Kompetensi
Inti
KI 1 : Menerima dan menjalankan ajaran agama yang
dianutnya
KI 2 : Memiliki
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri
dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru dan tetangganya.
KI 3 :
Memahami
pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan
menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan
kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah dan
tempat bermain.
KI 4 : Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang
jelas, sistematis dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan
yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku
anak beriman dan berakhlak mulia.
Sub Tema 1: Keberagaman Budaya
Bangsaku
Mata Pelajaran
|
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
PPKn
|
1.1 Menghargai kebhinneka-tunggalikaan dan kebe-ragaman
agama, suku bangsa, pakaian tradisional, bahasa, rumah adat, makanan khas, upacara
adat, sosial, dan ekonomi di lingkungan rumah, sekolah dan masyarakat sekitar.
1.2 Menghargai
kebersamaan dalam keberagaman sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa di
lingkungan rumah, sekolah dan masyarakat sekitar.
2.1 Menunjukkan
perilaku, di-siplin, tanggung jawab, percaya diri, berani mengakui kesalahan,
me-minta maaf dan memberi maaf sebagaimana dicon-tohkan tokoh penting yang berperan
dalam perjuangan menentang penjajah hingga kemerde-kaan Republik Indonesia sebagai
per-wujudan nilai dan moral Pancasila.
2.4 Menunjukkan
perilaku bersatu sebagai wujud keyakinan bahwa tempat tinggal dan
lingkungannya sebagai bagian dari wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia
(NKRI).
3.1 Memahami
makna dan keterkaiatan simbol-simbol sila Pancasila dalam memahami Pancasila
secara utuh.
3.3 Memahami
manfaat kebe-ragaman karakteristik indi-vidu di rumah, sekolah dan masyarakat.
3.4 Memahami
arti bersatu dalam keberagaman di rumah, sekolah dan masyarakat.
4.1 Mengamati
dan mence-ritakan perilaku di sekitar rumah dan sekolah dari sudut pandang
kelima simbol Pancasila sebagai satu kesatuan yang utuh.
4.3 Bekerja sama
dengan teman dalam kebera-gaman di lingkungan rumah, sekolah, dan masyarakat.
4.4 Mengelompokkan
kesamaan identitas suku bangsa (pakaian tradisional, bahasa, rumah adat,
makanan khas, dan upacara adat), sosial ekonomi (jenis pekerjaan orang tua) di
lingkungan rumah, sekolah dan masyarakat sekitar.
|
·
Menjelaskan kebera-gama yang ada di Indonesia dalam
bentuk tulisan.
·
Menjelaskan ciri khas suku Minang dalam bentuk peta pikiran.
·
Menuliskan contoh pe-rilaku sebagai bentuk kebanggaan
menjadi anak Indonesia.
·
Menuliskan makna dari tiap sila Pancasila dalam bentuk
peta pikiran.
·
Menjelaskan perilaku yang sesuai dengan sila-sila
Pancasila dalam bentuk tulisan.
·
Mendesain poster ten-tang persatuan.
·
Menceritakan penga-laman mengamalkan nilai-nilai
Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.
|
Kegiatan
pembelajaran sub tema 1 ini akan ditempuh dalam 1 minggu.
· Siswa
diajak untuk meningkatkan ketaq-waan kepada
tuhan dengan cara berdoa sebelum dan sesudah pelajaran.
· Siswa
diajarkan untuk memiliki perilaku jujur, disiplin,
tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan
keluarga, teman, guru dan tetangganya.
· Siswa belajar
menga-mati peta budaya perbedaan pakaian adat, tarian adat, dan alat musik
tradisional.
· Siswa belajar
“Menge-nal Suku Minang” dan mengambil
informasi penting dari teks yang dibaca.
· Siswa belajar mencari asal-usul daerah te-man-temannya
di kelas.
· Siswa bertanya-jawab tentang suku, agama, dan ciri
khas daerah masing-masing.
· Siswa belajar menya-nyi lagu untuk me-ningkatkan
kebanggan menjadi anak Indonesia.
· Siswa belajar menya-nyi sesuai notasi yang benar.
· Siswa belajar mence-ritakan alasan bangga menjadi
anak Indo-nesia.
· Siswa belajar menuliskan periilaku rasa bangga
menjadi anak Indonesia.
· Siswa belajar mema-hami tentang rumah adat dan
mengamati bentuknya.
· Siswa belajar mene-mukan sudut lancip, tumpul, dan
siku-siku.
· Siswa belajar mem-buktikan jenis sudut pada setiap
benda yang mereka pilih.
· Siswa belajar mema-hami tentang tarian tradisional.
· Siswa belajar men-coba tarian dengan bimbingan guru.
· Siswa belajar mene-mukan gerakan-gerakan beserta
jenis sudut yang ditemukan.
· Siswa belajar menge-nal berbagai jenis permainan
tradisional.
· Siswa belajar untuk menghubungkan hal-hal baik dari
per-mainan dengan nilai-nilai Pancasila.
· Siswa belajar menga-mati poster.
· Siswa belajar mem-buat poster.
· Siswa belajar mema-hami alat musik tradisional.
· Siswa belajar menye-butkan alat musik tradisional serta
cara memainkan alat tersebut.
· Siswa belajar menya-nyikan lagu yang dikenal dengan
iringan musik buatan.
· Siswa belajar mendis-kusikan makna har-moni dalam
kehidupan sehari-hari.
· Siswa belajar mem-buat laporan perco-baan yang telah
dilakukannya.
· Siswa belajar berkrea-si membuat kolase.
· Siswa belajar ber-eksplorasi tentang konsep segi
banyak.
· Siswa belajar men-jawab pertanyaan tentang konsep
segi banyak dan memberi-kan contohnya dalam kehidupan sehari-hari.
|
· Tes
lisan
· Tes
tertulis
· Unjuk
kerja
· Tes
praktik
· Observasi
|
6 x 35 menit
|
· Diri
anak
· Lingkungan
· Media
gambar
· Atlas
· Benda
di sekitar siswa
· Model
bangun datar dan bangun ruang
· Buku
referensi yang relevan
|
Bahasa Indonesia
|
1.1 Meresapi
makna anugerah Tuhan Yang Maha Esa berupa bahasa Indonesia yang diakui
sebagai bahasa persatuan yang kokoh dan saran belajar untuk mem-peroleh ilmu
pengetahuan.
1.2 Mengakui dan mensyukuri anugerah Tuhan yang Maha
Esa atas keberadaan lingkungan dan sumber daya alam, alat teknologi modern
dan tradisional, perkem-bangan teknologi, sosial, serta permasalahan social.
2.2 Memiliki
kedisiplinan dan tanggung jawab terhadap penggunaan alat teknologi modern dan
tradisional, proses pembuatannya me-lalui pemanfaatan bahasa Indonesia.
2.4 Memiliki
kepedulian terha-dap lingkungan dan sumber daya alam melalui peman-faatan
bahasa Indonesia.
3.1 Menggali
informasi dari teks laporan hasil pengamatan tentang gaya, gerak, energi
panas, bunyi, dan cahaya dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia
lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku.
3.2 Menguraikan
teks instruksi tentang pemeliharaan pan-caindera serta penggunaan alat
teknologi modern dan tradisional dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa
Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku.
3.4 Menggali
informasi dari teks cerita petualangan tentang lingkungan dan sumber daya
alam dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis
dengan memilih dan memilah kosakata baku.
4.1 Mengamati,
mengolah, dan menyajikan teks laporan hasil pengamatan tentang gaya, gerak, energi
panas, bunyi, dan cahaya dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan
memilih dan memilah kosakata baku.
4.2 Menerangkan
dan mem-praktikkan teks arahan/ petunjuk tentang teks arahan/petunjuk tentang
pemeliharaan pancaindera serta penggunaan alat teknologi modern dan
tradisional secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan
memilih dan memilah kosakata baku.
4.4 Menyajikan
teks cerita petualangan tentang ling-kungan dan sumber daya alam secara
mandiri dalam teks bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan
memilah kosakata baku
|
· Mengolah informasi dari teks “Mengenal
Suku Minang” dalam bentuk peta pikiran.
· Menjelaskan persamaan antara dua rumah
adat yang disajikan.
· Menjelaskan perbedaan antara dua
rumah adat yang disajikan.
· Mempraktikkan langkah-langkah yang
terdapat pada teks percobaan perambatan bunyi.
· Menyajikan langkah-langkah percobaan
dalam bentuk laporan.
· Menemukan kosakata baku untuk mengganti
kosakata tak baku dalam teks cerita.
|
||||
Matematika
|
1.1 Menerima,
menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
2.2 Memiliki
rasa ingin tahu dan ketertarikan pada matematika yang terbentuk melalui
pengamalan belajar.
2.3 Memiliki
rasa percaya pada daya dan kegunaan matematika yang terbentuk melalui
pengamalan belajar.
3.12 Mengenal
sudut siku-siku melalui pengamatan dan membandingkannya dengan sudut yang berbeda.
4.13 Merepresentasikan
sudut lancip dan sudut tumpul dalam bangun datar.
|
·
Membedakan jenis sudut lancip, tumpul, dan siku-siku.
·
Mengukur besar sudut dengan menggunakan busur.
·
Mendeskripsikan bentuk-bentuk sudut.
·
Mendesain rumah adat impian dengan memer-hatikan
penggunaan sudut lancip, tumpul, dan siku-siku.
·
Membedakan segi banyak dan bukan segi banyak.
·
Mengidentifikasi sudut-sudut yang ada dalam bangun
datar dan mengukur besar sudutnya.
|
||||
IPA
|
1.1 Bertambah
keimanannya dengan menyadari hu-bungan keteraturan dan kompleksitas alam dan
jagad raya terhadap kebesaran Tuhan yang menciptakan-nya, serta mewujudkannya
dalam pengamalan ajaran agama yang dianutnya.
2.1 Menunjukkan
perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat;
tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; dan peduli lingkungan) dalam
aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan
inkuiri ilmiah dan berdiskusi.
2.2 Menghargai
kerja individu dan kelompok dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud
implementasi melak-sanakan penelaahan feno-mena alam secara mandiri maupun
berkelompok.
3.5 Memahami
sifat-sifat bunyi melalui pengamatan dan keterkaitannya dengan indera
pendengaran.
4.4 Menyajikan
hasil percobaan atau observasi tentang bunyi
|
·
Menjelaskan sumber bunyi dalam bentuk tulisan.
·
Membandingkan bunyi yang dihasilkan oleh benda yang bergetar.
·
Menjelaskan perambatan sumber bunyi.
·
Membandingkan hasil percobaan perambatan bunyi melalui
padat, cair, dan gas.
|
||||
IPS
|
1.3 Menerima
karunia Tuhan YME yang telah men-ciptakan manusia dan lingkungannya.
2.3 Menunjukkan
perilaku san-tun, toleran dan peduli dalam melakukan interaksi sosial dengan
lingkungan dan teman sebaya.
3.5 Memahami
manusia dalam dinamika interaksi dengan lingkungan alam, sosial, budaya, dan
ekonomi.
4.5 Menceritakan
manusia dalam dinamika interaksi dengan lingkungan alam, sosial, budaya, dan ekonomi
|
· Menjelaskan sikap yang harus ditunjukkan
untuk menghormati beragaman dalam bentuk tulisan.
· Menjelaskan nilai-nilai yang
dipelajari pada saat mempraktikkan permain-an tradisional yang bisa
diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari.
·
Menceritakan pengala-mannya menjaga ke-harmonisan hubungan
dengan teman sebagai pengamalan nilai-nilai Pancasila.
|
||||
SBdP
|
1.1 Mengagumi
ciri khas keindahan karya seni dan karya kreatif masing-masing daerah sebagai
anugerah Tuhan.
2.1 Menujukkan
sikap berani mengekspresikan diri dalam berkarya seni.
3.1 Mengenal
karya dua dan tiga demensi berdasarkan pengamatan.
3.2 Membedakan
panjang-pendek bunyi, dan tinggi-rendah nada dengan gerak tangan.
3.3 Mengenal
tari-tari daerah dan keunikan gerakannya
4.2 Membuat
karya seni kolase dengan berbagai bahan.
4.5 Menyanyikan
lagu dengan gerak tangan dan badan sesuai dengan tinggi rendah nada.
4.10 Memperagakan
makna gerak ke dalam bentuk tari bertema dengan mengacu pada gaya tari daerah
berdasarkan ruang gerak.
|
·
Menyanyikan lagu “Aku Anak Indonesia “ dengan tinggi
rendah nada yang sesuai.
·
Menjelaskan (asal, keu-nikan gerakan) salah satu
tarian adat (tari Kipas).
·
Mendesain gambar rumah adat.
·
impian dengan teknik kolase.
|
||||
PJOK
|
1.1 Menghargai
tubuh dengan seluruh perangkat gerak dan kemampuannya sebagai anugerah Tuhan
yang tidak ternilai.
1.2 Tumbuhnya
kesadaran bah-wa tubuh harus dipelihara dan dibina, sebagai wujud syukur
kepada sang Pencipta.
2.1 Menunjukkan
disiplin, kerja sama, toleransi, belajar menerima kekalahan dan kemenangan,
sportif dan tanggung jawab, menghargai perbedaan.
2.7 Menerima
kekalahan dan kemenangan dalam permainan.
3.9 Memahami
pengaruh akti-vitas fisik dan istirahat terhadap pertumbuhan dan perkembangan
tubuh.
4.3 Mempraktikkan
kombinasi gerak dasar untuk mem-bentuk gerakan dasar atletik jalan dan lari
yang dilandasi konsep gerak melalui permainan dan atau tradisional.
|
· Mempraktikkan permainan tradisional dengan
teknik bermain yang benar.
|
………………………,
20…….
Mengetahui,
Kepala Sekolah Guru
Kelas / Guru Mata Pelajaran
Muh Solikhan, SHI Su’ud,
S.Pd.I
NIP. NIP.
SUBTEMA 1: Keberagaman Budaya Bangsaku
Pemetaan Kompetensi Dasar 1 dan 2
Mata Pelajaran
|
Kompetensi Dasar
|
PPKn
|
1.1 Menghargai
kebhinneka-tunggalikaan dan kebe-ragaman agama, suku bangsa, pakaian
tradisional, bahasa, rumah adat, makanan khas, upacara adat, sosial, dan
ekonomi di lingkungan rumah, sekolah dan masyarakat sekitar.
1.2 Menghargai
kebersamaan dalam keberagaman sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa di
lingkungan rumah, sekolah dan masyarakat sekitar.
2.1 Menunjukkan
perilaku, di-siplin, tanggung jawab, percaya diri, berani mengakui
kesalahan, me-minta maaf dan memberi maaf sebagaimana dicon-tohkan tokoh
penting yang berperan dalam perjuangan menentang penjajah hingga kemerde-kaan
Republik Indonesia sebagai per-wujudan nilai dan moral Pancasila.
2.4
Menunjukkan perilaku bersatu sebagai wujud keyakinan bahwa tempat tinggal
dan lingkungannya sebagai bagian dari wilayah Negara Kesatuan Republik
Indonesia (NKRI).
|
Bahasa Indonesia
|
1.1 Meresapi
makna anugerah Tuhan Yang Maha Esa berupa bahasa Indonesia yang diakui
sebagai bahasa persatuan yang kokoh dan saran belajar untuk memperoleh ilmu
pengetahuan.
1.2 Mengakui
dan mensyukuri anugerah Tuhan yang Maha Esa atas keberadaan lingkungan dan
sumber daya alam, alat teknologi modern dan tradisional, perkembangan
teknologi, sosial, serta permasalahan social.
2.2 Memiliki
kedisiplinan dan tanggung jawab terhadap penggunaan alat teknologi modern
dan tradisional, proses pembuatannya melalui pemanfaatan bahasa Indonesia.
2.4 Memiliki
kepedulian terhadap lingkungan dan sumber daya alam melalui pemanfaatan bahasa
Indonesia.
|
Matematika
|
1.1 Menerima,
menjalankan. dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
2.2 Memiliki
rasa ingin tahu dan ketertarikan pada matematika yang terbentuk melalui
pengalaman belajar.
2.3 Memiliki
rasa percaya diri pada daya dan kegunaan matematika yang terbentuk melalui
pengalaman belajar.
|
IPA
|
1.1 Bertambah
keimanannya dengan menyadari hubungan keteraturan dan kompleksitas alam dan
jagad raya terhadap kebesaran Tuhan yang menciptakannya, serta mewujudkannya
dalam pengamalan ajaran agama yang dianutnya.
2.1 Menunjukkan
perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat;
tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; dan peduli lingkungan) dalam
aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan
inkuiri ilmiah dan berdiskusi.
2.2 Menghargai
kerja individu dan kelompok dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud
implementasi melaksanakan penelaahan fenomena alam secara mandiri maupun
berkelompok.
|
IPS
|
1.3 Menerima
karunia Tuhan YME yang telah menciptakan manusia dan lingkungannya.
2.3 Menunjukkan
perilaku santun, toleran dan peduli dalam melakukan interaksi sosial dengan
lingkungan.
|
SBdP
|
1.1 Mengagumi ciri khas keindahan karya seni
dan karya kreatif masing-masing daerah sebagai anugerah Tuhan.
2.1 Menujukkan sikap berani mengekspresikan
diri dalam berkarya seni.
|
PJOK
|
1.1 Menghargai
tubuh dengan seluruh perangkat gerak dan kemampuannya sebagai anugerah Tuhan
yang tidak ternilai.
1.2 Tumbuhnya
kesadaran bahwa tubuh harus dipelihara dan dibina, sebagai wujud syukur
kepada sang Pencipta.
2.1 Menunjukkan disiplin, kerja sama, toleransi,
belajar menerima kekalahan dan kemenangan, sportif dan tanggung jawab, menghargai
perbedaan.
2.7 Menerima
kekalahan dan kemenangan dalam permainan.
|
Pemetaan Kompetensi Dasar 3 dan 4
Mata Pelajaran
|
Kompetensi Dasar
|
PPKn
|
3.1 Memahami
makna dan keterkaiatan simbol-simbol sila Pancasila dalam memahami Pancasila
secara utuh.
3.3 Memahami
manfaat keberagaman karakteristik individu di rumah, sekolah dan masyarakat.
3.4 Memahami
arti bersatu dalam keberagaman di rumah, sekolah dan masyarakat.
4.1 Mengamati
dan menceritakan perilaku di sekitar rumah dan sekolah dari sudut pandang
kelima simbol Pancasila sebagai satu kesatuan yang utuh.
4.3 Bekerja
sama dengan teman dalam keberagaman di lingkungan rumah, sekolah, dan
masyarakat.
4.4 Mengelompokkan
kesamaan identitas suku bangsa (pakaian tradisional, bahasa, rumah adat,
makanan khas, dan upacara adat), sosial ekonomi (jenis pekerjaan orang tua) di
lingkungan rumah, sekolah dan masyarakat sekitar.
|
Bahasa Indonesia
|
3.1 Menggali
informasi dari teks laporan hasil pengamatan tentang gaya, gerak, energi
panas, bunyi, dan cahaya dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa
Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku.
3.2 Menguraikan
teks instruksi tentang pemeliharaan pancaindera serta penggunaan alat
teknologi modern dan tradisional dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa
Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku.
3.4 Menggali
informasi dari teks cerita petualangan tentang lingkungan dan sumber daya
alam dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis
dengan memilih dan memilah kosakata baku.
4.1 Mengamati,
mengolah, dan menyajikan teks laporan hasil pengamatan tentang gaya, gerak, energi
panas, bunyi, dan cahaya dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan
memilih dan memilah kosakata baku.
4.2 Menerangkan
dan mempraktikkan teks arahan/petunjuk tentang teks arahan/petunjuk tentang pemeliharaan
pancaindera serta penggunaan alat teknologi modern dan tradisional secara
mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata
baku.
4.4 Menyajikan
teks cerita petualangan tentang lingkungan dan sumber daya alam secara
mandiri dalam teks bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan
memilah kosakata baku.
|
Matematika
|
3.12 Mengenal
sudut siku-siku melalui pengamatan dan membandingkannya dengan sudut yang berbeda.
4.13 Merepresentasikan
sudut lancip dan sudut tumpul dalam bangun
datar.
|
IPA
|
3.5 Memahami
sifat-sifat bunyi melalui pengamatan dan keterkaitannya dengan indera
pendengaran.
4.4 Menyajikan
hasil percobaan atau observasi tentang bunyi.
|
IPS
|
3.5 Memahami
manusia dalam dinamika interaksi dengan lingkungan alam, sosial, budaya, dan
ekonomi.
4.5 Menceritakan
manusia dalam dinamika interaksi dengan lingkungan alam, sosial, budaya, dan
ekonomi.
|
SBdP
|
3.1 Mengenal
karya dua dan tiga demensi berdasarkan pengamatan.
3.2 Membedakan
panjang-pendek bunyi, dan tinggi-rendah nada dengan gerak tangan.
3.3 Mengenal
tari-tari daerah dan keunikan gerakannya.
4.2 Membuat
karya seni kolase dengan berbagai bahan di lingkungan sekitar.
4.5 Menyanyikan
lagu dengan gerak tangan dan badan sesuai dengan tinggi rendah nada.
4.10 Memperagakan
makna gerak ke dalam bentuk tari bertema dengan mengacu pada gaya tari
daerah berdasarkan ruang gerak.
|
PJOK
|
3.2 Memahami
pengaruh aktivitas fisik dan istirahat terhadap pertumbuhan dan perkembangan
tubuh.
4.1 Mempraktikkan
kombinasi gerak dasar untuk membentuk gerakan dasar atletik jalan cepat dan
lari yang dilandasi konsep gerak melalui permainan dan atau olahraga tradisional.
|
Ruang Lingkup
Pembelajaran
Subtema 1: Keberagaman Budaya Bangsaku
Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Kemampuan yang Dikembangkan
|
1
|
1.
Mengenal keberagaman budaya
Indonesia.
2.
Memahami keberagaman budaya.
3.
Berekspresi dengan lagu.
|
Sikap:
• Percaya diri, dan rasa ingin tahu
Pengetahuan:
• Keberagaman budaya dan lagu nasional
Keterampilan:
• Berkomunikasi dan mencari informasi
|
2
|
1.
Bereksplorasi tentang sudut
dengan rumah adat.
2.
Memahami keberagaman budaya
rumah adat.
3.
Memahami keberagaman tarian
tradisional.
|
Sikap:
• Toleransi, rasa ingin tahu, dan teliti
Pengetahuan:
• Keberagaman budaya rumah adat, tarian
tradisional, dan sudut
Keterampilan:
• Mengukur dan mencari informasi
|
3
|
1.
Memainkan permainan
tradisional.
2.
Mengamalkan sila Pancasila.
3.
Menulis pengalaman
berinteraksi dengan orang lain.
4.
Membuat poster tentang
keberagaman
|
Sikap:
• Toleransi, tekun, dan teliti
Pengetahuan:
• Permainan tradisional, poster, sila
Pancasila, dan keberagaman
Keterampilan:
• Membuat poster dan mencari informasi
|
4
|
1.
Mengenal alat musik
tradisional.
2.
Bereksplorasi tentang
sumber bunyi.
3.
Berkreasi dengan bunyi.
4.
Bercerita tentang pengamamalan
nilai-nilai Pancasila
|
Sikap:
• Toleransi, percaya diri, dan rasa ingin
tahu
Pengetahuan:
• Musik tradisional, sumber bunyi, dan
nilai-nilai Pancasila
Keterampilan:
• Mencari informasi, kerja ilmiah, dan
menulis
|
5
|
1.
Bereksplorasi tentang media
perambatan bunyi.
2.
Menulis laporan.
3.
Berkreasi membuat rumah
adat impian
|
Sikap:
• Rasa ingin tahu, teliti dan kerja sama
Pengetahuan:
• Media perambatan bunyi, teks instruksi,
sudut, dan laporan
Keterampilan:
• Kerja ilmiah, mengukur besar sudut, menulis,
dan membuat rumah adat.
|
6
|
1.
Bereksplorasi dengan segi
banyak.
2.
Menganalisis teks cerita
|
Sikap:
• Toleransi dan teliti
Pengetahuan:
• Segi banyak, teks cerita, kata baku dan
tidak baku
Keterampilan:
• Menghitung, mencari informasi, dan membaca
peta
|
PEMETAAN INDIKATOR PEMBELAJARAN
Pembelajaran 1
Mata Pelajaran
|
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
PPKn
|
3.4 Memahami
arti bersatu dalam keberagaman di rumah, sekolah dan masyarakat
4.3 Bekerja
sama dengan teman dalam keberagaman di lingkungan rumah, sekolah, dan
masyarakat.
4.4 Mengelompokkan
kesamaan identitas suku bangsa (pakaian tradisional, bahasa, rumah adat,
makanan khas, dan upacara adat), sosial ekonomi (jenis pekerjaan orang tua) di
lingkungan rumah, sekolah dan masyarakat sekitar
3.4 Memahami
arti bersatu dalam keberagaman di rumah, sekolah dan masyarakat
|
· Menjelaskan keberagaman yang ada di
Indonesia dalam bentuk tulisan.
· Menjelaskan ciri khas suku Minang dalam
bentuk peta pikiran.
· Menuliskan contoh perilaku sebagai bentuk
kebanggaan menjadi anak Indonesia.
|
Bahasa Indonesia
|
3.1 Menggali
informasi dari teks laporan hasil pengamatan tentang gaya, gerak, energi
panas, bunyi, dan cahaya dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa
Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku
4.1 Mengamati,
mengolah, dan menyajikan teks laporan hasil pengamatan tentang gaya, gerak, energi
panas, bunyi, dan cahaya dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan
memilih dan memilah kosakata baku
|
· Mengolah informasi dari teks
“Mengenal Suku Minang” dalam bentuk peta pikiran.
|
IPS
|
3.5 Memahami
manusia dalam dinamika interaksi dengan lingkungan alam, sosial, budaya, dan
ekonomi
4.5 Menceritakan
manusia dalam dinamika interaksi dengan lingkungan alam, sosial, budaya, dan
ekonomi
|
· Menjelaskan sikap yang harus ditunjukkan
untuk menghormati keberagaman dalam bentuk tulisan.
|
SBdP
|
3.2 Membedakan
panjang-pendek bunyi daN tinggi-rendah nada dengan gerak tangan
4.5 Menyanyikan
lagu dengan gerak tangan dan badan sesuai dengan tinggi rendah nada
|
· Menyanyikan lagu “Aku Anak Indonesia
“ dengan tinggi rendah nada yang sesuai.
|
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
Sekolah :
MI Branjang
Kelas/Semester :
4/1
Tema :
Indahnya Kebersamaan
Subtema :
Keberagaman Budaya Bangsaku
Pertemuan :
1 (Pembelajaran
1)
Jumlah Pertemuan : ...
A.
Kompetensi Inti
1.
Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
2.
Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan
percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru dan tetangganya.
3.
Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar,
melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya,
makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di
rumah, sekolah dan tempat bermain.
4.
Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis,
dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam
tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
B.
Kompetensi Dasar
PPKn : 3.4 Memahami arti bersatu dalam keberagaman
di rumah, sekolah dan masyarakat.
4.3 Bekerja sama dengan teman dalam keberagaman
di lingkungan rumah, sekolah, dan masyarakat.
4.4 Mengelompokkan kesamaan identitas suku
bangsa (pakaian tradisional, bahasa, rumah adat, makanan khas, dan upacara
adat), sosial ekonomi (jenis pekerjaan orang tua) di lingkungan rumah, sekolah
dan masyarakat sekitar.
4.5 Memahami arti bersatu dalam keberagaman di
rumah, sekolah dan masyarakat.
Bahasa Indonesia :
3.1 Menggali informasi
dari teks laporan hasil pengamatan tentang gaya, gerak, energi panas, bunyi,
dan cahaya dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis
dengan memilih dan memilah kosakata baku.
4.1 Mengamati, mengolah, dan menyajikan teks
laporan hasil pengamatan tentang gaya, gerak, energi panas, bunyi, dan cahaya
dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku.
IPS : 3.5 Memahami manusia dalam dinamika
interaksi dengan lingkungan alam, sosial, budaya, dan ekonomi.
4.5
Menceritakan manusia dalam dinamika interaksi
dengan lingkungan alam, sosial, budaya, dan ekonomi.
SBdP : 3.2 Membedakan panjang-pendek bunyi
daN tinggi-rendah nada dengan gerak tangan
4.5 Menyanyikan lagu dengan gerak tangan
dan badan sesuai dengan tinggi rendah nada.
C.
Indikator
PPKn : - Menjelaskan
keberagaman yang ada di Indonesia dalam tulisan.
-
Menjelaskan ciri khas suku Minang dalam bentuk
tulisan.
-
Menuliskan contoh perilaku sebagai bentuk
kebanggaan menjadi anak Indonesia.
Bahasa Indonesia : - Mengolah informasi dari teks “Mengenal Suku Minang” dalam
bentuk peta pemikiran.
IPS : - Menjelaskan
sikap yang harus ditunjukkan untuk menghormati keberagaman dalam bentuk
tulisan.
SBdP : - Menyanyikan
lagu “Aku Anak Indonesia” dengan tinggi rendah nada yang sesuai.
D.
Tujuan Pembelajaran
1.
Siswa dapat menjelaskan
keberagaman yang ada di Indonesia dalam bentuk tulisan yang benar setelah
mengamati gambar dan diskusi kelas.
2.
Siswa dapat mengolah informasi dalam bentuk
peta pemikiran yang benar setelah mambaca teks “Mengenal Suku Minang”.
3.
Siswa dapat menjelaskan sikap yang harus
ditunjukkan untuk menghormati keberagaman setelah mencari informasi keragaman
teman sekelasnya.
4.
Siswa mampu menuliskan contoh perilaku sebagai
bentuk kebanggaan menjadi anak Indonesia dengan benar setelah bernyanyi dan berdiskusi.
5.
Siswa dapat
bernyanyi dan membedakan tingi rendah notasi yang sesuai setelah
bernyanyi dan berdiskusi.
E.
Materi Ajar
1. Keberagaman Budaya Bangsaku
2. Teks lagu ”Aku Anak Indonesia”
F.
Alokasi Waktu
... x .... menit
G.
Pendekatan/Metode/Strategi
Pendekatan : Scientifik
Metode / Strategi : Diskusi, tanya jawab, dan
praktek
H.
Nilai karakter yang dikembangkan
·
Peduli
·
Percaya diri
·
Rasa ingin tahu
I.
Kegiatan Pembelajaran
A. Pendahuluan
1. Guru memberikan salam dan mengajak berdoa
2. Mengecek kehadiran siswa
3. Guru menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan saat
ini
B. Inti
·
Pada awal pelajaran, guru memperkenalkan diri kepada siswa.Hal ini
bertujuan untuk memotivasi siswa agar memiliki rasa percaya diri.
·
Siswa diajak untuk mengamati peta budaya perbedaan
pakaian adat, rumah adat, tarian adat, dan alat musik tradisional.
·
Siswa diajak untuk mendiskusikan secara
berkelompok tentang budaya perbedaan pakaian adat, rumah adat, tarian adat, dan
alat musik tradisional.
·
Setiap kelompok mempresentasikan hasil diskusi
dan guru menanggapinya.
·
Siswadiajak untuk membaca teks “Mengenal Suku
Minang” dan menuliskannya dalam bentuk peta pemikiran.
·
Siswa diajak berpasangan mendiskusikan jawaban
temannya dan guru mendiskusikan hasil jawaban tersebut di depan kelas.
·
Siswa diajak untuk mencari asal usul daerah
teman-temannya di kelas melalui kegiatan bertanya jawab tentang suku agama dan
ciri khas daerah masing-masing. Ciri khas daerah dapat dilihat dari berbagai
sisi (bangunan, pakaian, rumah adat, bahasa, upacara adat, dan lain-lain).
·
Siswa diajak membuat kesimpulan dari tabel
wawancara. Guru membantu siswa dengan mengajukan pertanyaan dengan mengajukan
pertanyaan yang ada pada buku siswa.
·
Siswa diajak untuk emngisi tabel sikap yang
berkaitan dengan keberagaman.
·
Guru menunjukkan cara menyanyikan lagu “Aku
Anak Indonesia” sesuai intonasi lagu dan tinggi rendah nada.
·
Guru memberikan perhatian kepada mereka yang
belum bisa menyanyikan lagu sesuai notasi yang benar.
·
Siswa diajak untuk mendiskusikan isi dan makna
lagu “Aku Anak Indonesia” dalam kelompoknya.
·
Setiap kelompok diajak untuk mempresentasikan
hasilnya di depan kelas.
·
Siswa diberikan penguatan tentang pentingnya
memiliki kebanggan menjadi anak Indonesia.
·
Siswa diajak untuk emnceritakan alasan mengapa
harus bangga menjadi anak Indonesia.
·
Siswa diminta untuk menuliskan perilaku yang
menunjukkan rasa bangga menjadi anak Indonesia.
·
Siswa diminta untuk menunjukkan tulisannya
kepada seorang teman.
C. Penutup
1. Peserta didik dengan bimbingan guru menyimpulkan hasil pembelajaran
pada pertemuan itu.
2. Guru memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk
menyampaikan pendapat yang berhubungan dengan pembelajaran yang diikuti
3.
Salam
dan doa penutup
J.
Alat dan Sumber Bahan
1. Buku
Tema 1 “Indahnya Kebersamaan”
2. Peta Budaya
3. Teks lagu ”Aku Anak Indonesia”
4. Lembar
Kegiatan Siswa
5. Lembar
Evaluasi
K.
Penilaian
1. Bentuk penilaian
·
Tes
tertulis
·
Penilaian
praktek
·
Penilaian
sikap (observasi)
2. Rubik penilaian
·
Tes
tertulis
Penilaian
dilakukan dengan cara menghitung jumlah jawaban benar dari soal yang tersedia.
·
Daftar periksa untuk peta pikiran. (Bahasa Indonesia)
Kriteria Penilaian
|
Keterangan
|
|
Sudah
|
Belum
|
|
Peta pikiran membuat rumah adat.
|
||
Peta pikiran memuat bahasa.
|
||
Peta pikiran memuat alat musik
tradisional.
|
||
Peta pikiran memuat makanan
tradisional.
|
||
Peta pikiran memuat tarian
tradisional.
|
·
Daftar periksa untuk sikap menunjukkan keberagaman. (IPS
dan PPKn)
Kriteria Penilaian
|
Keterangan
|
|
Sudah
|
Belum
|
|
Menuliskan 5 sikap menghargai keberagaman
|
||
Menuliskan 5 sikap yang tidak menghargai
keberagaman
|
·
Daftar periksa untuk menyanyi. (SBdP)
Kriteria Penilaian
|
Keterangan
|
|
Sudah
|
Belum
|
|
Menuliskan 5 sikap menghargai keberagaman
|
||
Menuliskan 5 sikap yang tidak
menghargai keberagaman
|
·
Rubrik diskusi
Kriteria
|
Bagus sekali
|
Cukup
|
Beratih lagi
|
Mendengarkan
|
Selalu
mendengarkan
teman yang
sedang berbicara.
(3)
|
Mendengarkan
teman
yang berbicara
namun
sesekali masih
perlu diingatkan.
(2) √
|
Masih perlu diingatkan
untuk mendengarkan
teman yang
sedang berbicara.
(1)
|
Komunikasi nonverbal (kontak mata, bahasa
tubuh, postur, ekspresi wajah, suara)
|
Merespons dan menerapkan
komunikasi
nonverbal dengan tepat
(3) √
|
Merespons
dengan tepat terhadap komunikasi nonverbal yang ditunjukkan teman.
(2)
|
Membutuhkan bantuan
dalam memahami bentuk
komunikasi
nonverbal
yang
ditunjukkan teman.
(1)
|
Partisipasi (menyampaikan
ide, perasaan, pikiran)
|
Isi pembicaraan
menginspirasi teman. Selalu mendukung dan
memimpin
lainnya saat diskusi
(3)
|
Berbicara dan menerangkan
secara
rinci,
Merespons sesuai dengan topik.
(2)
|
Jarang
berbicara selama proses diskusi berlangsung.
(1) √
|
Keruntutan berbicara
|
Menyampaikan pendapatnya
secara
runtut dari
awal hingga
akhir.
(3)
|
Menyampaikan pendapatnya
secara runtut, tetapi belum konsisten.
(2) √
|
Masih perlu
berlatih untuk berbicara secara runtut.
(1)
|
Catatan: Centang (√) pada bagian yang
memenuhi kriteria.
Penilaian :
x 10.
Contoh :
Nilai
Dina =
x 10 =
x 10 =
6,7.
·
Penilaian sikap(peduli, percaya diri, dan rasa ingin
tahu)
No
|
Sikap
|
Belum terlihat
|
Mulai terlihat
|
Mulai berkembang
|
Membudaya
|
Keterangan
|
1
|
Peduli
|
|||||
2
|
Percaya diri
|
|||||
3
|
Rasa ingin tahu
|
...
................,..........2014
Mengetahui,
Kepala Sekolah Guru
mata Pelajaran
Tidak ada komentar:
Posting Komentar