Rabu, 19 November 2014

Perangkat Kls 2


SILABUS
Kelas 2 (Tema 1 : Hidup Rukun)
Kompetensi Inti
KI 1 :    Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
KI 2 :    Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru.
KI 3  :   Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.
KI 4  :   Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

Subtema 1: Hidup Rukun di Rumah   
Mata Pelajaran
Kompetensi Dasar
Indikator
Kegiatan Pembelajaran
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
PPKn
1.1  Menerima keberagaman karakteristik individu dalam kehidupan beragama sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa di lingkungan rumah dan sekolah.
2.1  Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru sebagai perwuju dan nilai dan moral Pancasila.
3.3Memahami makna keberagaman karakteristik
individu di rumah dan di
sekolah.
4.3Berinteraksi dengan beragam teman di
lingkungan rumah dan
sekolah.


·      Menyebutkan keberagaman anggota keluarga berdasarkan jenis kelamin.
·      Menceritakan dengan anggota keluarga yang berbeda jenis kelamin.
·      Menyebutkkan keberagaman
anggota keluarga
berdasarkan kegemaran/hobi.
·      Menceritakan kebersamaan
keluarga dengan anggota keluarga yang berbeda
kegemaran/hobi.
·      Menjelaskan keberagaman
·      anggota keluarga berdasarkan sifat-sifat yang dimiliki.
·      Menceritakan kerja sama dalam melak-sanakan kegiatan keluarga yang berbeda sifat/ karakter.
Kegiatan pembelajaran sub tema 1 ini akan ditempuh dalam 1 minggu.

·       Siswa diajak untuk meningkatkan ketaqwaan kepada tuhan dengan cara berdoa sebelum dan sesudah pelajaran.
·       Siswa diajarkan untuk memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru
·       Siswa diajak untuk mengenal pola irama dan alat musik ritmis.
·       Secara bersama-sama siswa menyanyikan sebuah lagu dengan iringan alat musik ritmis.
·       Siswa diajak untuk mengenal beberapa sebutan untuk kakak laki-laki dan perempuan.
·       Siswa diajak untuk membaca teks permintaan maaf. Selanjutnya siswa membuat kalimat permintaan maaf.
·       Secara bersama-sama siswa belajar membaca bilangan 100.  Kemudian belajar bilangan loncat.
·       Secara bersama-sama siswa diajak untuk melakukan gerakan nonlokomotor.
·       Kemudian siswa diajak untuk mengenal peran setiap anggota keluarga.
·       Secara bersama-sama siswa mengidentifikasi hidup rukun dan tidak rukun.
·       Secara bersama-sama siswa mengidentifikasi manfaat hidup rukun.
·       Ditahap terakhir siswa mengerjakan soal-soal selama pembelajaran satu sampai enam.
·       Tes lisan
·       Tes tertulis
·       Unjuk kerja
·       Tes prkatik
·       Obser-vasi 
6 6 x 35 menit
·    Diri anak
·    Lingkungan
·    Media gambar
·    Benda di sekitar siswa
·    Model bangun datar dan bangun ruang
·    Buku referensi yang relevan

Bahasa Indonesia

1.1 Menerima anugerah
Tuhan Yang Maha Esa
berupa bahasa Indonesia
yang dikenal sebagai
bahasa persatuan dan
sarana belajar di tengah
keberagaman bahasa
daerah.
2.5 Memiliki perilaku
santun dan jujur dalam
percakapan tentang
hidup rukun dalam
kemajemukan keluarga
melalui pemanfaatan
bahasa Indonesia dan/
atau bahasa daerah.
3.3 Mengenal teks buku
harian tentang kegiatan
anggota keluarga dan
dokumen milik keluarga
dengan bantuan guru
atau teman dalam
bahasa Indonesia lisan
dan tulis yang dapat diisi
dengan kosakata bahasa
daerah untuk membantu
pemahaman.
4.3 Mengungkapkan teks
buku harian tentang
kegiatan anggota
keluarga dan dokumen
milik keluarga secara
mandiri dalam bahasa
Indonesia lisan dan
tulis yang dapat diisi
dengan kosakata bahasa
daerah untuk membantu
penyajian.
3.5 Mengenal teks
permintaan maaf tentang
sikap hidup rukun dalam
kemajemukan keluarga
dan teman dalam bahasa
Indonesia lisan dan tulis
yang dapat diisi kosakata
bahasa daerah untuk
membantu pemahaman.
4.5 Menggunakan teks
permintaan maaf tentang
sikap hidup rukun daam
kemajemukan keluarga
dan teman secara mandiri
dalam bahasa Indonesia
lisan dan tulis yang dapat
diisi kosakata bahasa
daerah untuk membantu
penyajian.
·         Menentukan karakter setiap individu di rumah.
·         Membedakan setiap individu
di rumah berda-sarkan karakter yang dimiliki.
·         Mengidentifikasi contoh sikap hidup rukun dan tidak rukun dalam kemajemukan keluarga.
·         Menulis teks buku harian tentang kegiatan keluarga dengan EYD yang tepat.
·         Membaca teks permintaan maaf untuk menjaga sikap hidup rukun dalam kemajemu-kan keluarga.
·         Mengelompokkan berbagai kegiatan berdasarkan peran masing-masing anggota
keluarga.
·         Mencatat peran masing-masing anggota keluarga.
·         Membacakan teks buku harian kegiatan keluarga yang telah ditulis.
·         Menyimpulkan isi teks buku
harian yang telah ditulis.
·         Membedakan contoh sikap
hidup rukun dan tidak rukun dalam kemajemukan
keluarga.
·         Menjelaskan makna hidup
rukun dalam kemajemukan
keluarga.
·         Menjelaskan akibat tidak hidup rukun dalam
kemajemukan keluarga.
·         Menemukan peran permintaan maaf terhadap sikap hidup rukun dalam kemajemukan
keluarga.

Matematika

1.1 Menerima dan
menjalankan ajaran
agama yang dianutnya.
2.1 Menunjukkan sikap
cermat dan teliti, jujur,
tertib dan mengikuti
aturan, peduli, disiplin
waktu serta tidak mudah menyerah dalam
mengerjakan tugas.
3.1 Mengenal bilangan asli
sampai 500 dengan
menggunakan blok dienes
(kubus satuan).
4.1 Memprediksi pola-pola
bilangan sederhana
menggunakan bilangan-bilangan yang kurang dari
100.
·       Membilang sampai 500 dengan menggunakan blok dienes (kubus satuan).
·       Menyebutkan banyak benda denganmengguna-kan kubus satuan blok dienes (kubus satuan).
·       Menentukan pola-pola bilangan sederhana menggunakan bilangan kurang dari 100.
·       Membuat pola-pola bilangan sederhana dengan mengguna-kan bilangan kurang 100.
·       Membaca lambang bilangan sampai 500.
·       Membilang loncat.
SBdP

1.1 Menikmati keindahan
alam dan karya seni
sebagai salah satu tanda-tanda.
kekuasaan Tuhan.
2.1 Menunjukkan rasa
percaya diri untuk berlatih
mengekspresikan diri
dalam mengolah karya
seni.
3.1 Mengenal bahan dan alat
serta tekniknya dalam
membuat karya seni rupa
3.2 Mengenal pola irama lagu
bertanda birama tiga, pola
bervariasi dan pola irama
rata dengan alat musik
ritmis.
4.3 Menggambar imajinatif
dengan memanfaatkan
beragam media
4.8 Memainkan pola irama
bervariasi lagu bertanda
birama tiga.
·       Mengidentifikasi
berbagai pola irama lagu dengan menggunakan alat musik ritmis.
·       Memainkan pola irama bervariasi lagu bertanda birama tiga.
·       Menggambar imajinatif dengan memanfaatkan
media di lingkung-an sekitar.
Menunjukkan pola irama lagu
bertanda birama tiga pada alat musik ritmis.
·       Mengidentifikasi bahan-bahan dalam membuat karya seni rupa.
·       Menggambar imajinatif dengan memanfaatkan media di lingkungan sekitar.
·       Menunjukkan pola irama bervariasi pada alat musik
ritmis.
·       Memainkan pola irama bervariasi lagu bertanda birama tiga.
·       Menunjukkan pola irama rata pada alat musik ritmis.


PJOK

1.1 Menghargai tubuh dengan
seluruh perangkat gerak
dan kemampuannya
sebagai anugrah Tuhan.
2.1 Berperilaku sportif dalam
bermain.
3.2 Mengetahui konsep
gerak variasi pola gerak
dasar non-lokomotor
dalam berbagai bentuk
permainan sederhana
dan atau permainan
tradisional.
4.2 Mempraktikkan variasi
pola gerak dasar
non-lokomotor yang
dilandasi konsep gerak
dalam berbagai bentuk
permainan sederhana
dan atau permainan
tradisional.
3.6 Mengetahui konsep
penggunaan variasi pola
gerak dasar lokomotor
dan non-lokomotor sesuai
dengan irama (ketukan)
tanpa/dengan musik
dalam aktivitas gerak
ritmik.
4.6 Mempraktikkan
penggunaan variasi pola
gerak dasar lokomotor
dan non-lokomotor sesuai
dengan irama (ketukan)
tanpa/dengan musik
dalam aktivitas gerak
ritmik.
·         Mengidentifikasi gerakan variasi pola gerak dasar non-lokomotor dalam bentuk permainan seder-hana.
·         Melakukan gerakan variasi
pola gerak dasar nonlokomotor dalam bentuk permainan sederhana.

                                                                                                                                                                  ………………………, 20…….
Mengetahui,
Kepala Sekolah                                                                                                   Guru Kelas / Guru Mata Pelajaran




…………………………..                                                                                      ……………………………
NIP.                                                                                                                                          NIP.




SUBTEMA 1: Hidup Rukun di Rumah
Pemetaan Kompetensi Dasar 1 dan 2

Mata Pelajaran
Kompetensi Dasar
Bahasa Indonesia
1.1 Menerima anugerah Tuhan Yang Maha Esa berupa bahasa Indonesia yang dikenal sebagai bahasa persatuan dan sarana belajar di tengah keberagaman bahasa daerah.
2.5 Memiliki perilaku santun dan jujur dalam percakapan tentang hidup rukun dalam kemajemukan keluarga melalui pemanfaatan bahasa Indonesia dan/  atau bahasa daerah.
PPKn
1.2 Menerima kebersamaan dalam keberagaman sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa di lingkungan rumah dan sekolah.
2.1 Menunjukkan perilaku toleransi, kasih sayang, jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam
berinteraksi dengankeluarga, teman, dan  guru sebagai perwujudan moral Pancasila.
Matematika
1.1 Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.1 Menunjukkan sikap cermat dan teliti, jujur, tertib dan mengikuti aturan, peduli, disiplin waktu serta tidak mudah menyerah dalam mengerjakan tugas.
SBdP
1.1 Menikmati keindahan alam dan karya seni sebagai salah satu tandatanda kekuasaan Tuhan.
2.2 Menunjukkan rasa ingin tahu untuk mengenal alam di lingkungan sekitar sebagai sumber ide dalam berkarya seni.
PJOK
1.1. Menghargai tubuh dengan seluruh perangkat gerak dan kemampuannya sebagai anugerah Tuhan.
2.1 Berperilaku sportif dalam bermain.




Pemetaan Kompetensi Dasar 3 dan 4

Mata Pelajaran
Kompetensi Dasar
Bahasa Indonesia
3.3 Mengenal teks buku harian tentang kegiatan anggota keluarga dan dokumen milik keluarga dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman.
4.3 Mengungkapkan teks buku harian tentang kegiatan anggota keluarga dan dokumen milik keluarga secara mandiri dalam bahasa
Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian.
3.5 Mengenal teks permintaan maaf tentang sikap hidup rukun dalam kemajemukan keluarga dan teman dalam bahasa
Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman.
4.5 Menggunakan teks permintaan maaf tentang sikap hidup rukun daam kemajemukan keluarga dan teman secara mandiri
dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian.
PPKn
3.3 Memahami makna keberagaman karakteristik individu di rumah dan di sekolah.
4.3 Berinteraksi dengan beragam teman di lingkungan rumah dan sekolah.
Matematika
3.1 Mengenal bilangan asli sampai 500 dengan menggunakan blok dienes (kubus satuan).
4.1 Memprediksi pola-pola bilangan sederhana menggunakan bilanganbilangan yang kurang dari 100
SBdP
3.1 Mengenal bahan dan alat serta tekniknya dalam membuat karya seni rupa
3.2 Mengenal pola irama lagu bertanda birama tiga, pola bervariasi dan pola irama rata dengan alat musik ritmis.
4.3 Menggambar imajinatif dengan memanfaatkan beragam media
4.8 Memainkan pola irama bervariasi lagu bertanda birama tiga.
PJOK
3.2 Mengetahui konsep gerak variasi pola gerak dasar non-lokomotor dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau permainan tradisional.
4.2 Mempraktikkan variasi pola gerak dasar non-lokomotor yang dilandasi konsep gerak dalam berbagai bentuk
permainan sederhana dan atau permainan tradisional.
3.6 Mengetahui konsep penggunaan variasi pola gerak dasar lokomotor dan non-lokomotor sesuai
dengan irama (ketukan) tanpa/dengan musik dalam aktivitas gerak ritmik.
4.6 Mempraktikkan penggunaan variasi pola gerak dasar lokomotor dan non-lokomotor sesuai dengan irama (ketukan)
tanpa/dengan musik dalam aktivitas gerak ritmik.




PEMETAAN INDIKATOR PEMBELAJARAN

Pembelajaran 1
Hidup Rukun di Rumah

Mata Pelajaran
Kompetensi Dasar
Indikator
PPKn
3.3 Memahami makna keberagaman karakteristik individu di rumah dan di sekolah.
4.3 Berinteraksi dengan beragam teman di lingkungan rumah dan
sekolah.
·      Menyebutkan keberagaman anggota keluarga berdasarkan jenis kelamin.
·      Menceritakan kebersamaan dengan anggota keluarga yang berbeda jenis kelamin.
Bahasa Indonesia
3.3 Mengenal teks buku harian tentang kegiatan anggota keluarga dan dokumen milik keluarga dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata
bahasa daerah untuk membantu pemahaman.
4.3 Mengungkapkan teks buku harian tentang kegiatan anggota keluarga dan dokumen milik keluarga secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa
daerah untuk membantu penyajian.
3.5 Mengenal teks permintaan maaf tentang sikap hidup rukun dalam kemajemukan keluarga dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi kosakata bahasa daerah untuk membantu
pemahaman.
4.5 Menggunakan teks permintaan maaf tentang sikap hidup rukun daam kemajemukan keluarga dan teman secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian
·      Menentukan karakter setiap individu di rumah.
·      Membedakan setiap invidu di rumah berdasarkan karakter yang dimiliki.
·      Mengidentifikasi contoh sikap hidup rukun dan tidak rukun dalam
kemajemukan keluarga.
·      Menulis teks buku harian tentang kegiatan keluarga dengan EYD yang tepat.
·      Membaca teks permintaan maaf untuk menjaga sikap hidup rukun dalam kemajemukan keluarga.
Matematika
3.1 Mengenal bilangan asli sampai 500 dengan menggunakan blok dienes (kubus satuan).
4.1 Memprediksi pola-pola bilangan sederhana menggunakan bilangan-bilangan yang kurang dari 100
·      Membilang sampai 500 dengan menggunakan blok dienes  kubus satuan).
·      Menyebutkan banyak benda dengan menggunakan kubus satuan blok dienes (kubus satuan).
·      Menentukan pola-pola bilangan sederhana menggunakan bilangan kurang dari 100.
·      Membuat pola-pola bilangan sederhana dengan menggunakan bilangan kurang 100
SBdP
3.2 Mengenal pola irama lagu bertanda birama tiga, pola bervariasi dan pola irama rata dengan alat musik ritmis.
4.8   Memainkan pola irama bervariasi lagu bertanda birama tiga.
·      Mengidentifikasi berbagai pola irama lagu dengan menggunakan alat musik ritmis.
·      Memainkan pola irama bervariasi lagu bertanda birama tiga.





RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Sekolah                                 : .......................................
Kelas/Semester                   : 1/1
Tema                                     : Hidup Rukun
Subtema                               : 1/Hidup Rukun di Rumah
Pertemuan                            : 1 (pembelajaran 1)
Jumlah Pertemuan             : 6 x 35 menit


A.     Kompetensi Inti
1.       Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.       Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru.
3.       Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.
4.       Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
B.    Kompetensi Dasar
PPKn
3
3.3 Memahami makna keberagaman karakteristik individu di rumah dan di sekolah.
4.3 Berinteraksi dengan beragam teman di lingkungan rumah dan sekolah.

Bahasa Indonesia
3.3


4.3


3.5

4.5
Mengenal teks buku harian tentang kegiatan anggota keluarga dan dokumen milik keluarga dengan
bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman.
Mengungkapkan teks buku harian tentang kegiatan anggota keluarga dan dokumen milik keluarga
secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa
daerah untuk membantu penyajian.
Mengenal teks permintaan maaf tentang sikap hidup rukun dalam kemajemukan keluarga dan teman
dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman.
Menggunakan teks permintaan maaf tentang sikap hidup rukun daam kemajemukan keluarga dan teman secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian.            

Matematika
3.1
4.1
Mengenal bilangan asli sampai 500 dengan menggunakan blok dienes (kubus satuan).
Memprediksi pola-pola bilangan sederhana menggunakan bilanganbilangan yang kurang dari
100.

SBDP
3.2

4.8
Mengenal pola irama lagu bertanda birama tiga, pola bervariasi dan pola irama rata dengan alat musik ritmis.
Memainkan pola irama bervariasi lagu bertanda birama tiga.

C.    Indikator
PPKN
·         Menyebutkan keberagaman anggota keluarga berdasarkan jenis kelamin.
·         Menceritakan kebersamaan dengan anggota keluarga yang berbeda jenis kelamin.

Bahasa Indonesia
·         Menentukan karakter setiap individu di rumah.
·         Membedakan setiap invidu di rumah berdasarkan karakter yang dimiliki.
·         Mengidentifikasi contoh sikap hidup rukun dan tidak rukun dalam kemajemukan keluarga.
·         Menulis teks buku harian tentang kegiatan keluarga dengan EYD yang tepat.
·         Membaca teks permintaan maaf untuk menjaga sikap hidup rukun dalam kemajemukan keluarga.

Matematika
·         Membilang sampai 500 dengan menggunakan blok dienes (kubus satuan).
·         Menyebutkan banyak benda dengan menggunakan kubus satuan blok dienes (kubus satuan).
·         Menentukan pola-pola bilangan sederhana menggunakan bilangan kurang dari 100.
·         Membuat pola-pola bilangan sederhana dengan menggunakan bilangan kurang 100

SBDP
·         Mengidentifikasi berbagai pola irama lagu dengan menggunakan alat musik ritmis.
·         Memainkan pola irama bervariasi lagu bertanda birama tiga.

D.    Tujuan Pembelajaran
1.     Siswa dapat menyanyikan lagu “Ruri Abangku” dan mengidentifikasi berbagai pola irama lagu dengan menggunakan alat musik ritmis secara teliti.
2.     Siswa dapat menggunakan alat musik ritmis dan memainkan pola irama bervariasi lagu bertanda birama tiga dengan percaya diri.
3.     Siswa dapat menjawab pertanyaan tentang sebutan kakak laki-laki dan perempuan dan menentukan karakter setiap individu di rumah dengan teliti.
4.     Siswa dapat kegiatan tanya jawab dan t membedakan setiap individu di rumah berdasarkan karakter yang dimiliki dengan teliti.
5.     Siswa dapat teks buku harian dan membaca teks permintaan maaf untuk menjaga sikap hidup dalam kemajemukan keluarga dengan teliti.
6.     Siswa dapat menjawab pertanyaan dari teks permintaan maaf dan mengidentifikasi contoh sikap hidup rukun dan tidak rukun dalam kemajemukan keluarga dengan teliti.
7.     Siswa dapat bimbingan guru, dan memperagakan contoh ucapan permohonan maaf dengan santun dan percaya diri.
8.     Siswa dapat menggunakan kubus satuan dan membilang sampai 500 dengan teliti.
9.     Siswa dapat menggunakan kubus satuan dan menyebutkan banyak benda dengan teliti.
10.   Siswa dapat mengamati deret bilangan dan menentukan pola-pola bilangan sederhana menggunakan
bilangan kurang dari 100 dengan teliti.
11.   Siswa dapat mengamati deret bilangan dan membuat pola-pola bilangan sederhana dengan menggunakan bilangan kurang 100 dengan teliti.
12.   Siswa dapat mengamati contoh teks buku harian dan bimbingan guru dan menulis teks buku harian tentang kegiatan keluarga dengan EYD yang tepat secara teliti.
13.   Siswa dapat kegiatan menulis teks buku harian dan menyebutkan keberagaman anggota keluarga berdasarkan jenis kelamin dengan percaya diri.
14.   Siswa dapat kegiatan menulis teks buku harian dan menceritakan kebersamaan dengan anggota keluarga yang berbeda jenis kelamin dengan bahasa yang santun dan percaya diri.

A.     Materi Ajar
1.     Menjawab pertanyaan dari teks buku harian
2.     Membilang dengan menggunakan blok dienes
3.     Melengkapi barisan bilangan +1
4.     Menyanyi dengan memainkan alat musik ritmis
5.     Memperagakan ucapan permohonan maaf
6.     Menulis teks buku harian

B.    Alokasi Waktu
6 x 35 menit

C.    Pendekatan/Metode/Strategi
Pendekatan                 : Scientifik
Metode / Strategi         : Mengamati, menalar, mencoba, menanya, dan mengomunikasikan

D.    Nilai karakter yang dikembangkan
Percaya diri, disiplin, dan bekerja sama.

E.     Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
Pendahuluan
a.     Guru memberikan salam dan mengajak berdoa.
b.     Mengecek kehadiran siswa.
c.     Guru menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan saat ini.

Inti
·         Pada awal pelajaran, guru memperkenalkan diri kepada siswa.Hal ini bertujuan untuk memotivasi siswa agar memiliki rasa percaya diri.
·         Guru mengajak siswa untuk mengamati gambar. Kemudian siswa membuat pertanyaan berdasarkan gambar.
·         Guru memperkenalkan alat musik ritmis kepada siswa (mengamati).
·         Siswa memperhatikan guru menyanyikan lagu sesuai ketukan dengan menggunakan alat musik ritmis (mengamati).
·         Guru membimbing siswa untuk memainkan alat musik ritmis (mengamati).
·         Siswa menyanyikan lagu secara bersama-sama dengan percaya diri (mencoba).
·         Siswa mengidentifikasi pola irama pada lagu yang dinyanyikan menggunakan alat musik ritmis (menalar).
·         Selanjutnya siswa dan guru melakukan tanya jawab sebutan kakak laki-laki dan perempuan di daerah setempat (menanya).
·         Siswa menyebutkan sebutan kakak laki-laki dan perempuan yang ada di keluarga (mengkomunikasikan).
·         Siswa membaca teks buku harian (mengamati).
·         Siswa menjawab pertanyaan dari teks buku harian (menalar).
·         Siswa diajak mengamati satuan kubus (mengamati).
·         Siswa menghitung jumlah satuan kubus (menalar).
·         Siswa membilang banyak benda berdasarkan gambar kubus satuan pada buku siswa (menalar).
·         Dari kegiatan membilang yang telah dilakukan, siswa menyebutkan banyak benda berdasarkan gambar yang diamati (mengomunikasikan).
·         Siswa membuat kalimat dengan menggunakan salah satu lambang bilangan dari lima bilangan pada kegiatan membilang yang telah dilakukan sebelumnya (menalar).
·         Siswa melengkapi barisan bilangan berpola +1 (menalar).
·         Siswa menulis teks buku harian tentang kegiatan bersama anggota keluarga dengan menggunakan EYD yang tepat (mencoba).


Penutup
·         Peserta didik dengan bimbingan guru menyimpulkan hasil pembelajaran pada pertemuan itu.
·         Guru memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk menyampaikan pendapat yang berhubungan dengan pembelajaran yang diikuti.
·         Salam dan doa penutup.


F.     Alat dan Sumber Bahan
1.     Buku tema 1 “Hidup Rukun”
2.     Berbagai bentuk benda
3.     Lembar kegiatan siswa
4.     Lembar evaluasi

G.    Penilaian
1.     Bentuk penilaian
·  Tes tertulis
·  Penilaian praktek
·  Penilaian sikap (observasi)
2.      Rubik penilaian
·  Tes tertulis
Penilaian dilakukan dengan cara menghitung jumlah jawaban benar dari soal yang tersedia.
·  Rubrik menyanyi dengan memainkan alat musik ritmis  
No
Kriteria
Baik sekali
4
Baik
3
Cukup
2
Perlu Bimbingan
1
1
Penguasaan lagu.
Konsisten menyanyi
dengan nada yang
tepat tanpa bimbingan guru.
Terkadang
kurang konsisten
menyanyi dengan nada yang tepat tanpa
bimbingan guru.
Terkadang
kurang konsisten
menyanyi dengan nada yang tepat
walaupun telah
dibimbing guru.
Menyanyi dengan nada yang tidak tepat walaupun telah dibimbing guru.
2
Kemampuan memainkan
alat musik ritmis.
Mampu mengembangkan
Ritmis dari pola yang disajikan.
Hanya mampu
memainkan
ritmis dari pola
yang disajikan,
tapi tidak mampu untukmengem-bangkan.
Mengalami
Kesulitan dalam meniru ritmis yang
disajikan.
Tidak mampu
sama sekali
meniru ritmis
yang disajikan.

·  Rubrik memperagakan ucapan permohonan maaf
No
Kriteria
Baik sekali
4
Baik
3
Cukup
2
Perlu Bimbingan
1
1
Ekpresi.
Mimik wajah dan gerak tubuh sesuai dengan
dialog secara
konsisten.
Mimik wajah dan gerak tubuh sesuai
dengan dialog namun kurang
konsisten.
Mimik wajah dan gerak tubuh tidak
sesuai dengan
dialog.
Monoton, tanpa
ekspresi
2
Lafal.
Dialog dilafalkan
dengan tepat dan jelas.
Ada 1-2 kata yang kurang tepat pelafalannya.
Lebih dari 2 kata
belum tepat
pelafalannya
Hampir semua kata belum tepat
pelafalannya.
3
Intonasi.
Intonasi sesuai dengan dialog secara konsisten.
Intonasi sesuai  dengan dialog
namun kurang
konsisten.
Intonasi tidak
sesuai dengan
dialog.
Tanpa intonasi.
4
Volume Suara.
Volume suara
keras dan jelas.
Volume suara jelas.
Volume suara
kurang jelas.
Suara sangat
pelan dan tidak
jelas.

·                     Rubrik menulis teks buku harian 
No
Kriteria
Baik sekali
4
Baik
3
Cukup
2
Perlu Bimbingan
1
1
Penggunaan huruf besar,
dan tanda baca.
Menggunakan
huruf besar di
awal kalimat
dan nama
orang, serta
menggunakan
tanda titik di
akhir kalimat.
Terdapat 1-2
Kesalahan dalam
Penggunaan huruf besar dan tanda
titik.
Terdapat
lebih dari 2
kesalahan
dalam penggunaan
huruf besar dan tanda titik.
Tidak satu pun
kalimat yang
menggunakan
huruf besar dan tanda titik.
2
Kesesuaian isi teks yang
ditulis dengan tema buku
harian.
Seluruh isi teks
yang ditulis
sesuai judul
atau tema.
Setengah atau
lebih isi teks sesuai judul atau tema.
Kurang dari
setengah isi
teks sesuai judul atau tema.
Semua isi teks
belum sesuai.
3
Penulisan.
Penulisan kata
sudah tepat.
Terdapat 1-2
kata yang belum tepat penulisannya.
Terdapat lebih dari 2 kata yang
belum tepat
penulisannya.
Semua kata belum tepat dalam
Penulisan.
4
Penggunaan kalimat yang
efektif.
Semua kalimat
menggunakan
kalimat yang
efektif.
Terdapat 1-2 kalimat
Menggunakan kalimat yang
kurang efektif.
Terdapat lebih
dari 2 kalimat
menggunakan
kalimat yang
kurang efektif.
Semua kalimat
menggunakan
kalimat yang
belum efektif.

·  Penilaian sikap (observasi)
Sikap yang dianamati adalah percaya diri, disiplin, dan kerja sama

...................,. 20 ...
     Mengetahui,
    Kepala Sekolah                                                                                                                               Guru
    .........................................                                                                                 ...............................                                                                                                               SILABUS
Kelas 2 (Tema 1 : Hidup Rukun)
Kompetensi Inti
KI 1 :    Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
KI 2 :    Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru.
KI 3  :   Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.
KI 4  :   Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

Subtema 1: Hidup Rukun di Rumah   
Mata Pelajaran
Kompetensi Dasar
Indikator
Kegiatan Pembelajaran
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
PPKn
1.1  Menerima keberagaman karakteristik individu dalam kehidupan beragama sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa di lingkungan rumah dan sekolah.
2.1  Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru sebagai perwuju dan nilai dan moral Pancasila.
3.3Memahami makna keberagaman karakteristik
individu di rumah dan di
sekolah.
4.3Berinteraksi dengan beragam teman di
lingkungan rumah dan
sekolah.


·      Menyebutkan keberagaman anggota keluarga berdasarkan jenis kelamin.
·      Menceritakan dengan anggota keluarga yang berbeda jenis kelamin.
·      Menyebutkkan keberagaman
anggota keluarga
berdasarkan kegemaran/hobi.
·      Menceritakan kebersamaan
keluarga dengan anggota keluarga yang berbeda
kegemaran/hobi.
·      Menjelaskan keberagaman
·      anggota keluarga berdasarkan sifat-sifat yang dimiliki.
·      Menceritakan kerja sama dalam melak-sanakan kegiatan keluarga yang berbeda sifat/ karakter.
Kegiatan pembelajaran sub tema 1 ini akan ditempuh dalam 1 minggu.

·       Siswa diajak untuk meningkatkan ketaqwaan kepada tuhan dengan cara berdoa sebelum dan sesudah pelajaran.
·       Siswa diajarkan untuk memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru
·       Siswa diajak untuk mengenal pola irama dan alat musik ritmis.
·       Secara bersama-sama siswa menyanyikan sebuah lagu dengan iringan alat musik ritmis.
·       Siswa diajak untuk mengenal beberapa sebutan untuk kakak laki-laki dan perempuan.
·       Siswa diajak untuk membaca teks permintaan maaf. Selanjutnya siswa membuat kalimat permintaan maaf.
·       Secara bersama-sama siswa belajar membaca bilangan 100.  Kemudian belajar bilangan loncat.
·       Secara bersama-sama siswa diajak untuk melakukan gerakan nonlokomotor.
·       Kemudian siswa diajak untuk mengenal peran setiap anggota keluarga.
·       Secara bersama-sama siswa mengidentifikasi hidup rukun dan tidak rukun.
·       Secara bersama-sama siswa mengidentifikasi manfaat hidup rukun.
·       Ditahap terakhir siswa mengerjakan soal-soal selama pembelajaran satu sampai enam.
·       Tes lisan
·       Tes tertulis
·       Unjuk kerja
·       Tes prkatik
·       Obser-vasi 
6 6 x 35 menit
·    Diri anak
·    Lingkungan
·    Media gambar
·    Benda di sekitar siswa
·    Model bangun datar dan bangun ruang
·    Buku referensi yang relevan

Bahasa Indonesia

1.1 Menerima anugerah
Tuhan Yang Maha Esa
berupa bahasa Indonesia
yang dikenal sebagai
bahasa persatuan dan
sarana belajar di tengah
keberagaman bahasa
daerah.
2.5 Memiliki perilaku
santun dan jujur dalam
percakapan tentang
hidup rukun dalam
kemajemukan keluarga
melalui pemanfaatan
bahasa Indonesia dan/
atau bahasa daerah.
3.3 Mengenal teks buku
harian tentang kegiatan
anggota keluarga dan
dokumen milik keluarga
dengan bantuan guru
atau teman dalam
bahasa Indonesia lisan
dan tulis yang dapat diisi
dengan kosakata bahasa
daerah untuk membantu
pemahaman.
4.3 Mengungkapkan teks
buku harian tentang
kegiatan anggota
keluarga dan dokumen
milik keluarga secara
mandiri dalam bahasa
Indonesia lisan dan
tulis yang dapat diisi
dengan kosakata bahasa
daerah untuk membantu
penyajian.
3.5 Mengenal teks
permintaan maaf tentang
sikap hidup rukun dalam
kemajemukan keluarga
dan teman dalam bahasa
Indonesia lisan dan tulis
yang dapat diisi kosakata
bahasa daerah untuk
membantu pemahaman.
4.5 Menggunakan teks
permintaan maaf tentang
sikap hidup rukun daam
kemajemukan keluarga
dan teman secara mandiri
dalam bahasa Indonesia
lisan dan tulis yang dapat
diisi kosakata bahasa
daerah untuk membantu
penyajian.
·         Menentukan karakter setiap individu di rumah.
·         Membedakan setiap individu
di rumah berda-sarkan karakter yang dimiliki.
·         Mengidentifikasi contoh sikap hidup rukun dan tidak rukun dalam kemajemukan keluarga.
·         Menulis teks buku harian tentang kegiatan keluarga dengan EYD yang tepat.
·         Membaca teks permintaan maaf untuk menjaga sikap hidup rukun dalam kemajemu-kan keluarga.
·         Mengelompokkan berbagai kegiatan berdasarkan peran masing-masing anggota
keluarga.
·         Mencatat peran masing-masing anggota keluarga.
·         Membacakan teks buku harian kegiatan keluarga yang telah ditulis.
·         Menyimpulkan isi teks buku
harian yang telah ditulis.
·         Membedakan contoh sikap
hidup rukun dan tidak rukun dalam kemajemukan
keluarga.
·         Menjelaskan makna hidup
rukun dalam kemajemukan
keluarga.
·         Menjelaskan akibat tidak hidup rukun dalam
kemajemukan keluarga.
·         Menemukan peran permintaan maaf terhadap sikap hidup rukun dalam kemajemukan
keluarga.

Matematika

1.1 Menerima dan
menjalankan ajaran
agama yang dianutnya.
2.1 Menunjukkan sikap
cermat dan teliti, jujur,
tertib dan mengikuti
aturan, peduli, disiplin
waktu serta tidak mudah menyerah dalam
mengerjakan tugas.
3.1 Mengenal bilangan asli
sampai 500 dengan
menggunakan blok dienes
(kubus satuan).
4.1 Memprediksi pola-pola
bilangan sederhana
menggunakan bilangan-bilangan yang kurang dari
100.
·       Membilang sampai 500 dengan menggunakan blok dienes (kubus satuan).
·       Menyebutkan banyak benda denganmengguna-kan kubus satuan blok dienes (kubus satuan).
·       Menentukan pola-pola bilangan sederhana menggunakan bilangan kurang dari 100.
·       Membuat pola-pola bilangan sederhana dengan mengguna-kan bilangan kurang 100.
·       Membaca lambang bilangan sampai 500.
·       Membilang loncat.
SBdP

1.1 Menikmati keindahan
alam dan karya seni
sebagai salah satu tanda-tanda.
kekuasaan Tuhan.
2.1 Menunjukkan rasa
percaya diri untuk berlatih
mengekspresikan diri
dalam mengolah karya
seni.
3.1 Mengenal bahan dan alat
serta tekniknya dalam
membuat karya seni rupa
3.2 Mengenal pola irama lagu
bertanda birama tiga, pola
bervariasi dan pola irama
rata dengan alat musik
ritmis.
4.3 Menggambar imajinatif
dengan memanfaatkan
beragam media
4.8 Memainkan pola irama
bervariasi lagu bertanda
birama tiga.
·       Mengidentifikasi
berbagai pola irama lagu dengan menggunakan alat musik ritmis.
·       Memainkan pola irama bervariasi lagu bertanda birama tiga.
·       Menggambar imajinatif dengan memanfaatkan
media di lingkung-an sekitar.
Menunjukkan pola irama lagu
bertanda birama tiga pada alat musik ritmis.
·       Mengidentifikasi bahan-bahan dalam membuat karya seni rupa.
·       Menggambar imajinatif dengan memanfaatkan media di lingkungan sekitar.
·       Menunjukkan pola irama bervariasi pada alat musik
ritmis.
·       Memainkan pola irama bervariasi lagu bertanda birama tiga.
·       Menunjukkan pola irama rata pada alat musik ritmis.


PJOK

1.1 Menghargai tubuh dengan
seluruh perangkat gerak
dan kemampuannya
sebagai anugrah Tuhan.
2.1 Berperilaku sportif dalam
bermain.
3.2 Mengetahui konsep
gerak variasi pola gerak
dasar non-lokomotor
dalam berbagai bentuk
permainan sederhana
dan atau permainan
tradisional.
4.2 Mempraktikkan variasi
pola gerak dasar
non-lokomotor yang
dilandasi konsep gerak
dalam berbagai bentuk
permainan sederhana
dan atau permainan
tradisional.
3.6 Mengetahui konsep
penggunaan variasi pola
gerak dasar lokomotor
dan non-lokomotor sesuai
dengan irama (ketukan)
tanpa/dengan musik
dalam aktivitas gerak
ritmik.
4.6 Mempraktikkan
penggunaan variasi pola
gerak dasar lokomotor
dan non-lokomotor sesuai
dengan irama (ketukan)
tanpa/dengan musik
dalam aktivitas gerak
ritmik.
·         Mengidentifikasi gerakan variasi pola gerak dasar non-lokomotor dalam bentuk permainan seder-hana.
·         Melakukan gerakan variasi
pola gerak dasar nonlokomotor dalam bentuk permainan sederhana.

                                                                                                                                                                  ………………………, 20…….
Mengetahui,
Kepala Sekolah                                                                                                   Guru Kelas / Guru Mata Pelajaran




…………………………..                                                                                      ……………………………
NIP.                                                                                                                                          NIP.




SUBTEMA 1: Hidup Rukun di Rumah
Pemetaan Kompetensi Dasar 1 dan 2

Mata Pelajaran
Kompetensi Dasar
Bahasa Indonesia
1.1 Menerima anugerah Tuhan Yang Maha Esa berupa bahasa Indonesia yang dikenal sebagai bahasa persatuan dan sarana belajar di tengah keberagaman bahasa daerah.
2.5 Memiliki perilaku santun dan jujur dalam percakapan tentang hidup rukun dalam kemajemukan keluarga melalui pemanfaatan bahasa Indonesia dan/  atau bahasa daerah.
PPKn
1.2 Menerima kebersamaan dalam keberagaman sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa di lingkungan rumah dan sekolah.
2.1 Menunjukkan perilaku toleransi, kasih sayang, jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam
berinteraksi dengankeluarga, teman, dan  guru sebagai perwujudan moral Pancasila.
Matematika
1.1 Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.1 Menunjukkan sikap cermat dan teliti, jujur, tertib dan mengikuti aturan, peduli, disiplin waktu serta tidak mudah menyerah dalam mengerjakan tugas.
SBdP
1.1 Menikmati keindahan alam dan karya seni sebagai salah satu tandatanda kekuasaan Tuhan.
2.2 Menunjukkan rasa ingin tahu untuk mengenal alam di lingkungan sekitar sebagai sumber ide dalam berkarya seni.
PJOK
1.1. Menghargai tubuh dengan seluruh perangkat gerak dan kemampuannya sebagai anugerah Tuhan.
2.1 Berperilaku sportif dalam bermain.




Pemetaan Kompetensi Dasar 3 dan 4

Mata Pelajaran
Kompetensi Dasar
Bahasa Indonesia
3.3 Mengenal teks buku harian tentang kegiatan anggota keluarga dan dokumen milik keluarga dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman.
4.3 Mengungkapkan teks buku harian tentang kegiatan anggota keluarga dan dokumen milik keluarga secara mandiri dalam bahasa
Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian.
3.5 Mengenal teks permintaan maaf tentang sikap hidup rukun dalam kemajemukan keluarga dan teman dalam bahasa
Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman.
4.5 Menggunakan teks permintaan maaf tentang sikap hidup rukun daam kemajemukan keluarga dan teman secara mandiri
dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian.
PPKn
3.3 Memahami makna keberagaman karakteristik individu di rumah dan di sekolah.
4.3 Berinteraksi dengan beragam teman di lingkungan rumah dan sekolah.
Matematika
3.1 Mengenal bilangan asli sampai 500 dengan menggunakan blok dienes (kubus satuan).
4.1 Memprediksi pola-pola bilangan sederhana menggunakan bilanganbilangan yang kurang dari 100
SBdP
3.1 Mengenal bahan dan alat serta tekniknya dalam membuat karya seni rupa
3.2 Mengenal pola irama lagu bertanda birama tiga, pola bervariasi dan pola irama rata dengan alat musik ritmis.
4.3 Menggambar imajinatif dengan memanfaatkan beragam media
4.8 Memainkan pola irama bervariasi lagu bertanda birama tiga.
PJOK
3.2 Mengetahui konsep gerak variasi pola gerak dasar non-lokomotor dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau permainan tradisional.
4.2 Mempraktikkan variasi pola gerak dasar non-lokomotor yang dilandasi konsep gerak dalam berbagai bentuk
permainan sederhana dan atau permainan tradisional.
3.6 Mengetahui konsep penggunaan variasi pola gerak dasar lokomotor dan non-lokomotor sesuai
dengan irama (ketukan) tanpa/dengan musik dalam aktivitas gerak ritmik.
4.6 Mempraktikkan penggunaan variasi pola gerak dasar lokomotor dan non-lokomotor sesuai dengan irama (ketukan)
tanpa/dengan musik dalam aktivitas gerak ritmik.




PEMETAAN INDIKATOR PEMBELAJARAN

Pembelajaran 1
Hidup Rukun di Rumah

Mata Pelajaran
Kompetensi Dasar
Indikator
PPKn
3.3 Memahami makna keberagaman karakteristik individu di rumah dan di sekolah.
4.3 Berinteraksi dengan beragam teman di lingkungan rumah dan
sekolah.
·      Menyebutkan keberagaman anggota keluarga berdasarkan jenis kelamin.
·      Menceritakan kebersamaan dengan anggota keluarga yang berbeda jenis kelamin.
Bahasa Indonesia
3.3 Mengenal teks buku harian tentang kegiatan anggota keluarga dan dokumen milik keluarga dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata
bahasa daerah untuk membantu pemahaman.
4.3 Mengungkapkan teks buku harian tentang kegiatan anggota keluarga dan dokumen milik keluarga secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa
daerah untuk membantu penyajian.
3.5 Mengenal teks permintaan maaf tentang sikap hidup rukun dalam kemajemukan keluarga dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi kosakata bahasa daerah untuk membantu
pemahaman.
4.5 Menggunakan teks permintaan maaf tentang sikap hidup rukun daam kemajemukan keluarga dan teman secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian
·      Menentukan karakter setiap individu di rumah.
·      Membedakan setiap invidu di rumah berdasarkan karakter yang dimiliki.
·      Mengidentifikasi contoh sikap hidup rukun dan tidak rukun dalam
kemajemukan keluarga.
·      Menulis teks buku harian tentang kegiatan keluarga dengan EYD yang tepat.
·      Membaca teks permintaan maaf untuk menjaga sikap hidup rukun dalam kemajemukan keluarga.
Matematika
3.1 Mengenal bilangan asli sampai 500 dengan menggunakan blok dienes (kubus satuan).
4.1 Memprediksi pola-pola bilangan sederhana menggunakan bilangan-bilangan yang kurang dari 100
·      Membilang sampai 500 dengan menggunakan blok dienes  kubus satuan).
·      Menyebutkan banyak benda dengan menggunakan kubus satuan blok dienes (kubus satuan).
·      Menentukan pola-pola bilangan sederhana menggunakan bilangan kurang dari 100.
·      Membuat pola-pola bilangan sederhana dengan menggunakan bilangan kurang 100
SBdP
3.2 Mengenal pola irama lagu bertanda birama tiga, pola bervariasi dan pola irama rata dengan alat musik ritmis.
4.8   Memainkan pola irama bervariasi lagu bertanda birama tiga.
·      Mengidentifikasi berbagai pola irama lagu dengan menggunakan alat musik ritmis.
·      Memainkan pola irama bervariasi lagu bertanda birama tiga.





RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Sekolah                                 : .......................................
Kelas/Semester                   : 1/1
Tema                                     : Hidup Rukun
Subtema                               : 1/Hidup Rukun di Rumah
Pertemuan                            : 1 (pembelajaran 1)
Jumlah Pertemuan             : 6 x 35 menit


A.     Kompetensi Inti
1.       Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.       Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru.
3.       Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.
4.       Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
B.    Kompetensi Dasar
PPKn
3
3.3 Memahami makna keberagaman karakteristik individu di rumah dan di sekolah.
4.3 Berinteraksi dengan beragam teman di lingkungan rumah dan sekolah.

Bahasa Indonesia
3.3


4.3


3.5

4.5
Mengenal teks buku harian tentang kegiatan anggota keluarga dan dokumen milik keluarga dengan
bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman.
Mengungkapkan teks buku harian tentang kegiatan anggota keluarga dan dokumen milik keluarga
secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa
daerah untuk membantu penyajian.
Mengenal teks permintaan maaf tentang sikap hidup rukun dalam kemajemukan keluarga dan teman
dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman.
Menggunakan teks permintaan maaf tentang sikap hidup rukun daam kemajemukan keluarga dan teman secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian.            

Matematika
3.1
4.1
Mengenal bilangan asli sampai 500 dengan menggunakan blok dienes (kubus satuan).
Memprediksi pola-pola bilangan sederhana menggunakan bilanganbilangan yang kurang dari
100.

SBDP
3.2

4.8
Mengenal pola irama lagu bertanda birama tiga, pola bervariasi dan pola irama rata dengan alat musik ritmis.
Memainkan pola irama bervariasi lagu bertanda birama tiga.

C.    Indikator
PPKN
·         Menyebutkan keberagaman anggota keluarga berdasarkan jenis kelamin.
·         Menceritakan kebersamaan dengan anggota keluarga yang berbeda jenis kelamin.

Bahasa Indonesia
·         Menentukan karakter setiap individu di rumah.
·         Membedakan setiap invidu di rumah berdasarkan karakter yang dimiliki.
·         Mengidentifikasi contoh sikap hidup rukun dan tidak rukun dalam kemajemukan keluarga.
·         Menulis teks buku harian tentang kegiatan keluarga dengan EYD yang tepat.
·         Membaca teks permintaan maaf untuk menjaga sikap hidup rukun dalam kemajemukan keluarga.

Matematika
·         Membilang sampai 500 dengan menggunakan blok dienes (kubus satuan).
·         Menyebutkan banyak benda dengan menggunakan kubus satuan blok dienes (kubus satuan).
·         Menentukan pola-pola bilangan sederhana menggunakan bilangan kurang dari 100.
·         Membuat pola-pola bilangan sederhana dengan menggunakan bilangan kurang 100

SBDP
·         Mengidentifikasi berbagai pola irama lagu dengan menggunakan alat musik ritmis.
·         Memainkan pola irama bervariasi lagu bertanda birama tiga.

D.    Tujuan Pembelajaran
1.     Siswa dapat menyanyikan lagu “Ruri Abangku” dan mengidentifikasi berbagai pola irama lagu dengan menggunakan alat musik ritmis secara teliti.
2.     Siswa dapat menggunakan alat musik ritmis dan memainkan pola irama bervariasi lagu bertanda birama tiga dengan percaya diri.
3.     Siswa dapat menjawab pertanyaan tentang sebutan kakak laki-laki dan perempuan dan menentukan karakter setiap individu di rumah dengan teliti.
4.     Siswa dapat kegiatan tanya jawab dan t membedakan setiap individu di rumah berdasarkan karakter yang dimiliki dengan teliti.
5.     Siswa dapat teks buku harian dan membaca teks permintaan maaf untuk menjaga sikap hidup dalam kemajemukan keluarga dengan teliti.
6.     Siswa dapat menjawab pertanyaan dari teks permintaan maaf dan mengidentifikasi contoh sikap hidup rukun dan tidak rukun dalam kemajemukan keluarga dengan teliti.
7.     Siswa dapat bimbingan guru, dan memperagakan contoh ucapan permohonan maaf dengan santun dan percaya diri.
8.     Siswa dapat menggunakan kubus satuan dan membilang sampai 500 dengan teliti.
9.     Siswa dapat menggunakan kubus satuan dan menyebutkan banyak benda dengan teliti.
10.   Siswa dapat mengamati deret bilangan dan menentukan pola-pola bilangan sederhana menggunakan
bilangan kurang dari 100 dengan teliti.
11.   Siswa dapat mengamati deret bilangan dan membuat pola-pola bilangan sederhana dengan menggunakan bilangan kurang 100 dengan teliti.
12.   Siswa dapat mengamati contoh teks buku harian dan bimbingan guru dan menulis teks buku harian tentang kegiatan keluarga dengan EYD yang tepat secara teliti.
13.   Siswa dapat kegiatan menulis teks buku harian dan menyebutkan keberagaman anggota keluarga berdasarkan jenis kelamin dengan percaya diri.
14.   Siswa dapat kegiatan menulis teks buku harian dan menceritakan kebersamaan dengan anggota keluarga yang berbeda jenis kelamin dengan bahasa yang santun dan percaya diri.

A.     Materi Ajar
1.     Menjawab pertanyaan dari teks buku harian
2.     Membilang dengan menggunakan blok dienes
3.     Melengkapi barisan bilangan +1
4.     Menyanyi dengan memainkan alat musik ritmis
5.     Memperagakan ucapan permohonan maaf
6.     Menulis teks buku harian

B.    Alokasi Waktu
6 x 35 menit

C.    Pendekatan/Metode/Strategi
Pendekatan                 : Scientifik
Metode / Strategi         : Mengamati, menalar, mencoba, menanya, dan mengomunikasikan

D.    Nilai karakter yang dikembangkan
Percaya diri, disiplin, dan bekerja sama.

E.     Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
Pendahuluan
a.     Guru memberikan salam dan mengajak berdoa.
b.     Mengecek kehadiran siswa.
c.     Guru menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan saat ini.

Inti
·         Pada awal pelajaran, guru memperkenalkan diri kepada siswa.Hal ini bertujuan untuk memotivasi siswa agar memiliki rasa percaya diri.
·         Guru mengajak siswa untuk mengamati gambar. Kemudian siswa membuat pertanyaan berdasarkan gambar.
·         Guru memperkenalkan alat musik ritmis kepada siswa (mengamati).
·         Siswa memperhatikan guru menyanyikan lagu sesuai ketukan dengan menggunakan alat musik ritmis (mengamati).
·         Guru membimbing siswa untuk memainkan alat musik ritmis (mengamati).
·         Siswa menyanyikan lagu secara bersama-sama dengan percaya diri (mencoba).
·         Siswa mengidentifikasi pola irama pada lagu yang dinyanyikan menggunakan alat musik ritmis (menalar).
·         Selanjutnya siswa dan guru melakukan tanya jawab sebutan kakak laki-laki dan perempuan di daerah setempat (menanya).
·         Siswa menyebutkan sebutan kakak laki-laki dan perempuan yang ada di keluarga (mengkomunikasikan).
·         Siswa membaca teks buku harian (mengamati).
·         Siswa menjawab pertanyaan dari teks buku harian (menalar).
·         Siswa diajak mengamati satuan kubus (mengamati).
·         Siswa menghitung jumlah satuan kubus (menalar).
·         Siswa membilang banyak benda berdasarkan gambar kubus satuan pada buku siswa (menalar).
·         Dari kegiatan membilang yang telah dilakukan, siswa menyebutkan banyak benda berdasarkan gambar yang diamati (mengomunikasikan).
·         Siswa membuat kalimat dengan menggunakan salah satu lambang bilangan dari lima bilangan pada kegiatan membilang yang telah dilakukan sebelumnya (menalar).
·         Siswa melengkapi barisan bilangan berpola +1 (menalar).
·         Siswa menulis teks buku harian tentang kegiatan bersama anggota keluarga dengan menggunakan EYD yang tepat (mencoba).


Penutup
·         Peserta didik dengan bimbingan guru menyimpulkan hasil pembelajaran pada pertemuan itu.
·         Guru memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk menyampaikan pendapat yang berhubungan dengan pembelajaran yang diikuti.
·         Salam dan doa penutup.


F.     Alat dan Sumber Bahan
1.     Buku tema 1 “Hidup Rukun”
2.     Berbagai bentuk benda
3.     Lembar kegiatan siswa
4.     Lembar evaluasi

G.    Penilaian
1.     Bentuk penilaian
·  Tes tertulis
·  Penilaian praktek
·  Penilaian sikap (observasi)
2.      Rubik penilaian
·  Tes tertulis
Penilaian dilakukan dengan cara menghitung jumlah jawaban benar dari soal yang tersedia.
·  Rubrik menyanyi dengan memainkan alat musik ritmis  
No
Kriteria
Baik sekali
4
Baik
3
Cukup
2
Perlu Bimbingan
1
1
Penguasaan lagu.
Konsisten menyanyi
dengan nada yang
tepat tanpa bimbingan guru.
Terkadang
kurang konsisten
menyanyi dengan nada yang tepat tanpa
bimbingan guru.
Terkadang
kurang konsisten
menyanyi dengan nada yang tepat
walaupun telah
dibimbing guru.
Menyanyi dengan nada yang tidak tepat walaupun telah dibimbing guru.
2
Kemampuan memainkan
alat musik ritmis.
Mampu mengembangkan
Ritmis dari pola yang disajikan.
Hanya mampu
memainkan
ritmis dari pola
yang disajikan,
tapi tidak mampu untukmengem-bangkan.
Mengalami
Kesulitan dalam meniru ritmis yang
disajikan.
Tidak mampu
sama sekali
meniru ritmis
yang disajikan.

·  Rubrik memperagakan ucapan permohonan maaf
No
Kriteria
Baik sekali
4
Baik
3
Cukup
2
Perlu Bimbingan
1
1
Ekpresi.
Mimik wajah dan gerak tubuh sesuai dengan
dialog secara
konsisten.
Mimik wajah dan gerak tubuh sesuai
dengan dialog namun kurang
konsisten.
Mimik wajah dan gerak tubuh tidak
sesuai dengan
dialog.
Monoton, tanpa
ekspresi
2
Lafal.
Dialog dilafalkan
dengan tepat dan jelas.
Ada 1-2 kata yang kurang tepat pelafalannya.
Lebih dari 2 kata
belum tepat
pelafalannya
Hampir semua kata belum tepat
pelafalannya.
3
Intonasi.
Intonasi sesuai dengan dialog secara konsisten.
Intonasi sesuai  dengan dialog
namun kurang
konsisten.
Intonasi tidak
sesuai dengan
dialog.
Tanpa intonasi.
4
Volume Suara.
Volume suara
keras dan jelas.
Volume suara jelas.
Volume suara
kurang jelas.
Suara sangat
pelan dan tidak
jelas.

·                     Rubrik menulis teks buku harian 
No
Kriteria
Baik sekali
4
Baik
3
Cukup
2
Perlu Bimbingan
1
1
Penggunaan huruf besar,
dan tanda baca.
Menggunakan
huruf besar di
awal kalimat
dan nama
orang, serta
menggunakan
tanda titik di
akhir kalimat.
Terdapat 1-2
Kesalahan dalam
Penggunaan huruf besar dan tanda
titik.
Terdapat
lebih dari 2
kesalahan
dalam penggunaan
huruf besar dan tanda titik.
Tidak satu pun
kalimat yang
menggunakan
huruf besar dan tanda titik.
2
Kesesuaian isi teks yang
ditulis dengan tema buku
harian.
Seluruh isi teks
yang ditulis
sesuai judul
atau tema.
Setengah atau
lebih isi teks sesuai judul atau tema.
Kurang dari
setengah isi
teks sesuai judul atau tema.
Semua isi teks
belum sesuai.
3
Penulisan.
Penulisan kata
sudah tepat.
Terdapat 1-2
kata yang belum tepat penulisannya.
Terdapat lebih dari 2 kata yang
belum tepat
penulisannya.
Semua kata belum tepat dalam
Penulisan.
4
Penggunaan kalimat yang
efektif.
Semua kalimat
menggunakan
kalimat yang
efektif.
Terdapat 1-2 kalimat
Menggunakan kalimat yang
kurang efektif.
Terdapat lebih
dari 2 kalimat
menggunakan
kalimat yang
kurang efektif.
Semua kalimat
menggunakan
kalimat yang
belum efektif.

·  Penilaian sikap (observasi)
Sikap yang dianamati adalah percaya diri, disiplin, dan kerja sama

...................,. 20 ...
     Mengetahui,
    Kepala Sekolah                                                                                                                               Guru
    .........................................                                                                                 ...............................                                                                                                                

Tidak ada komentar:

Posting Komentar