Rabu, 19 November 2014

Perangkat Kelas 4


SILABUS
Kompetensi Inti
 KI 1     : Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
 KI 2     : Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru dan tetangganya.
 KI 3     : Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah dan tempat bermain.
KI 4                      Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

Sub Tema 1: Keberagaman Budaya Bangsaku
Mata Pelajaran
Kompetensi Dasar
Indikator
Kegiatan Pembelajaran
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
PPKn
1.1  Menghargai kebhinneka-tunggalikaan dan kebe-ragaman agama, suku bangsa, pakaian tradisional, bahasa, rumah adat, makanan khas, upacara adat, sosial, dan ekonomi di lingkungan rumah, sekolah dan masyarakat sekitar.
1.2  Menghargai kebersamaan dalam keberagaman sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa di lingkungan rumah, sekolah dan masyarakat sekitar.
2.1  Menunjukkan perilaku, di-siplin, tanggung jawab, percaya diri, berani mengakui kesalahan, me-minta maaf dan memberi maaf sebagaimana dicon-tohkan tokoh penting yang berperan dalam perjuangan menentang penjajah hingga kemerde-kaan Republik Indonesia sebagai per-wujudan nilai dan moral Pancasila.

2.4  Menunjukkan perilaku bersatu sebagai wujud keyakinan bahwa tempat tinggal dan lingkungannya sebagai bagian dari wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).
3.1  Memahami makna dan keterkaiatan simbol-simbol sila Pancasila dalam memahami Pancasila secara utuh.
3.3  Memahami manfaat kebe-ragaman karakteristik indi-vidu di rumah, sekolah dan masyarakat.
3.4  Memahami arti bersatu dalam keberagaman di rumah, sekolah dan masyarakat.
4.1  Mengamati dan mence-ritakan perilaku di sekitar rumah dan sekolah dari sudut pandang kelima simbol Pancasila sebagai satu kesatuan yang utuh.
4.3  Bekerja sama dengan teman dalam kebera-gaman di lingkungan rumah, sekolah, dan masyarakat.
4.4  Mengelompokkan kesamaan identitas suku bangsa (pakaian tradisional, bahasa, rumah adat, makanan khas, dan upacara adat), sosial ekonomi (jenis pekerjaan orang tua) di lingkungan rumah, sekolah dan masyarakat sekitar.



·         Menjelaskan kebera-gama yang ada di Indonesia dalam bentuk tulisan.
·         Menjelaskan ciri khas suku Minang dalam bentuk peta pikiran.
·         Menuliskan contoh pe-rilaku sebagai bentuk kebanggaan menjadi anak Indonesia.
·         Menuliskan makna dari tiap sila Pancasila dalam bentuk peta pikiran.
·         Menjelaskan perilaku yang sesuai dengan sila-sila Pancasila dalam bentuk tulisan.
·         Mendesain poster ten-tang persatuan.
·         Menceritakan penga-laman mengamalkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.
Kegiatan pembelajaran sub tema 1 ini akan ditempuh dalam 1 minggu.
·       Siswa diajak untuk meningkatkan ketaq-waan kepada tuhan dengan cara berdoa sebelum dan sesudah pelajaran.
·       Siswa diajarkan untuk memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru dan tetangganya.
·       Siswa belajar menga-mati peta budaya perbedaan pakaian adat, tarian adat, dan alat musik tradisional.
·       Siswa belajar “Menge-nal Suku Minang” dan mengambil informasi penting dari teks yang dibaca.
·       Siswa belajar mencari asal-usul daerah te-man-temannya di kelas.
·       Siswa bertanya-jawab tentang suku, agama, dan ciri khas daerah masing-masing.
·       Siswa belajar menya-nyi lagu untuk me-ningkatkan kebanggan menjadi anak Indonesia.
·       Siswa belajar menya-nyi sesuai notasi yang benar.
·       Siswa belajar mence-ritakan alasan bangga menjadi anak Indo-nesia.
·       Siswa belajar menuliskan periilaku rasa bangga menjadi anak Indonesia.
·       Siswa belajar mema-hami tentang rumah adat dan mengamati bentuknya.
·       Siswa belajar mene-mukan sudut lancip, tumpul, dan siku-siku.
·       Siswa belajar mem-buktikan jenis sudut pada setiap benda yang mereka pilih.
·       Siswa belajar mema-hami tentang tarian tradisional.
·       Siswa belajar men-coba tarian dengan bimbingan guru.

·       Siswa belajar mene-mukan gerakan-gerakan beserta jenis sudut yang ditemukan.
·       Siswa belajar menge-nal berbagai jenis permainan tradisional.
·       Siswa belajar untuk menghubungkan hal-hal baik dari per-mainan dengan nilai-nilai Pancasila.
·       Siswa belajar menga-mati poster.
·       Siswa belajar mem-buat poster.
·       Siswa belajar mema-hami alat musik tradisional.
·       Siswa belajar menye-butkan alat musik tradisional serta cara memainkan alat tersebut.
·       Siswa belajar menya-nyikan lagu yang dikenal dengan iringan musik buatan.
·       Siswa belajar mendis-kusikan makna har-moni dalam kehidupan sehari-hari.
·       Siswa belajar mem-buat laporan perco-baan yang telah dilakukannya.
·       Siswa belajar berkrea-si membuat kolase.

·       Siswa belajar ber-eksplorasi tentang konsep segi banyak.
·       Siswa belajar men-jawab pertanyaan tentang konsep segi banyak dan memberi-kan contohnya dalam kehidupan sehari-hari.


·   Tes lisan
·   Tes tertulis
·   Unjuk kerja
·   Tes praktik
·   Observasi 
6 x 35 menit
·    Diri anak
·    Lingkungan
·    Media gambar
·    Atlas
·    Benda di sekitar siswa
·    Model bangun datar dan bangun ruang
·    Buku referensi yang relevan

Bahasa Indonesia

1.1  Meresapi makna anugerah Tuhan Yang Maha Esa berupa bahasa Indonesia yang diakui sebagai bahasa persatuan yang kokoh dan saran belajar untuk mem-peroleh ilmu pengetahuan.
1.2 Mengakui dan mensyukuri anugerah Tuhan yang Maha Esa atas keberadaan lingkungan dan sumber daya alam, alat teknologi modern dan tradisional, perkem-bangan teknologi, sosial, serta permasalahan social.
2.2  Memiliki kedisiplinan dan tanggung jawab terhadap penggunaan alat teknologi modern dan tradisional, proses pembuatannya me-lalui pemanfaatan bahasa Indonesia.
2.4  Memiliki kepedulian terha-dap lingkungan dan sumber daya alam melalui peman-faatan bahasa Indonesia.
3.1  Menggali informasi dari teks laporan hasil pengamatan tentang gaya, gerak, energi panas, bunyi, dan cahaya dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku.
3.2  Menguraikan teks instruksi tentang pemeliharaan pan-caindera serta penggunaan alat teknologi modern dan tradisional dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku.
3.4  Menggali informasi dari teks cerita petualangan tentang lingkungan dan sumber daya alam dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku.
4.1  Mengamati, mengolah, dan menyajikan teks laporan hasil pengamatan tentang gaya, gerak, energi panas, bunyi, dan cahaya dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku.
4.2  Menerangkan dan mem-praktikkan teks arahan/ petunjuk tentang teks arahan/petunjuk tentang pemeliharaan pancaindera serta penggunaan alat teknologi modern dan tradisional secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku.
4.4  Menyajikan teks cerita petualangan tentang ling-kungan dan sumber daya alam secara mandiri dalam teks bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku

·     Mengolah informasi dari teks “Mengenal Suku Minang” dalam bentuk peta pikiran.
·     Menjelaskan persamaan antara dua rumah adat yang disajikan.
·     Menjelaskan perbedaan antara dua rumah adat yang disajikan.
·     Mempraktikkan langkah-langkah yang terdapat pada teks percobaan perambatan bunyi.
·     Menyajikan langkah-langkah percobaan dalam bentuk laporan.
·     Menemukan kosakata baku untuk mengganti kosakata tak baku dalam teks cerita.




Matematika



















1.1  Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
2.2  Memiliki rasa ingin tahu dan ketertarikan pada matematika yang terbentuk melalui pengamalan belajar.
2.3  Memiliki rasa percaya pada daya dan kegunaan matematika yang terbentuk melalui pengamalan belajar.
3.12        Mengenal sudut siku-siku melalui pengamatan dan membandingkannya dengan sudut yang berbeda.
4.13        Merepresentasikan sudut lancip dan sudut tumpul dalam bangun datar.
·         Membedakan jenis sudut lancip, tumpul, dan siku-siku.
·         Mengukur besar sudut dengan menggunakan busur.
·         Mendeskripsikan bentuk-bentuk sudut.
·         Mendesain rumah adat impian dengan memer-hatikan penggunaan sudut lancip, tumpul, dan siku-siku.
·         Membedakan segi banyak dan bukan segi banyak.
·         Mengidentifikasi sudut-sudut yang ada dalam bangun datar dan mengukur besar sudutnya.



IPA
1.1  Bertambah keimanannya dengan menyadari hu-bungan keteraturan dan kompleksitas alam dan jagad raya terhadap kebesaran Tuhan yang menciptakan-nya, serta mewujudkannya dalam pengamalan ajaran agama yang dianutnya.
2.1  Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat; tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; dan peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan inkuiri ilmiah dan berdiskusi.
2.2  Menghargai kerja individu dan kelompok dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi melak-sanakan penelaahan feno-mena alam secara mandiri maupun berkelompok.
3.5  Memahami sifat-sifat bunyi melalui pengamatan dan keterkaitannya dengan indera pendengaran.
4.4  Menyajikan hasil percobaan atau observasi tentang bunyi
·         Menjelaskan sumber bunyi dalam bentuk tulisan.
·         Membandingkan bunyi yang dihasilkan oleh benda yang bergetar.
·         Menjelaskan perambatan sumber bunyi.
·         Membandingkan hasil percobaan perambatan bunyi melalui padat, cair, dan gas.




IPS
1.3  Menerima karunia Tuhan YME yang telah men-ciptakan manusia dan lingkungannya.
2.3  Menunjukkan perilaku san-tun, toleran dan peduli dalam melakukan interaksi sosial dengan lingkungan dan teman sebaya.
3.5  Memahami manusia dalam dinamika interaksi dengan lingkungan alam, sosial, budaya, dan ekonomi.
4.5  Menceritakan manusia dalam dinamika interaksi dengan lingkungan alam, sosial, budaya, dan ekonomi
·      Menjelaskan sikap yang harus ditunjukkan untuk menghormati beragaman dalam bentuk tulisan.
·      Menjelaskan nilai-nilai yang dipelajari pada saat mempraktikkan permain-an tradisional yang bisa diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari.
·      Menceritakan pengala-mannya menjaga ke-harmonisan hubungan dengan teman sebagai pengamalan nilai-nilai Pancasila.




SBdP


1.1  Mengagumi ciri khas keindahan karya seni dan karya kreatif masing-masing daerah sebagai anugerah Tuhan.
2.1  Menujukkan sikap berani mengekspresikan diri dalam berkarya seni.
3.1  Mengenal karya dua dan tiga demensi berdasarkan pengamatan.
3.2  Membedakan panjang-pendek bunyi, dan tinggi-rendah nada dengan gerak tangan.
3.3  Mengenal tari-tari daerah dan keunikan gerakannya
4.2  Membuat karya seni kolase dengan berbagai bahan.
4.5  Menyanyikan lagu dengan gerak tangan dan badan sesuai dengan tinggi rendah nada.
4.10        Memperagakan makna gerak ke dalam bentuk tari bertema dengan mengacu pada gaya tari daerah berdasarkan ruang gerak.

·         Menyanyikan lagu “Aku Anak Indonesia “ dengan tinggi rendah nada yang sesuai.
·         Menjelaskan (asal, keu-nikan gerakan) salah satu tarian adat (tari Kipas).
·         Mendesain gambar rumah adat.
·         impian dengan teknik kolase.




PJOK

1.1  Menghargai tubuh dengan seluruh perangkat gerak dan kemampuannya sebagai anugerah Tuhan yang tidak ternilai.
1.2  Tumbuhnya kesadaran bah-wa tubuh harus dipelihara dan dibina, sebagai wujud syukur kepada sang Pencipta.
2.1  Menunjukkan disiplin, kerja sama, toleransi, belajar menerima kekalahan dan kemenangan, sportif dan tanggung jawab, menghargai perbedaan.
2.7  Menerima kekalahan dan kemenangan dalam permainan.
3.9  Memahami pengaruh akti-vitas fisik dan istirahat terhadap pertumbuhan dan perkembangan tubuh.
4.3  Mempraktikkan kombinasi gerak dasar untuk mem-bentuk gerakan dasar atletik jalan dan lari yang dilandasi konsep gerak melalui permainan dan atau tradisional.

·      Mempraktikkan permainan tradisional dengan teknik bermain yang benar.












                                                                                                                                                                                    ………………………, 20…….

Mengetahui,
Kepala Sekolah                                                                                                                    Guru Kelas / Guru Mata Pelajaran



                               
Muh Solikhan, SHI                                                                                                                Su’ud, S.Pd.I
NIP.                                                                                                                                          NIP.




SUBTEMA 1: Keberagaman Budaya Bangsaku
Pemetaan Kompetensi Dasar 1 dan 2

Mata Pelajaran
Kompetensi Dasar
PPKn
1.1  Menghargai kebhinneka-tunggalikaan dan kebe-ragaman agama, suku bangsa, pakaian tradisional, bahasa, rumah adat, makanan khas, upacara adat, sosial, dan ekonomi di lingkungan rumah, sekolah dan masyarakat sekitar.
1.2  Menghargai kebersamaan dalam keberagaman sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa di lingkungan rumah, sekolah dan masyarakat sekitar.
2.1  Menunjukkan perilaku, di-siplin, tanggung jawab, percaya diri, berani mengakui kesalahan, me-minta maaf dan memberi maaf sebagaimana dicon-tohkan tokoh penting yang berperan dalam perjuangan menentang penjajah hingga kemerde-kaan Republik Indonesia sebagai per-wujudan nilai dan moral Pancasila.
2.4  Menunjukkan perilaku bersatu sebagai wujud keyakinan bahwa tempat tinggal dan lingkungannya sebagai bagian dari wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Bahasa Indonesia
1.1 Meresapi makna anugerah Tuhan Yang Maha Esa berupa bahasa Indonesia yang diakui sebagai bahasa persatuan yang kokoh dan saran belajar untuk memperoleh ilmu pengetahuan.
1.2 Mengakui dan mensyukuri anugerah Tuhan yang Maha Esa atas keberadaan lingkungan dan sumber daya alam, alat teknologi modern dan tradisional, perkembangan teknologi, sosial, serta permasalahan social.
2.2 Memiliki kedisiplinan dan tanggung jawab terhadap penggunaan alat teknologi modern dan tradisional, proses pembuatannya melalui pemanfaatan bahasa Indonesia.
2.4 Memiliki kepedulian terhadap lingkungan dan sumber daya alam melalui pemanfaatan bahasa Indonesia.

Matematika
1.1  Menerima, menjalankan. dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
2.2 Memiliki rasa ingin tahu dan ketertarikan pada matematika yang terbentuk melalui pengalaman belajar.
2.3 Memiliki rasa percaya diri pada daya dan kegunaan matematika yang terbentuk melalui pengalaman belajar.

IPA
1.1 Bertambah keimanannya dengan menyadari hubungan keteraturan dan kompleksitas alam dan jagad raya terhadap kebesaran Tuhan yang menciptakannya, serta mewujudkannya dalam pengamalan ajaran agama yang dianutnya.
2.1 Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat; tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; dan peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan inkuiri ilmiah dan berdiskusi.
2.2 Menghargai kerja individu dan kelompok dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi melaksanakan penelaahan fenomena alam secara mandiri maupun berkelompok.

IPS
1.3 Menerima karunia Tuhan YME yang telah menciptakan manusia dan lingkungannya.
2.3 Menunjukkan perilaku santun, toleran dan peduli dalam melakukan interaksi sosial dengan lingkungan.

SBdP

1.1   Mengagumi ciri khas keindahan karya seni dan karya kreatif masing-masing daerah sebagai anugerah Tuhan.
2.1   Menujukkan sikap berani mengekspresikan diri dalam berkarya seni.

PJOK
1.1 Menghargai tubuh dengan seluruh perangkat gerak dan kemampuannya sebagai anugerah Tuhan yang tidak ternilai.
1.2 Tumbuhnya kesadaran bahwa tubuh harus dipelihara dan dibina, sebagai wujud syukur kepada sang Pencipta.
2.1 Menunjukkan disiplin, kerja sama, toleransi, belajar menerima kekalahan dan kemenangan, sportif dan tanggung jawab, menghargai perbedaan.
2.7 Menerima kekalahan dan kemenangan dalam permainan.





Pemetaan Kompetensi Dasar 3 dan 4

Mata Pelajaran
Kompetensi Dasar
PPKn
3.1 Memahami makna dan keterkaiatan simbol-simbol sila Pancasila dalam memahami Pancasila secara utuh.
3.3 Memahami manfaat keberagaman karakteristik individu di rumah, sekolah dan masyarakat.
3.4 Memahami arti bersatu dalam keberagaman di rumah, sekolah dan masyarakat.
4.1 Mengamati dan menceritakan perilaku di sekitar rumah dan sekolah dari sudut pandang kelima simbol Pancasila sebagai satu kesatuan yang utuh.
4.3 Bekerja sama dengan teman dalam keberagaman di lingkungan rumah, sekolah, dan masyarakat.
4.4 Mengelompokkan kesamaan identitas suku bangsa (pakaian tradisional, bahasa, rumah adat, makanan khas, dan upacara adat), sosial ekonomi (jenis pekerjaan orang tua) di lingkungan rumah, sekolah dan masyarakat sekitar.

Bahasa Indonesia
3.1 Menggali informasi dari teks laporan hasil pengamatan tentang gaya, gerak, energi panas, bunyi, dan cahaya dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku.
3.2 Menguraikan teks instruksi tentang pemeliharaan pancaindera serta penggunaan alat teknologi modern dan tradisional dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku.
3.4 Menggali informasi dari teks cerita petualangan tentang lingkungan dan sumber daya alam dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku.
4.1 Mengamati, mengolah, dan menyajikan teks laporan hasil pengamatan tentang gaya, gerak, energi panas, bunyi, dan cahaya dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku.
4.2 Menerangkan dan mempraktikkan teks arahan/petunjuk tentang teks arahan/petunjuk tentang pemeliharaan pancaindera serta penggunaan alat teknologi modern dan tradisional secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku.
4.4 Menyajikan teks cerita petualangan tentang lingkungan dan sumber daya alam secara mandiri dalam teks bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku.
Matematika
3.12        Mengenal sudut siku-siku melalui pengamatan dan membandingkannya dengan sudut yang berbeda.
4.13        Merepresentasikan sudut lancip dan sudut tumpul dalam bangun datar.
IPA
3.5 Memahami sifat-sifat bunyi melalui pengamatan dan keterkaitannya dengan indera pendengaran.
4.4 Menyajikan hasil percobaan atau observasi tentang bunyi.

IPS
3.5 Memahami manusia dalam dinamika interaksi dengan lingkungan alam, sosial, budaya, dan ekonomi.
4.5 Menceritakan manusia dalam dinamika interaksi dengan lingkungan alam, sosial, budaya, dan ekonomi.
SBdP

3.1  Mengenal karya dua dan tiga demensi berdasarkan pengamatan.
3.2 Membedakan panjang-pendek bunyi, dan tinggi-rendah nada dengan gerak tangan.
3.3 Mengenal tari-tari daerah dan keunikan gerakannya.
4.2 Membuat karya seni kolase dengan berbagai bahan di lingkungan sekitar.
4.5 Menyanyikan lagu dengan gerak tangan dan badan sesuai dengan tinggi rendah nada.
4.10        Memperagakan makna gerak ke dalam bentuk tari bertema dengan mengacu pada gaya tari daerah berdasarkan ruang gerak.

PJOK
3.2 Memahami pengaruh aktivitas fisik dan istirahat terhadap pertumbuhan dan perkembangan tubuh.
4.1 Mempraktikkan kombinasi gerak dasar untuk membentuk gerakan dasar atletik jalan cepat dan lari yang dilandasi konsep gerak melalui permainan dan atau olahraga tradisional.





Ruang Lingkup Pembelajaran
Subtema 1: Keberagaman Budaya Bangsaku 

Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Kemampuan yang Dikembangkan
1
1.   Mengenal keberagaman budaya Indonesia.
2.   Memahami keberagaman budaya.
3.   Berekspresi dengan lagu.
Sikap:
•       Percaya diri, dan rasa ingin tahu
Pengetahuan:
•       Keberagaman budaya dan lagu nasional
Keterampilan:
•       Berkomunikasi dan mencari informasi

2
1.    Bereksplorasi tentang sudut dengan rumah adat.
2.    Memahami keberagaman budaya rumah adat.
3.    Memahami keberagaman tarian tradisional.
Sikap:
•       Toleransi, rasa ingin tahu, dan teliti
Pengetahuan:
•       Keberagaman budaya rumah adat, tarian
       tradisional, dan sudut
Keterampilan:
•       Mengukur dan mencari informasi

3
1.     Memainkan permainan tradisional.
2.     Mengamalkan sila Pancasila.
3.     Menulis pengalaman berinteraksi dengan orang lain.
4.     Membuat poster tentang keberagaman

Sikap:
•       Toleransi, tekun, dan teliti
Pengetahuan:
•       Permainan tradisional, poster, sila Pancasila, dan keberagaman
Keterampilan:
•       Membuat poster dan mencari informasi

4
1.     Mengenal alat musik tradisional.
2.     Bereksplorasi tentang sumber bunyi.
3.     Berkreasi dengan bunyi.
4.     Bercerita tentang pengamamalan nilai-nilai Pancasila
Sikap:
•       Toleransi, percaya diri, dan rasa ingin tahu
Pengetahuan:
•       Musik tradisional, sumber bunyi, dan nilai-nilai Pancasila
Keterampilan:
•       Mencari informasi, kerja ilmiah, dan menulis

5
1.     Bereksplorasi tentang media perambatan bunyi.
2.     Menulis laporan.
3.     Berkreasi membuat rumah adat impian
Sikap:
•       Rasa ingin tahu, teliti dan kerja sama
Pengetahuan:
•       Media perambatan bunyi, teks instruksi, sudut, dan laporan
Keterampilan:
•       Kerja ilmiah, mengukur besar sudut, menulis, dan membuat rumah adat.

6
1.     Bereksplorasi dengan segi banyak.
2.     Menganalisis teks cerita
Sikap:
•       Toleransi dan teliti
Pengetahuan:
•       Segi banyak, teks cerita, kata baku dan tidak baku
Keterampilan:
•       Menghitung, mencari informasi, dan membaca peta






PEMETAAN INDIKATOR PEMBELAJARAN

Pembelajaran 1


Mata Pelajaran
Kompetensi Dasar
Indikator
PPKn
3.4  Memahami arti bersatu dalam keberagaman di rumah, sekolah dan masyarakat
4.3  Bekerja sama dengan teman dalam keberagaman di lingkungan rumah, sekolah, dan masyarakat.
4.4  Mengelompokkan kesamaan identitas suku bangsa (pakaian tradisional, bahasa, rumah adat, makanan khas, dan upacara adat), sosial ekonomi (jenis pekerjaan orang tua) di lingkungan rumah, sekolah dan masyarakat sekitar
3.4  Memahami arti bersatu dalam keberagaman di rumah, sekolah dan masyarakat

·       Menjelaskan keberagaman yang ada di Indonesia dalam bentuk tulisan.
·       Menjelaskan ciri khas suku Minang dalam bentuk peta pikiran.
·       Menuliskan contoh perilaku sebagai bentuk kebanggaan menjadi anak Indonesia.
Bahasa Indonesia
3.1  Menggali informasi dari teks laporan hasil pengamatan tentang gaya, gerak, energi panas, bunyi, dan cahaya dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku
4.1  Mengamati, mengolah, dan menyajikan teks laporan hasil pengamatan tentang gaya, gerak, energi panas, bunyi, dan cahaya dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku

·       Mengolah informasi dari teks “Mengenal Suku Minang” dalam bentuk peta pikiran.
IPS
3.5  Memahami manusia dalam dinamika interaksi dengan lingkungan alam, sosial, budaya, dan ekonomi
4.5  Menceritakan manusia dalam dinamika interaksi dengan lingkungan alam, sosial, budaya, dan ekonomi

·       Menjelaskan sikap yang harus ditunjukkan untuk menghormati keberagaman dalam bentuk tulisan.
SBdP
3.2  Membedakan panjang-pendek bunyi daN tinggi-rendah nada dengan gerak tangan
4.5 Menyanyikan lagu dengan gerak tangan dan badan sesuai dengan tinggi rendah nada

·       Menyanyikan lagu “Aku Anak Indonesia “ dengan tinggi rendah nada yang sesuai.





RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Sekolah                                      : MI Branjang
Kelas/Semester                        : 4/1
Tema                                          : Indahnya Kebersamaan
Subtema                                    : Keberagaman Budaya Bangsaku
Pertemuan                                : 1 (Pembelajaran 1)
Jumlah Pertemuan                  : ...


A.     Kompetensi Inti
1.     Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
2.     Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru dan tetangganya.
3.     Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah dan tempat bermain.
4.     Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

B.    Kompetensi Dasar
PPKn                        :   3.4    Memahami arti bersatu dalam keberagaman di rumah, sekolah dan masyarakat.
                                      4.3    Bekerja sama dengan teman dalam keberagaman di lingkungan rumah, sekolah, dan masyarakat.
                                      4.4    Mengelompokkan kesamaan identitas suku bangsa (pakaian tradisional, bahasa, rumah adat, makanan khas, dan upacara adat), sosial ekonomi (jenis pekerjaan orang tua) di lingkungan rumah, sekolah dan masyarakat sekitar.
                                      4.5    Memahami arti bersatu dalam keberagaman di rumah, sekolah dan masyarakat.
Bahasa Indonesia :   3.1    Menggali informasi dari teks laporan hasil pengamatan tentang gaya, gerak, energi panas, bunyi, dan cahaya dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku.
                                      4.1    Mengamati, mengolah, dan menyajikan teks laporan hasil pengamatan tentang gaya, gerak, energi panas, bunyi, dan cahaya dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku.
IPS                            :   3.5    Memahami manusia dalam dinamika interaksi dengan lingkungan alam, sosial, budaya, dan ekonomi.
                                      4.5    Menceritakan manusia dalam dinamika interaksi dengan lingkungan alam, sosial, budaya, dan ekonomi.
SBdP                        :   3.2    Membedakan panjang-pendek bunyi daN tinggi-rendah nada dengan gerak tangan
4.5   Menyanyikan lagu dengan gerak tangan dan badan sesuai dengan tinggi rendah nada.

C.    Indikator
PPKn                          :  -       Menjelaskan keberagaman yang ada di Indonesia dalam tulisan.
-        Menjelaskan ciri khas suku Minang dalam bentuk tulisan.
-        Menuliskan contoh perilaku sebagai bentuk kebanggaan menjadi anak Indonesia.
Bahasa Indonesia   :  -       Mengolah informasi dari teks “Mengenal Suku Minang” dalam bentuk peta pemikiran.
IPS                              :  -       Menjelaskan sikap yang harus ditunjukkan untuk menghormati keberagaman dalam bentuk tulisan.
SBdP                          :  -       Menyanyikan lagu “Aku Anak Indonesia” dengan tinggi rendah nada yang sesuai.

D.    Tujuan Pembelajaran
1.     Siswa dapat menjelaskan keberagaman yang ada di Indonesia dalam bentuk tulisan yang benar setelah mengamati gambar dan diskusi kelas.
2.     Siswa dapat mengolah informasi dalam bentuk peta pemikiran yang benar setelah mambaca teks “Mengenal Suku Minang”.
3.     Siswa dapat menjelaskan sikap yang harus ditunjukkan untuk menghormati keberagaman setelah mencari informasi keragaman teman sekelasnya.
4.     Siswa mampu menuliskan contoh perilaku sebagai bentuk kebanggaan menjadi anak Indonesia dengan benar setelah bernyanyi dan berdiskusi.
5.     Siswa dapat  bernyanyi dan membedakan tingi rendah notasi yang sesuai setelah bernyanyi dan berdiskusi.
E.     Materi Ajar
1.     Keberagaman Budaya Bangsaku
2.     Teks lagu ”Aku Anak Indonesia”

F.     Alokasi Waktu
... x .... menit

G.    Pendekatan/Metode/Strategi
Pendekatan                 : Scientifik
Metode / Strategi         : Diskusi, tanya jawab, dan praktek

H.    Nilai karakter yang dikembangkan
·         Peduli
·         Percaya diri
·         Rasa ingin tahu

I.      Kegiatan Pembelajaran

A.    Pendahuluan
1.     Guru memberikan salam dan mengajak berdoa
2.     Mengecek kehadiran siswa
3.     Guru menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan saat ini

B.    Inti
·         Pada awal pelajaran, guru memperkenalkan diri kepada siswa.Hal ini bertujuan untuk memotivasi siswa agar memiliki rasa percaya diri.
·         Siswa diajak untuk mengamati peta budaya perbedaan pakaian adat, rumah adat, tarian adat, dan alat musik tradisional.
·         Siswa diajak untuk mendiskusikan secara berkelompok tentang budaya perbedaan pakaian adat, rumah adat, tarian adat, dan alat musik tradisional.
·         Setiap kelompok mempresentasikan hasil diskusi dan guru menanggapinya.
·         Siswadiajak untuk membaca teks “Mengenal Suku Minang” dan menuliskannya dalam bentuk peta pemikiran.
·         Siswa diajak berpasangan mendiskusikan jawaban temannya dan guru mendiskusikan hasil jawaban tersebut di depan kelas.
·         Siswa diajak untuk mencari asal usul daerah teman-temannya di kelas melalui kegiatan bertanya jawab tentang suku agama dan ciri khas daerah masing-masing. Ciri khas daerah dapat dilihat dari berbagai sisi (bangunan, pakaian, rumah adat, bahasa, upacara adat, dan lain-lain).
·         Siswa diajak membuat kesimpulan dari tabel wawancara. Guru membantu siswa dengan mengajukan pertanyaan dengan mengajukan pertanyaan yang ada pada buku siswa.
·         Siswa diajak untuk emngisi tabel sikap yang berkaitan dengan keberagaman.
·         Guru menunjukkan cara menyanyikan lagu “Aku Anak Indonesia” sesuai intonasi lagu dan tinggi rendah nada.
·         Guru memberikan perhatian kepada mereka yang belum bisa menyanyikan lagu sesuai notasi yang benar.
·         Siswa diajak untuk mendiskusikan isi dan makna lagu “Aku Anak Indonesia” dalam kelompoknya.
·         Setiap kelompok diajak untuk mempresentasikan hasilnya di depan kelas.
·         Siswa diberikan penguatan tentang pentingnya memiliki kebanggan menjadi anak Indonesia.
·         Siswa diajak untuk emnceritakan alasan mengapa harus bangga menjadi anak Indonesia.
·         Siswa diminta untuk menuliskan perilaku yang menunjukkan rasa bangga menjadi anak Indonesia.
·         Siswa diminta untuk menunjukkan tulisannya kepada seorang teman.

C.    Penutup
1.     Peserta didik dengan bimbingan guru menyimpulkan hasil pembelajaran pada pertemuan itu.
2.     Guru memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk menyampaikan pendapat yang berhubungan dengan pembelajaran yang diikuti
3.     Salam dan doa penutup

J.     Alat dan Sumber Bahan
1.     Buku Tema 1 “Indahnya Kebersamaan
2.     Peta Budaya
3.     Teks lagu ”Aku Anak Indonesia”
4.     Lembar Kegiatan Siswa
5.     Lembar Evaluasi



K.    Penilaian
1.     Bentuk penilaian
·          Tes tertulis
·          Penilaian praktek
·          Penilaian sikap (observasi)
2.      Rubik penilaian
·          Tes tertulis
Penilaian dilakukan dengan cara menghitung jumlah jawaban benar dari soal yang tersedia.

·          Daftar periksa untuk peta pikiran. (Bahasa Indonesia)

Kriteria Penilaian
Keterangan
Sudah
Belum
Peta pikiran membuat rumah adat.


Peta pikiran memuat bahasa.


Peta pikiran memuat alat musik tradisional.


Peta pikiran memuat makanan tradisional.


Peta pikiran memuat tarian tradisional.



·         Daftar periksa untuk sikap menunjukkan keberagaman. (IPS dan PPKn)

Kriteria Penilaian
Keterangan
Sudah
Belum
Menuliskan 5 sikap menghargai keberagaman


Menuliskan 5 sikap yang tidak menghargai keberagaman



·         Daftar periksa untuk menyanyi. (SBdP)

Kriteria Penilaian
Keterangan
Sudah
Belum
Menuliskan 5 sikap menghargai keberagaman


Menuliskan 5 sikap yang tidak menghargai keberagaman



·         Rubrik diskusi

Kriteria
Bagus sekali
Cukup
Beratih lagi
Mendengarkan
Selalu mendengarkan
teman yang sedang berbicara.
(3)
Mendengarkan teman
yang berbicara namun
sesekali masih perlu diingatkan.
(2)
Masih perlu diingatkan untuk mendengarkan
teman yang sedang berbicara.
(1)

Komunikasi nonverbal (kontak mata, bahasa
tubuh, postur, ekspresi wajah, suara)
Merespons dan menerapkan komunikasi
nonverbal dengan tepat
(3)
Merespons dengan tepat terhadap komunikasi nonverbal yang ditunjukkan teman.
(2)
Membutuhkan bantuan dalam memahami bentuk
komunikasi nonverbal
yang ditunjukkan teman.
(1)
Partisipasi (menyampaikan
ide, perasaan, pikiran)
Isi pembicaraan menginspirasi teman. Selalu mendukung dan
memimpin lainnya saat diskusi
(3)
Berbicara dan menerangkan secara
rinci, Merespons sesuai dengan topik.
(2)
Jarang berbicara selama proses diskusi berlangsung.
(1)  
Keruntutan berbicara
Menyampaikan pendapatnya secara
runtut dari awal hingga
akhir.
(3)
Menyampaikan pendapatnya secara runtut, tetapi belum konsisten.
(2)  
Masih perlu berlatih untuk berbicara secara runtut.
(1)


                Catatan: Centang () pada bagian yang memenuhi kriteria.
                Penilaian  :  x 10.
Contoh  :
Nilai Dina =  x 10 =  x 10 = 6,7.
·         Penilaian sikap(peduli, percaya diri, dan rasa ingin tahu)
No
Sikap
Belum terlihat
Mulai terlihat
Mulai berkembang
Membudaya
Keterangan
1
Peduli





2
Percaya diri





3
Rasa ingin tahu








...




................,..........2014
     Mengetahui,
    Kepala Sekolah                                                                                                               Guru mata Pelajaran





  Muh Solikhan, SHI                                                                                                           Su'ud, S.Pd.I

Tidak ada komentar:

Posting Komentar