalui pemanfaatan bahasa Indonesia dan/atau bahasa daerah pemahaman.
Matematika
1.1   Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.1   Menunjukkan perilaku teliti dan peduli dengan menata bendabenda di sekitar ruang kelas berdasarkan dimensi (bangun datar, bangun ruang), beratnya, atau urutan kelompok terkecil sampai terbesar
SBdP

1.1   Merasakan keindahan alam sebagai salah satu tanda-tanda kekuasaan Tuhan.
2.1   Menunjukkan rasa percaya diri untuk berlatih mengekspresikanm diri dalam mengolah karya seni

PJOK
1.1   Menghargai tubuh dengan
seluruh perangkat gerak dan kemampuannya sebagai anugerah Tuhan.
2.1   Menunjukkan perilaku percaya diri dalam melakukan berbagai aktivitas fisik dalam bentuk permainan.





Pemetaan Kompetensi Dasar 3 dan 4

Mata Pelajaran
Kompetensi Dasar
PPKn
3.2   Mengenal tata tertib dan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah maupun di sekolah.
4.1   Mengamati dan menceritakan perilaku di sekitar rumah dan sekolah dan mengaitkannya dengan pengenalannya terhadap salah satu simbol sila Pancasila.
4.2  Melaksanakan tata tertib di rumah dan di sekolah.
Bahasa Indonesia
3.1   Mengenal teks deskriptif tentang anggota tubuh dan pancaindra, wujud dan sifat benda, serta peristiwa siang dan malam dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman
3.3   Mengenal teks terima kasih tentang sikap kasih sayang dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman
3.4   Mengenal teks cerita diri/personal tentang keberadaan keluarga dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman.
4.1   Mengamati dan menirukan teks deskriptif tentang anggota tubuh dan pancaindra, wujud dan sifat benda, serta peristiwa siang dan malam secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian.
4.3   Menyampaikan teks terima kasih mengenai sikap kasih sayang secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian.
4.5   Menyampaikan teks cerita diri/ personal tentang keluarga secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian.
Matematika
3.1   Mengenal lambang bilangan dan mendeskripsikan kemunculan bilangan dengan bahasa yang sederhana.
3.2   Mengenal bilangan asli sampai 99 dengan menggunakan benda-benda yang ada di sekitar rumah, sekolah, atau tempat bermain.
3.4   Menunjukkan pemahaman tentang besaran dengan menghitung maju sampai 100 dan mundur dari 20
3.5   Mengenal bangun datar dan bangun ruang menggunakan benda-benda yang ada di sekitarrumah, sekolah, atau tempat bermain.
4.1   Mengurai sebuah bilangan asli sampai dengan 99 sebagai hasil penjumlahan atau pengurangan dua buah bilangan asli lainnya dengan berbagai kemungkinan jawaban.
4.7   Membentuk dan menggambar bangun baru dari bangun-bangun datar atau pola bangun datar yang sudah ada.
4.8   Mengelompokkan teman sekelas berdasarkan tinggi badannya.
SBdP

3.1   Mengenal cara dan hasil gambar ekspresi.
4.1   Menggambar ekspresi dengan mengolah garis, warna dan bentuk berdasarkan hasil pengamatan di lingkungan sekitar
4.7   Menyanyikan lagu anak-anak dan berlatih memahami isi lagu
PJOK
3.1   Mengetahui konsep gerak dasar lokomotor sesuai dengan dimensi anggota tubuh yang digunakan, arah, ruang gerak, hubungan, dan usaha, dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional.
3.3   Mengetahui konsep gerak dasar manipulatif sesuai dengan dimensi anggota tubuh yang digunakan, arah, ruang gerak, hubungan, dan usaha, dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau permainan tradisional.
4.1   Mempraktikkan pola gerak dasar lokomotor yang dilandasi konsep gerak (seperti konsep: tubuh, ruang, hubungan, dan usaha) dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan/atau tradisional.
4.3   Mempraktikkan pola gerak dasar manipulatif yang dilandasi konsep gerak dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan/atau permainan tradisional.



Ruang Lingkup Pembelajaran
Subtema 1: Aku dan Teman Baru

Pembelajaran
Kegiatan pembelajaran
Kemampuan yang dikembangkan
1
1.     Teman baru
2.     Menghias kartu nama
Sikap:
·         Percaya diri, disiplin, dan bekerja sama
Pengetahuan:
·          Mengetahui dan memahami peraturan
Keterampilan:
·         Mengamati dan mencoba melakukan permainan, membuat kartu nama, dan bernyanyi
·         Menyajikan identitas diri
·          
2
1.     Mengenal bilangan bersama teman
2.     Berhitung sambil mengenal teman baru
Sikap:
·         Percaya diri, disiplin, dan bekerja sama
Pengetahuan:
·          Mengetahui, memahami, dan menerapkan pengetahuan tentang identitas teman
·         Mengetahui, memahami, dan menerapkan pengetahuan tentang bilangan 1-5 untuk mengurutkan bilangan
Keterampilan:
·         Mengamati dan mencoba melakukan perkenalan dan mengurutkan benda
·          
3
1.     Menghitung banyak teman
2.     Mengenal bentuk segi empat dan bercerita kepada teman
Sikap:
·         Percaya diri, disiplin, dan bekerja sama
Pengetahuan:
·         Memahami konsep bilangan 1-5
Keterampilan:
·         Mengamati, mencoba, dan menyajikan gambar hasil pengamatan
4
1.     Bernyanyi bersama teman sambil mengenal huruf
2.     Bergerak bersama teman
Sikap:
Percaya diri, disiplin, dan bekerja sama
Pengetahuan:
·         Mengetahui dan memahami bilangan 1-5
Keterampilan:
·         Mengamati dan mencoba melakukan gerakan lokomotor melalui permainan sederhana
·         Mencoba menggambar bentuk dari bangun datar
5
1.     Bermain bersama teman baru
2.     Mengurutkan bilangan bersama teman baru
Sikap:
·         Percaya diri, disiplin, dan bekerja sama
Pengetahuan
·         Mengetahui bentuk lingkaran
Keterampilan:
·         Menyajikan laporan hasil gambar

6
1.     Mengenal lingkaran sambil bermain bersama teman
2.     Menggambar dan bercerita
Sikap:
·         Percaya diri, disiplin, dan bekerja sama
Pengetahuan
·         Mengetahui huruf dan urutannya
Keterampilan:
·         Mengamati dan mencoba menyusun huruf menjadi namanya, menghitung





Pemetaan Indikator Pembelajaran
Pembelajaan 1

Mata Pelajaran
Kompetensi Dasar

Indikator
PPKn
3.2   Mengenal tata tertib dan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah dan di sekolah
4.2. Melaksanakan tata tertib dan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah dan di sekolah

·         Mengidentifikasi aturan permainan di sekolah
·         Menjalankan peraturan pada permainan di sekolah
Bahasa Indonesia
3.4   Mengenal teks cerita diri/ personal tentang keluarga secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian
4.4   Menyampaikan teks cerita diri/ personal tentang keluarga secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian
·         Mengidentifikasi cara cara memperkenalkan diri
·         Memperkenalkan diri dengan menyebutkan nama lengkap
·         Memperkenalkan diri dengan menyebutkan nama panggilan
·         Menyebutkan nama temannya
SBdP

3.1   Mengenal cara dan hasil karya seni ekspresi
4.1   Menggambar ekspresi dengan mengolah garis, warna, dan bentuk berdasarkan hasil pengamatan di lingkungan sekitar

·         Mengidentifikasikan cara menghias kartu nama
·         Memberi hiasan pada kartu nama
PJOK
3.3   Mengetahui konsep gerak dasar manipulatif sesuai dengan dimensi anggota tubuh yang digunakan, arah, ruang gerak, hubungan, dan usaha, dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau permainan tradisional.
4.3   Mempraktikkan pola gerak dasar manipulatif yang dilandasi konsep gerak dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau permainan tradisional
·         Mengidentifikasi gerakan melempar bola sebagai gerak manipulatif
·         Melakukan gerakan melempar bola
·         Melakukan gerakan menangkap bola


PEMETAAN INDIKATOR PEMBELAJARAN
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Sekolah                                 : MI Branjang
Kelas/Semester                   : 1/1
Tema                                     : Diriku
Subtema                               : Aku dan teman baru
Pertemuan                            : 1(pembelajaran 1)
Jumlah Pertemuan             : 6 x 35 menit


A.     Kompetensi Inti
1.       Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
2.       Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru.
3.       Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah
4.       Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia
B.    Kompetensi Dasar
PPKn

3.2   Mengenal tata tertib dan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah dan di sekolah
4.2    Melaksanakan tata tertib dan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah dan di sekolah

Bahasa Indonesia
3.4   Mengenal teks cerita diri/ personal tentang keluarga secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian.
4.4   Menyampaikan teks cerita diri/ personal tentang keluarga secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian
PJOK

3.3   Mengetahui konsep gerak dasar manipulatif sesuai dengan dimensi anggota tubuh yang digunakan, arah, ruang gerak, hubungan, dan usaha, dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau permainan tradisional.
4.3   Mempraktikkan pola gerak dasar manipulatif yang dilandasi konsep gerak dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau permainan tradisional

SBDP
3.1   Mengenal cara dan hasil karya seni ekspresi
4.1   Menggambar ekspresi dengan mengolah garis, warna, dan bentuk berdasarkan hasil pengamatan di lingkungan sekitar

C.    Indikator
PPKN
·         Mengidentifikasi aturan permainan di sekolah
·         Menjalankan peraturan pada permainan di sekolah

Bahasa Indonesia
·         Mengidentifikasi cara cara memperkenalkan diri
·         Memperkenalkan diri dengan menyebutkan nama lengkap
·         Memperkenalkan diri dengan menyebutkan nama panggilan
·         Menyebutkan nama temannya

PJOK
·         Mengidentifikasi gerakan melempar
·         bola sebagai gerak manipulatif
·         Melakukan gerakan melempar bola
·         Melakukan gerakan menangkap bola

SBDP
·         Mengidentifikasikan cara menghias kartu nama
·         Memberi hiasan pada kartu nama

D.    Tujuan Pembelajaran
1.     Siswa dapat memperkenalkan diri dengan menyebutkan nama panggilan secara benar.
2.     Siswa dapat menyebutkan nama lengkap dengan benar.
3.     Siswa dapat memahami isi dari sebuah kartu nama.
4.     Siswa dapat menghias kartu nama dengan rapi.

E.     Materi Ajar
1.     Teman Baru
2.     Menghias kartu nama
F.     Alokasi Waktu
6 x 35 menit

G.    Pendekatan/Metode/Strategi
Pendekatan                                 : Scientifik
Metode / Strategi                         : Diskusi, tanya jawab, dan praktek
H.    Nilai karakter yang dikembangkan
Percaya diri, disiplin, dan bekerja sama

I.      Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
Pendahuluan
·         Guru memberikan salam dan mengajak berdoa
·         Mengecek kehadiran siswa
·         Guru menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan saat ini

Inti
·         Pada awal pelajaran, guru memperkenalkan diri kepada siswa.Hal ini bertujuan untuk memotivasi siswa agar memiliki rasa percaya diri.
·         Siswa diajak untuk saling berkenalan melalui sebuah permainan lempar bola dan menjelaskan aturan bermainnya yaitu siswa diminta melingkar (boleh duduk atau berdiri). Hal ini bertujuan untuk melatih kepercayaan diri dan kedidiplinan siswa.
·         Setelah semua memperkenalkan diri, guru mengajak siswa untuk bernyanyi sambil mengingat kembali nama-nama teman di kelas. Guru bisa menggunakan lagu yang ada di buku siswa.
·         Siswa berada pada posisi lingkaran. Guru menyanyi sambil menepuk salah satu siswa, lalu siswa itu menyebutkan namanya. Lalu siswa tersebut sambil menyanyi “Siapakah Namamu” menepuk teman di sebelahnya dan teman tersebut menyebutkan namanya sambil mengikuti irama lagunya dan seterusnya.
·         Siswa diajak untuk bekerjasama dengan teman dengan cara berdiskusi  tentang pentingnya saling mengenal, dimulai dari mengenal nama.
·         Guru menjelaskan bahwa untuk dapat mengenal nama teman, kita bisa juga menggunakan kartu nama.
·         Guru menyampaikan bahwa siswa akan membuat kartu nama mereka masing-masing.
·         Guru membagikan potongan-potongan karton dengan nama masing-masing siswa.
·         Guru menunjukkan kartu namanya sendiri yang sudah dibuat sebelumnya sebagai contoh.
·         Siswa diminta untuk menghias dan atau mewarnai kartu nama mereka masingmasing.
·         Siswa diminta menggunakan kartu namanya selama berada di sekolah atau menempelkan semua kartu nama di kelas.

Penutup
·         Peserta didik dengan bimbingan guru menyimpulkan hasil pembelajaran pada pertemuan itu.
·         Guru memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk menyampaikan pendapat yang berhubungan dengan pembelajaran yang diikuti
·         Salam dan doa penutup


J.     Alat dan Sumber Bahan
1.     Buku Tema 1 Diriku
2.     Media gambar,pensil warna/krayon
3.     Lembar Kegiatan Siswa
4.     Lembar Evaluasi

K.    Penilaian
1.     Bentuk penilaian
·  Tes tertulis
·  Penilaina praktek
·  Penilai sikap (observasi)
2.      Rubrik penilaian
·  Pengamatan Sikap
No
Nama Siswa

Percaya diri
Disiplin
Bekerjasama
BT
MT
MB
SM
BT
MT
MB
SM
BT
MT
MB
SM

























































·  Penilaian Pengetahuan
Instrumen penilaian: tes tertulis (lembar kerja)
·  Penilaian Keterampilan
a.     Penilaian: Unjuk Kerja
Memperkenalkan diri lewat permainan
No
Kriteria
Baik sekali
4
Baik
3
Cukup
2
Perlu Bimbingan
1
1
Kemampuan
memperkenalkan diri
Siswa mampu
menyebutkan nama
panjang dan nama
panggilan
Siswa mampu
menyebutkan nama
panjang
Siswa hanya
mampu
menyebutkan nama
panggilan
Siswa belum
mampu
memperkenalkan
diri
2
Kemampuan menjalankan
peraturan pada
permainan
Siswa mampu
melakukan
permainan sesuai
dengan instruksi
tanpa pengarahan
ulang
Siswa mampu
melakukan
permainan sesuai
aturan tetapi dengan
1 kali arahan ulang




Siswa mampu
melakukan
permainan sesuai
aturan, tetapi
dengan lebih dari 1
kali arahan ulang
Siswa belum
mampu melakukan
permainan sesuai
dengan aturan
3
Kemampuan melakukan
gerakan melempar dan
menangkap
Siswa mampu
melempar dan
menangkap bola
dengan akurat (tidak
pernah meleset)
Siswa melempar
dan menangkap
bola, tetapi 1-2 kali
meleset
Siswa melempar dan
menangkap bola,
tetapi lebih dari 3
kali meleset
Siswa belum
mampu melempar
dan menangkap
bola

b.     Penilaian : Unjuk Kerja
Membuat kartu nama
No
Kriteria
Baik sekali
4
Baik
3
Cukup
2
Perlu Bimbingan
1
1
Komponen
kartu nama
Memenuhi 3
komponen (gambar
atau foto diri, hiasan,
dan bentuk yang unik)
Memenuhi 2 dari 3
komponen
Hanya memenuhi 1
dari 3 komponen
Tidak memenuhi 3
komponen
2
Jumlah
warna yang
digunakan
Menggunakan 4
warna atau lebih
Menggunakan 3
warna
Menggunakan 2
warna
Menggunakan 1 warna

·  Pemilaian sikap (observasi)
Sikap yang dianamati adalah percaya diri, disiplin, dan kerjasama

Branjang,  Juli 2014
                                 Mengetahui,
                                 Kepala Sekolah                                                                                  Guru




                                 Muh Solikhan, SHI                                                                             Istianah                                                                                                                                                                                                               












































LAMPIRAN 1
Kolom penilaian siswa
Kelas                      :1 (satu)
Tema                     :
Subtema               :
Materi                     :
Hari/tanggal          :

No
Nama Siswa
Perolehan skor siswa
Keterangan
Rubrik :……
Rubrik:……
Rubrik :………


































































































































































 Nb: Yang dimasukkan kedalam form ini adalah pernik yang menguji pengetahuan siswa

                                                                                                                                Branjang,   ........................   2014
                                                                                                                                Guru
               



                                                                                                                                Istianah





LAMPIRAN 2

Kolom penilaian siswa
Kelas                      :1 (satu)
Tema                     :
Subtema               :
Materi                     :
Hari/tanggal          :
No
Nama Siswa
Perolehan skor
Keterangan
Kriteria 1
Kriteria 2
Kriteria 3






















































































































































Nb: Kolom ini hanya untuk mengukur tindakan/keterampilan (psikomotorik) siswa sesuai materi
Rumus perhitungan sebagai berikut:             




                                                                                                                                
                                                                                                                                Branjang,   ........................   2014
                                                                                                                                Guru
               

                                                                                                                               Istianah



Tidak ada komentar:

Posting Komentar