Kelas 2 (Tema 1 : Hidup Rukun)
Kompetensi Inti
KI 1 : Menerima dan menjalankan ajaran agama yang
dianutnya.
KI 2 : Memiliki perilaku jujur,
disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi
dengan keluarga, teman, dan guru.
KI 3 : Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati
[mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang
dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah dan di sekolah.
KI 4 : Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang
estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang
mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
Subtema
1: Hidup Rukun di Rumah
Mata
Pelajaran
|
Kompetensi
Dasar
|
Indikator
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
PPKn
|
1.1 Menerima
keberagaman karakteristik individu dalam kehidupan beragama sebagai anugerah
Tuhan Yang Maha Esa di lingkungan rumah dan sekolah.
2.1 Menunjukkan
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri
dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru sebagai perwuju dan nilai dan moral Pancasila.
3.3Memahami makna keberagaman karakteristik
individu di rumah dan di
sekolah.
4.3Berinteraksi dengan beragam teman di
lingkungan rumah dan
sekolah.
|
· Menyebutkan
keberagaman anggota keluarga berdasarkan jenis kelamin.
· Menceritakan
dengan anggota keluarga yang berbeda jenis kelamin.
· Menyebutkkan keberagaman
anggota keluarga
berdasarkan kegemaran/hobi.
· Menceritakan kebersamaan
keluarga dengan anggota keluarga yang berbeda
kegemaran/hobi.
· Menjelaskan keberagaman
· anggota keluarga berdasarkan sifat-sifat yang dimiliki.
· Menceritakan kerja sama dalam melak-sanakan kegiatan keluarga
yang berbeda sifat/ karakter.
|
Kegiatan pembelajaran sub tema 1 ini akan ditempuh dalam 1
minggu.
· Siswa diajak untuk meningkatkan
ketaqwaan kepada tuhan dengan cara berdoa sebelum dan sesudah pelajaran.
· Siswa diajarkan untuk memiliki
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri
dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru
· Siswa diajak untuk
mengenal pola irama dan alat musik ritmis.
· Secara
bersama-sama siswa menyanyikan sebuah lagu dengan iringan alat musik ritmis.
· Siswa diajak untuk
mengenal beberapa sebutan untuk kakak laki-laki dan perempuan.
· Siswa diajak untuk
membaca teks permintaan maaf. Selanjutnya siswa membuat kalimat permintaan
maaf.
· Secara
bersama-sama siswa belajar membaca bilangan 100. Kemudian belajar bilangan loncat.
· Secara
bersama-sama siswa diajak untuk melakukan gerakan nonlokomotor.
· Kemudian siswa
diajak untuk mengenal peran setiap anggota keluarga.
· Secara
bersama-sama siswa mengidentifikasi hidup rukun dan tidak rukun.
· Secara
bersama-sama siswa mengidentifikasi manfaat hidup rukun.
· Ditahap terakhir
siswa mengerjakan soal-soal selama pembelajaran satu sampai enam.
|
· Tes lisan
· Tes tertulis
· Unjuk kerja
· Tes prkatik
· Obser-vasi
|
6 6 x 35 menit
|
· Diri anak
· Lingkungan
· Media gambar
· Benda di sekitar siswa
· Model bangun datar dan bangun ruang
· Buku referensi yang relevan
|
Bahasa
Indonesia
|
1.1 Menerima anugerah
Tuhan Yang Maha Esa
berupa bahasa Indonesia
yang dikenal sebagai
bahasa persatuan dan
sarana belajar di tengah
keberagaman bahasa
daerah.
2.5 Memiliki
perilaku
santun dan jujur dalam
percakapan tentang
hidup rukun dalam
kemajemukan keluarga
melalui pemanfaatan
bahasa Indonesia dan/
atau bahasa daerah.
3.3
Mengenal teks buku
harian tentang kegiatan
anggota keluarga dan
dokumen milik keluarga
dengan bantuan guru
atau teman dalam
bahasa Indonesia lisan
dan tulis yang dapat diisi
dengan kosakata bahasa
daerah untuk membantu
pemahaman.
4.3
Mengungkapkan teks
buku harian tentang
kegiatan anggota
keluarga dan dokumen
milik keluarga secara
mandiri dalam bahasa
Indonesia lisan dan
tulis yang dapat diisi
dengan kosakata bahasa
daerah untuk membantu
penyajian.
3.5
Mengenal teks
permintaan maaf tentang
sikap hidup rukun dalam
kemajemukan keluarga
dan teman dalam bahasa
Indonesia lisan dan tulis
yang dapat diisi kosakata
bahasa daerah untuk
membantu pemahaman.
4.5
Menggunakan teks
permintaan maaf tentang
sikap hidup rukun daam
kemajemukan keluarga
dan teman secara mandiri
dalam bahasa Indonesia
lisan dan tulis yang dapat
diisi kosakata bahasa
daerah untuk membantu
penyajian.
|
·
Menentukan karakter setiap individu di
rumah.
·
Membedakan setiap
individu
di rumah berda-sarkan karakter yang dimiliki.
·
Mengidentifikasi contoh
sikap hidup rukun dan tidak rukun dalam kemajemukan keluarga.
·
Menulis
teks buku harian tentang kegiatan keluarga dengan EYD yang tepat.
·
Membaca
teks permintaan maaf untuk menjaga sikap hidup rukun dalam kemajemu-kan
keluarga.
·
Mengelompokkan
berbagai kegiatan berdasarkan peran masing-masing anggota
keluarga.
·
Mencatat
peran masing-masing anggota keluarga.
·
Membacakan
teks buku harian kegiatan keluarga yang telah ditulis.
·
Menyimpulkan
isi teks buku
harian yang telah ditulis.
·
Membedakan
contoh sikap
hidup rukun dan tidak rukun dalam kemajemukan
keluarga.
·
Menjelaskan
makna hidup
rukun dalam kemajemukan
keluarga.
·
Menjelaskan
akibat tidak hidup rukun dalam
kemajemukan keluarga.
·
Menemukan
peran permintaan maaf terhadap sikap hidup rukun dalam kemajemukan
keluarga.
|
||||
Matematika
|
1.1
Menerima dan
menjalankan ajaran
agama yang dianutnya.
2.1 Menunjukkan
sikap
cermat dan teliti, jujur,
tertib dan mengikuti
aturan, peduli, disiplin
waktu serta tidak mudah menyerah dalam
mengerjakan tugas.
3.1
Mengenal bilangan asli
sampai 500 dengan
menggunakan blok dienes
(kubus satuan).
4.1
Memprediksi pola-pola
bilangan sederhana
menggunakan bilangan-bilangan yang kurang dari
100.
|
·
Membilang
sampai 500 dengan menggunakan blok dienes (kubus satuan).
·
Menyebutkan
banyak benda denganmengguna-kan kubus satuan blok dienes (kubus satuan).
·
Menentukan
pola-pola bilangan sederhana menggunakan bilangan kurang dari 100.
·
Membuat
pola-pola bilangan sederhana dengan mengguna-kan bilangan kurang 100.
·
Membaca
lambang bilangan sampai 500.
·
Membilang
loncat.
|
||||
SBdP
|
1.1
Menikmati keindahan
alam dan karya seni
sebagai salah satu tanda-tanda.
kekuasaan Tuhan.
2.1
Menunjukkan rasa
percaya diri untuk berlatih
mengekspresikan diri
dalam mengolah karya
seni.
3.1
Mengenal bahan dan alat
serta tekniknya dalam
membuat karya seni rupa
3.2
Mengenal pola irama lagu
bertanda birama tiga, pola
bervariasi dan pola irama
rata dengan alat musik
ritmis.
4.3
Menggambar imajinatif
dengan memanfaatkan
beragam media
4.8
Memainkan pola irama
bervariasi lagu bertanda
birama tiga.
|
·
Mengidentifikasi
berbagai pola irama lagu dengan menggunakan alat musik ritmis.
·
Memainkan
pola irama bervariasi lagu bertanda birama tiga.
·
Menggambar
imajinatif dengan memanfaatkan
media di lingkung-an sekitar.
Menunjukkan pola irama lagu
bertanda birama tiga pada alat musik
ritmis.
·
Mengidentifikasi
bahan-bahan dalam membuat karya seni rupa.
·
Menggambar
imajinatif dengan memanfaatkan media di lingkungan sekitar.
·
Menunjukkan
pola irama bervariasi pada alat musik
ritmis.
·
Memainkan
pola irama bervariasi lagu bertanda birama tiga.
·
Menunjukkan
pola irama rata pada alat musik ritmis.
|
||||
PJOK
|
1.1
Menghargai tubuh dengan
seluruh perangkat gerak
dan kemampuannya
sebagai anugrah Tuhan.
2.1
Berperilaku sportif dalam
bermain.
3.2
Mengetahui konsep
gerak variasi pola gerak
dasar non-lokomotor
dalam berbagai bentuk
permainan sederhana
dan atau permainan
tradisional.
4.2
Mempraktikkan variasi
pola gerak dasar
non-lokomotor yang
dilandasi konsep gerak
dalam berbagai bentuk
permainan sederhana
dan atau permainan
tradisional.
3.6
Mengetahui konsep
penggunaan variasi pola
gerak dasar lokomotor
dan non-lokomotor sesuai
dengan irama (ketukan)
tanpa/dengan musik
dalam aktivitas gerak
ritmik.
4.6
Mempraktikkan
penggunaan variasi pola
gerak dasar lokomotor
dan non-lokomotor sesuai
dengan irama (ketukan)
tanpa/dengan musik
dalam aktivitas gerak
ritmik.
|
·
Mengidentifikasi
gerakan variasi pola gerak dasar non-lokomotor dalam bentuk permainan seder-hana.
·
Melakukan
gerakan variasi
pola gerak dasar nonlokomotor dalam bentuk permainan
sederhana.
|
………………………,
20…….
Mengetahui,
Kepala Sekolah Guru
Kelas / Guru Mata Pelajaran
………………………….. ……………………………
NIP. NIP.
SUBTEMA 1: Hidup Rukun di Rumah
Pemetaan Kompetensi Dasar 1 dan 2
Mata Pelajaran
|
Kompetensi Dasar
|
Bahasa Indonesia
|
1.1 Menerima
anugerah Tuhan Yang Maha Esa berupa bahasa Indonesia yang dikenal sebagai
bahasa persatuan dan sarana belajar di tengah keberagaman bahasa daerah.
2.5 Memiliki perilaku santun dan jujur dalam
percakapan tentang hidup rukun dalam kemajemukan keluarga melalui
pemanfaatan bahasa Indonesia dan/
atau bahasa daerah.
|
PPKn
|
1.2 Menerima
kebersamaan dalam keberagaman sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa di
lingkungan rumah dan sekolah.
2.1 Menunjukkan
perilaku toleransi, kasih sayang, jujur, disiplin, tanggung jawab, santun,
peduli, dan percaya diri dalam
berinteraksi
dengankeluarga, teman, dan guru
sebagai perwujudan moral Pancasila.
|
Matematika
|
1.1 Menerima dan
menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.1 Menunjukkan
sikap cermat dan teliti, jujur, tertib dan mengikuti aturan, peduli,
disiplin waktu serta tidak mudah menyerah dalam mengerjakan tugas.
|
SBdP
|
1.1 Menikmati
keindahan alam dan karya seni sebagai salah satu tandatanda kekuasaan Tuhan.
2.2 Menunjukkan
rasa ingin tahu untuk mengenal alam di lingkungan sekitar sebagai sumber ide
dalam berkarya seni.
|
PJOK
|
1.1. Menghargai
tubuh dengan seluruh perangkat gerak dan kemampuannya sebagai anugerah
Tuhan.
2.1 Berperilaku
sportif dalam bermain.
|
Pemetaan
Kompetensi Dasar 3 dan 4
Mata Pelajaran
|
Kompetensi Dasar
|
Bahasa Indonesia
|
3.3
Mengenal teks buku harian tentang kegiatan anggota keluarga dan dokumen
milik keluarga dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan
dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu
pemahaman.
4.3
Mengungkapkan teks buku harian tentang kegiatan anggota keluarga dan dokumen
milik keluarga secara mandiri dalam bahasa
Indonesia
lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk
membantu penyajian.
3.5
Mengenal teks permintaan maaf tentang sikap hidup rukun dalam kemajemukan
keluarga dan teman dalam bahasa
Indonesia
lisan dan tulis yang dapat diisi kosakata bahasa daerah untuk membantu
pemahaman.
4.5
Menggunakan teks permintaan maaf tentang sikap hidup rukun daam kemajemukan
keluarga dan teman secara mandiri
dalam
bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi kosakata bahasa daerah
untuk membantu penyajian.
|
PPKn
|
3.3
Memahami makna keberagaman karakteristik individu di rumah dan di sekolah.
4.3
Berinteraksi dengan beragam teman di lingkungan rumah dan sekolah.
|
Matematika
|
3.1
Mengenal bilangan asli sampai 500 dengan menggunakan blok dienes (kubus
satuan).
4.1
Memprediksi pola-pola bilangan sederhana menggunakan bilanganbilangan yang
kurang dari 100
|
SBdP
|
3.1
Mengenal bahan dan alat serta tekniknya dalam membuat karya seni rupa
3.2 Mengenal
pola irama lagu bertanda birama tiga, pola bervariasi dan pola irama rata
dengan alat musik ritmis.
4.3
Menggambar imajinatif dengan memanfaatkan beragam media
4.8
Memainkan pola irama bervariasi lagu bertanda birama tiga.
|
PJOK
|
3.2
Mengetahui konsep gerak variasi pola gerak dasar non-lokomotor dalam
berbagai bentuk permainan sederhana dan atau permainan tradisional.
4.2
Mempraktikkan variasi pola gerak dasar non-lokomotor yang dilandasi konsep
gerak dalam berbagai bentuk
permainan
sederhana dan atau permainan tradisional.
3.6
Mengetahui konsep penggunaan variasi pola gerak dasar lokomotor dan
non-lokomotor sesuai
dengan
irama (ketukan) tanpa/dengan musik dalam aktivitas gerak ritmik.
4.6
Mempraktikkan penggunaan variasi pola gerak dasar lokomotor dan
non-lokomotor sesuai dengan irama (ketukan)
tanpa/dengan
musik dalam aktivitas gerak ritmik.
|
PEMETAAN
INDIKATOR PEMBELAJARAN
Pembelajaran
1
Hidup Rukun di Rumah
Mata Pelajaran
|
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
PPKn
|
3.3 Memahami
makna keberagaman karakteristik individu di rumah dan di sekolah.
4.3
Berinteraksi dengan beragam teman di lingkungan rumah dan
sekolah.
|
·
Menyebutkan keberagaman
anggota keluarga
berdasarkan jenis kelamin.
·
Menceritakan kebersamaan
dengan anggota keluarga
yang berbeda jenis kelamin.
|
Bahasa Indonesia
|
3.3 Mengenal
teks buku harian tentang kegiatan anggota keluarga dan dokumen milik
keluarga dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan
tulis yang dapat diisi dengan kosakata
bahasa
daerah untuk membantu pemahaman.
4.3
Mengungkapkan teks buku harian tentang kegiatan anggota keluarga dan dokumen
milik keluarga secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang
dapat diisi dengan kosakata bahasa
daerah untuk
membantu penyajian.
3.5 Mengenal
teks permintaan maaf tentang sikap hidup rukun dalam kemajemukan keluarga
dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi kosakata
bahasa daerah untuk membantu
pemahaman.
4.5
Menggunakan teks permintaan maaf tentang sikap hidup rukun daam kemajemukan
keluarga dan teman secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis
yang dapat diisi kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian
|
·
Menentukan karakter setiap individu
di rumah.
·
Membedakan setiap invidu di rumah
berdasarkan karakter yang dimiliki.
·
Mengidentifikasi contoh sikap hidup rukun
dan tidak rukun dalam
kemajemukan
keluarga.
·
Menulis teks buku harian tentang kegiatan
keluarga dengan EYD yang
tepat.
·
Membaca teks permintaan maaf untuk
menjaga sikap hidup rukun
dalam kemajemukan
keluarga.
|
Matematika
|
3.1 Mengenal
bilangan asli sampai 500 dengan menggunakan blok dienes (kubus satuan).
4.1
Memprediksi pola-pola bilangan sederhana menggunakan bilangan-bilangan yang
kurang dari 100
|
·
Membilang sampai 500 dengan menggunakan
blok dienes kubus satuan).
·
Menyebutkan banyak benda dengan
menggunakan kubus satuan blok dienes (kubus satuan).
·
Menentukan pola-pola bilangan sederhana
menggunakan bilangan kurang dari 100.
·
Membuat pola-pola bilangan sederhana
dengan menggunakan bilangan kurang 100
|
SBdP
|
3.2 Mengenal
pola irama lagu bertanda birama tiga, pola bervariasi dan pola irama rata
dengan alat musik ritmis.
4.8 Memainkan pola irama bervariasi lagu bertanda birama
tiga.
|
·
Mengidentifikasi berbagai pola
irama lagu dengan
menggunakan alat musik
ritmis.
·
Memainkan pola irama bervariasi lagu
bertanda birama tiga.
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Sekolah : .......................................
Kelas/Semester : 1/1
Tema :
Hidup Rukun
Subtema :
1/Hidup Rukun di
Rumah
Pertemuan :
1 (pembelajaran 1)
Jumlah Pertemuan : 6 x 35 menit
A.
Kompetensi Inti
1.
Menerima dan menjalankan ajaran
agama yang dianutnya.
2.
Memiliki perilaku jujur,
disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi
dengan keluarga, teman, dan guru.
3.
Memahami pengetahuan faktual
dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan
rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan
benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.
4.
Menyajikan pengetahuan faktual
dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang
mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak
beriman dan berakhlak mulia.
B.
Kompetensi Dasar
PPKn
3
|
3.3
Memahami makna keberagaman karakteristik individu di rumah dan di sekolah.
4.3
Berinteraksi dengan beragam teman di lingkungan rumah dan sekolah.
|
Bahasa Indonesia
3.3
4.3
3.5
4.5
|
Mengenal teks buku harian tentang kegiatan anggota keluarga dan dokumen
milik keluarga dengan
bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat
diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman.
Mengungkapkan teks buku harian tentang kegiatan anggota keluarga dan
dokumen milik keluarga
secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi
dengan kosakata bahasa
daerah untuk membantu penyajian.
Mengenal teks permintaan maaf tentang sikap hidup rukun dalam kemajemukan
keluarga dan teman
dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi kosakata bahasa
daerah untuk membantu pemahaman.
Menggunakan teks permintaan maaf tentang sikap hidup rukun daam
kemajemukan keluarga dan teman secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan
dan tulis yang dapat diisi kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian.
|
Matematika
3.1
4.1
|
Mengenal
bilangan asli sampai 500 dengan menggunakan blok dienes (kubus satuan).
Memprediksi
pola-pola bilangan sederhana menggunakan bilanganbilangan yang kurang dari
100.
|
SBDP
3.2
4.8
|
Mengenal
pola irama lagu bertanda birama tiga, pola bervariasi dan pola irama rata
dengan alat musik ritmis.
Memainkan
pola irama bervariasi lagu bertanda birama tiga.
|
C.
Indikator
PPKN
·
Menyebutkan keberagaman
anggota keluarga berdasarkan jenis kelamin.
·
Menceritakan
kebersamaan dengan anggota keluarga yang berbeda jenis kelamin.
Bahasa Indonesia
·
Menentukan
karakter setiap individu di rumah.
·
Membedakan
setiap invidu di rumah berdasarkan karakter yang dimiliki.
·
Mengidentifikasi
contoh sikap hidup rukun dan tidak rukun dalam kemajemukan keluarga.
·
Menulis teks
buku harian tentang kegiatan keluarga dengan EYD yang tepat.
·
Membaca teks
permintaan maaf untuk menjaga sikap hidup rukun dalam kemajemukan keluarga.
Matematika
·
Membilang
sampai 500 dengan menggunakan blok dienes (kubus satuan).
·
Menyebutkan
banyak benda dengan menggunakan kubus satuan blok dienes (kubus satuan).
·
Menentukan
pola-pola bilangan sederhana menggunakan bilangan kurang dari 100.
·
Membuat
pola-pola bilangan sederhana dengan menggunakan bilangan kurang 100
SBDP
·
Mengidentifikasi
berbagai pola irama lagu dengan menggunakan alat musik ritmis.
·
Memainkan
pola irama bervariasi lagu bertanda birama tiga.
D.
Tujuan Pembelajaran
1.
Siswa dapat
menyanyikan lagu “Ruri Abangku” dan mengidentifikasi berbagai pola irama lagu
dengan menggunakan alat musik ritmis secara teliti.
2.
Siswa dapat
menggunakan alat musik ritmis dan memainkan pola irama bervariasi lagu bertanda
birama tiga dengan percaya diri.
3.
Siswa dapat
menjawab pertanyaan tentang sebutan kakak laki-laki dan perempuan dan menentukan
karakter setiap individu di rumah dengan teliti.
4.
Siswa dapat kegiatan
tanya jawab dan t membedakan setiap individu di rumah berdasarkan karakter yang
dimiliki dengan teliti.
5.
Siswa dapat
teks buku harian dan membaca teks permintaan maaf untuk menjaga sikap hidup
dalam kemajemukan keluarga dengan teliti.
6.
Siswa dapat
menjawab pertanyaan dari teks permintaan maaf dan mengidentifikasi contoh sikap
hidup rukun dan tidak rukun dalam kemajemukan keluarga dengan teliti.
7.
Siswa dapat
bimbingan guru, dan memperagakan contoh ucapan permohonan maaf dengan santun
dan percaya diri.
8.
Siswa dapat
menggunakan kubus satuan dan membilang sampai 500 dengan teliti.
9.
Siswa dapat
menggunakan kubus satuan dan menyebutkan banyak benda dengan teliti.
10.
Siswa dapat
mengamati deret bilangan dan menentukan pola-pola bilangan sederhana
menggunakan
bilangan
kurang dari 100 dengan teliti.
11.
Siswa dapat
mengamati deret bilangan dan membuat pola-pola bilangan sederhana dengan
menggunakan bilangan kurang 100 dengan teliti.
12.
Siswa dapat
mengamati contoh teks buku harian dan bimbingan guru dan menulis teks buku
harian tentang kegiatan keluarga dengan EYD yang tepat secara teliti.
13.
Siswa dapat
kegiatan menulis teks buku harian dan menyebutkan keberagaman anggota keluarga
berdasarkan jenis kelamin dengan percaya diri.
14.
Siswa dapat
kegiatan menulis teks buku harian dan menceritakan kebersamaan dengan anggota
keluarga yang berbeda jenis kelamin dengan bahasa yang santun dan percaya diri.
A.
Materi Ajar
1.
Menjawab pertanyaan dari teks buku harian
2.
Membilang dengan menggunakan blok dienes
3.
Melengkapi barisan bilangan +1
4.
Menyanyi dengan memainkan alat musik
ritmis
5.
Memperagakan ucapan permohonan maaf
6.
Menulis teks buku harian
B.
Alokasi Waktu
6 x 35 menit
C.
Pendekatan/Metode/Strategi
Pendekatan : Scientifik
Metode / Strategi : Mengamati, menalar, mencoba, menanya, dan
mengomunikasikan
D.
Nilai karakter yang
dikembangkan
Percaya
diri, disiplin, dan bekerja sama.
E.
Kegiatan
Pembelajaran
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
a.
Guru memberikan salam dan mengajak
berdoa.
b.
Mengecek kehadiran siswa.
c.
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran
pada pertemuan saat ini.
|
|
Inti
|
·
Pada awal pelajaran, guru memperkenalkan
diri kepada siswa.Hal ini bertujuan untuk memotivasi siswa agar memiliki rasa
percaya diri.
·
Guru mengajak siswa untuk mengamati
gambar. Kemudian siswa membuat pertanyaan berdasarkan gambar.
·
Guru memperkenalkan alat musik ritmis
kepada siswa (mengamati).
·
Siswa memperhatikan guru menyanyikan
lagu sesuai ketukan dengan menggunakan alat musik ritmis (mengamati).
·
Guru membimbing siswa untuk memainkan
alat musik ritmis (mengamati).
·
Siswa menyanyikan lagu secara
bersama-sama dengan percaya diri (mencoba).
·
Siswa mengidentifikasi pola irama pada
lagu yang dinyanyikan menggunakan alat musik ritmis (menalar).
·
Selanjutnya siswa dan guru melakukan
tanya jawab sebutan kakak laki-laki dan perempuan di daerah setempat
(menanya).
·
Siswa menyebutkan sebutan kakak
laki-laki dan perempuan yang ada di keluarga (mengkomunikasikan).
·
Siswa membaca teks buku harian
(mengamati).
·
Siswa menjawab pertanyaan dari teks buku
harian (menalar).
·
Siswa diajak
mengamati satuan kubus (mengamati).
·
Siswa
menghitung jumlah satuan kubus (menalar).
·
Siswa membilang
banyak benda berdasarkan gambar kubus satuan pada buku siswa (menalar).
·
Dari kegiatan membilang yang telah dilakukan, siswa menyebutkan banyak
benda berdasarkan gambar yang diamati (mengomunikasikan).
·
Siswa
membuat kalimat dengan menggunakan salah satu lambang bilangan dari lima
bilangan pada kegiatan membilang yang telah dilakukan sebelumnya (menalar).
·
Siswa
melengkapi barisan bilangan berpola +1 (menalar).
·
Siswa
menulis teks buku harian tentang kegiatan bersama anggota keluarga dengan
menggunakan EYD yang tepat (mencoba).
|
|
Penutup
|
·
Peserta didik dengan bimbingan guru
menyimpulkan hasil pembelajaran pada pertemuan itu.
·
Guru memberikan kesempatan kepada
peserta didik untuk menyampaikan pendapat yang berhubungan dengan
pembelajaran yang diikuti.
·
Salam dan doa penutup.
|
F.
Alat dan Sumber
Bahan
1.
Buku tema 1 “Hidup Rukun”
2.
Berbagai bentuk benda
3.
Lembar kegiatan siswa
4.
Lembar evaluasi
G.
Penilaian
1.
Bentuk penilaian
· Tes tertulis
· Penilaian praktek
· Penilaian sikap (observasi)
2.
Rubik penilaian
· Tes tertulis
Penilaian dilakukan
dengan cara menghitung jumlah jawaban benar dari soal yang tersedia.
· Rubrik menyanyi dengan
memainkan alat musik ritmis
No
|
Kriteria
|
Baik sekali
4
|
Baik
3
|
Cukup
2
|
Perlu Bimbingan
1
|
1
|
Penguasaan lagu.
|
Konsisten menyanyi
dengan nada
yang
tepat
tanpa bimbingan guru.
|
Terkadang
kurang konsisten
menyanyi dengan
nada yang tepat tanpa
bimbingan guru.
|
Terkadang
kurang konsisten
menyanyi dengan
nada yang tepat
walaupun telah
dibimbing guru.
|
Menyanyi dengan
nada yang tidak tepat walaupun telah dibimbing guru.
|
2
|
Kemampuan
memainkan
alat musik ritmis.
|
Mampu mengembangkan
Ritmis dari
pola yang disajikan.
|
Hanya
mampu
memainkan
ritmis
dari pola
yang
disajikan,
tapi tidak
mampu untukmengem-bangkan.
|
Mengalami
Kesulitan dalam
meniru ritmis yang
disajikan.
|
Tidak
mampu
sama
sekali
meniru
ritmis
yang disajikan.
|
· Rubrik memperagakan
ucapan permohonan maaf
No
|
Kriteria
|
Baik sekali
4
|
Baik
3
|
Cukup
2
|
Perlu Bimbingan
1
|
1
|
Ekpresi.
|
Mimik
wajah dan gerak tubuh sesuai dengan
dialog
secara
konsisten.
|
Mimik
wajah dan gerak tubuh sesuai
dengan
dialog namun kurang
konsisten.
|
Mimik
wajah dan gerak tubuh tidak
sesuai
dengan
dialog.
|
Monoton,
tanpa
ekspresi
|
2
|
Lafal.
|
Dialog dilafalkan
dengan
tepat dan jelas.
|
Ada 1-2
kata yang kurang tepat pelafalannya.
|
Lebih dari
2 kata
belum
tepat
pelafalannya
|
Hampir semua
kata belum tepat
pelafalannya.
|
3
|
Intonasi.
|
Intonasi sesuai
dengan dialog secara konsisten.
|
Intonasi
sesuai dengan dialog
namun
kurang
konsisten.
|
Intonasi
tidak
sesuai
dengan
dialog.
|
Tanpa
intonasi.
|
4
|
Volume Suara.
|
Volume
suara
keras dan jelas.
|
Volume
suara jelas.
|
Volume
suara
kurang
jelas.
|
Suara
sangat
pelan dan
tidak
jelas.
|
·
Rubrik menulis teks buku harian
No
|
Kriteria
|
Baik sekali
4
|
Baik
3
|
Cukup
2
|
Perlu Bimbingan
1
|
1
|
Penggunaan
huruf besar,
dan tanda baca.
|
Menggunakan
huruf
besar di
awal
kalimat
dan nama
orang,
serta
menggunakan
tanda
titik di
akhir kalimat.
|
Terdapat
1-2
Kesalahan dalam
Penggunaan
huruf besar dan tanda
titik.
|
Terdapat
lebih dari
2
kesalahan
dalam penggunaan
huruf
besar dan tanda titik.
|
Tidak satu
pun
kalimat
yang
menggunakan
huruf
besar dan tanda titik.
|
2
|
Kesesuaian
isi teks yang
ditulis
dengan tema buku
harian.
|
Seluruh
isi teks
yang
ditulis
sesuai
judul
atau tema.
|
Setengah
atau
lebih isi
teks sesuai judul atau tema.
|
Kurang
dari
setengah
isi
teks
sesuai judul atau tema.
|
Semua isi
teks
belum sesuai.
|
3
|
Penulisan.
|
Penulisan
kata
sudah
tepat.
|
Terdapat
1-2
kata yang belum
tepat penulisannya.
|
Terdapat lebih
dari 2 kata yang
belum
tepat
penulisannya.
|
Semua kata
belum tepat dalam
Penulisan.
|
4
|
Penggunaan
kalimat yang
efektif.
|
Semua
kalimat
menggunakan
kalimat
yang
efektif.
|
Terdapat 1-2
kalimat
Menggunakan
kalimat yang
kurang
efektif.
|
Terdapat
lebih
dari 2
kalimat
menggunakan
kalimat
yang
kurang
efektif.
|
Semua
kalimat
menggunakan
kalimat
yang
belum
efektif.
|
· Penilaian sikap
(observasi)
Sikap yang dianamati
adalah percaya diri, disiplin, dan kerja sama
...................,. 20 ...
Mengetahui,
Kepala
Sekolah Guru
.........................................
............................... SILABUS
Kelas 2 (Tema 1 : Hidup Rukun)
Kompetensi Inti
KI 1 : Menerima dan menjalankan ajaran agama yang
dianutnya.
KI 2 : Memiliki perilaku jujur,
disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi
dengan keluarga, teman, dan guru.
KI 3 : Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati
[mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang
dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah dan di sekolah.
KI 4 : Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang
estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang
mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
Subtema
1: Hidup Rukun di Rumah
Mata
Pelajaran
|
Kompetensi
Dasar
|
Indikator
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
PPKn
|
1.1 Menerima
keberagaman karakteristik individu dalam kehidupan beragama sebagai anugerah
Tuhan Yang Maha Esa di lingkungan rumah dan sekolah.
2.1 Menunjukkan
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri
dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru sebagai perwuju dan nilai dan moral Pancasila.
3.3Memahami makna keberagaman karakteristik
individu di rumah dan di
sekolah.
4.3Berinteraksi dengan beragam teman di
lingkungan rumah dan
sekolah.
|
· Menyebutkan
keberagaman anggota keluarga berdasarkan jenis kelamin.
· Menceritakan
dengan anggota keluarga yang berbeda jenis kelamin.
· Menyebutkkan keberagaman
anggota keluarga
berdasarkan kegemaran/hobi.
· Menceritakan kebersamaan
keluarga dengan anggota keluarga yang berbeda
kegemaran/hobi.
· Menjelaskan keberagaman
· anggota keluarga berdasarkan sifat-sifat yang dimiliki.
· Menceritakan kerja sama dalam melak-sanakan kegiatan keluarga
yang berbeda sifat/ karakter.
|
Kegiatan pembelajaran sub tema 1 ini akan ditempuh dalam 1
minggu.
· Siswa diajak untuk meningkatkan
ketaqwaan kepada tuhan dengan cara berdoa sebelum dan sesudah pelajaran.
· Siswa diajarkan untuk memiliki
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri
dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru
· Siswa diajak untuk
mengenal pola irama dan alat musik ritmis.
· Secara
bersama-sama siswa menyanyikan sebuah lagu dengan iringan alat musik ritmis.
· Siswa diajak untuk
mengenal beberapa sebutan untuk kakak laki-laki dan perempuan.
· Siswa diajak untuk
membaca teks permintaan maaf. Selanjutnya siswa membuat kalimat permintaan
maaf.
· Secara
bersama-sama siswa belajar membaca bilangan 100. Kemudian belajar bilangan loncat.
· Secara
bersama-sama siswa diajak untuk melakukan gerakan nonlokomotor.
· Kemudian siswa
diajak untuk mengenal peran setiap anggota keluarga.
· Secara
bersama-sama siswa mengidentifikasi hidup rukun dan tidak rukun.
· Secara
bersama-sama siswa mengidentifikasi manfaat hidup rukun.
· Ditahap terakhir
siswa mengerjakan soal-soal selama pembelajaran satu sampai enam.
|
· Tes lisan
· Tes tertulis
· Unjuk kerja
· Tes prkatik
· Obser-vasi
|
6 6 x 35 menit
|
· Diri anak
· Lingkungan
· Media gambar
· Benda di sekitar siswa
· Model bangun datar dan bangun ruang
· Buku referensi yang relevan
|
Bahasa
Indonesia
|
1.1 Menerima anugerah
Tuhan Yang Maha Esa
berupa bahasa Indonesia
yang dikenal sebagai
bahasa persatuan dan
sarana belajar di tengah
keberagaman bahasa
daerah.
2.5 Memiliki
perilaku
santun dan jujur dalam
percakapan tentang
hidup rukun dalam
kemajemukan keluarga
melalui pemanfaatan
bahasa Indonesia dan/
atau bahasa daerah.
3.3
Mengenal teks buku
harian tentang kegiatan
anggota keluarga dan
dokumen milik keluarga
dengan bantuan guru
atau teman dalam
bahasa Indonesia lisan
dan tulis yang dapat diisi
dengan kosakata bahasa
daerah untuk membantu
pemahaman.
4.3
Mengungkapkan teks
buku harian tentang
kegiatan anggota
keluarga dan dokumen
milik keluarga secara
mandiri dalam bahasa
Indonesia lisan dan
tulis yang dapat diisi
dengan kosakata bahasa
daerah untuk membantu
penyajian.
3.5
Mengenal teks
permintaan maaf tentang
sikap hidup rukun dalam
kemajemukan keluarga
dan teman dalam bahasa
Indonesia lisan dan tulis
yang dapat diisi kosakata
bahasa daerah untuk
membantu pemahaman.
4.5
Menggunakan teks
permintaan maaf tentang
sikap hidup rukun daam
kemajemukan keluarga
dan teman secara mandiri
dalam bahasa Indonesia
lisan dan tulis yang dapat
diisi kosakata bahasa
daerah untuk membantu
penyajian.
|
·
Menentukan karakter setiap individu di
rumah.
·
Membedakan setiap
individu
di rumah berda-sarkan karakter yang dimiliki.
·
Mengidentifikasi contoh
sikap hidup rukun dan tidak rukun dalam kemajemukan keluarga.
·
Menulis
teks buku harian tentang kegiatan keluarga dengan EYD yang tepat.
·
Membaca
teks permintaan maaf untuk menjaga sikap hidup rukun dalam kemajemu-kan
keluarga.
·
Mengelompokkan
berbagai kegiatan berdasarkan peran masing-masing anggota
keluarga.
·
Mencatat
peran masing-masing anggota keluarga.
·
Membacakan
teks buku harian kegiatan keluarga yang telah ditulis.
·
Menyimpulkan
isi teks buku
harian yang telah ditulis.
·
Membedakan
contoh sikap
hidup rukun dan tidak rukun dalam kemajemukan
keluarga.
·
Menjelaskan
makna hidup
rukun dalam kemajemukan
keluarga.
·
Menjelaskan
akibat tidak hidup rukun dalam
kemajemukan keluarga.
·
Menemukan
peran permintaan maaf terhadap sikap hidup rukun dalam kemajemukan
keluarga.
|
||||
Matematika
|
1.1
Menerima dan
menjalankan ajaran
agama yang dianutnya.
2.1 Menunjukkan
sikap
cermat dan teliti, jujur,
tertib dan mengikuti
aturan, peduli, disiplin
waktu serta tidak mudah menyerah dalam
mengerjakan tugas.
3.1
Mengenal bilangan asli
sampai 500 dengan
menggunakan blok dienes
(kubus satuan).
4.1
Memprediksi pola-pola
bilangan sederhana
menggunakan bilangan-bilangan yang kurang dari
100.
|
·
Membilang
sampai 500 dengan menggunakan blok dienes (kubus satuan).
·
Menyebutkan
banyak benda denganmengguna-kan kubus satuan blok dienes (kubus satuan).
·
Menentukan
pola-pola bilangan sederhana menggunakan bilangan kurang dari 100.
·
Membuat
pola-pola bilangan sederhana dengan mengguna-kan bilangan kurang 100.
·
Membaca
lambang bilangan sampai 500.
·
Membilang
loncat.
|
||||
SBdP
|
1.1
Menikmati keindahan
alam dan karya seni
sebagai salah satu tanda-tanda.
kekuasaan Tuhan.
2.1
Menunjukkan rasa
percaya diri untuk berlatih
mengekspresikan diri
dalam mengolah karya
seni.
3.1
Mengenal bahan dan alat
serta tekniknya dalam
membuat karya seni rupa
3.2
Mengenal pola irama lagu
bertanda birama tiga, pola
bervariasi dan pola irama
rata dengan alat musik
ritmis.
4.3
Menggambar imajinatif
dengan memanfaatkan
beragam media
4.8
Memainkan pola irama
bervariasi lagu bertanda
birama tiga.
|
·
Mengidentifikasi
berbagai pola irama lagu dengan menggunakan alat musik ritmis.
·
Memainkan
pola irama bervariasi lagu bertanda birama tiga.
·
Menggambar
imajinatif dengan memanfaatkan
media di lingkung-an sekitar.
Menunjukkan pola irama lagu
bertanda birama tiga pada alat musik
ritmis.
·
Mengidentifikasi
bahan-bahan dalam membuat karya seni rupa.
·
Menggambar
imajinatif dengan memanfaatkan media di lingkungan sekitar.
·
Menunjukkan
pola irama bervariasi pada alat musik
ritmis.
·
Memainkan
pola irama bervariasi lagu bertanda birama tiga.
·
Menunjukkan
pola irama rata pada alat musik ritmis.
|
||||
PJOK
|
1.1
Menghargai tubuh dengan
seluruh perangkat gerak
dan kemampuannya
sebagai anugrah Tuhan.
2.1
Berperilaku sportif dalam
bermain.
3.2
Mengetahui konsep
gerak variasi pola gerak
dasar non-lokomotor
dalam berbagai bentuk
permainan sederhana
dan atau permainan
tradisional.
4.2
Mempraktikkan variasi
pola gerak dasar
non-lokomotor yang
dilandasi konsep gerak
dalam berbagai bentuk
permainan sederhana
dan atau permainan
tradisional.
3.6
Mengetahui konsep
penggunaan variasi pola
gerak dasar lokomotor
dan non-lokomotor sesuai
dengan irama (ketukan)
tanpa/dengan musik
dalam aktivitas gerak
ritmik.
4.6
Mempraktikkan
penggunaan variasi pola
gerak dasar lokomotor
dan non-lokomotor sesuai
dengan irama (ketukan)
tanpa/dengan musik
dalam aktivitas gerak
ritmik.
|
·
Mengidentifikasi
gerakan variasi pola gerak dasar non-lokomotor dalam bentuk permainan seder-hana.
·
Melakukan
gerakan variasi
pola gerak dasar nonlokomotor dalam bentuk permainan
sederhana.
|
………………………,
20…….
Mengetahui,
Kepala Sekolah Guru
Kelas / Guru Mata Pelajaran
………………………….. ……………………………
NIP. NIP.
SUBTEMA 1: Hidup Rukun di Rumah
Pemetaan Kompetensi Dasar 1 dan 2
Mata Pelajaran
|
Kompetensi Dasar
|
Bahasa Indonesia
|
1.1 Menerima
anugerah Tuhan Yang Maha Esa berupa bahasa Indonesia yang dikenal sebagai
bahasa persatuan dan sarana belajar di tengah keberagaman bahasa daerah.
2.5 Memiliki perilaku santun dan jujur dalam
percakapan tentang hidup rukun dalam kemajemukan keluarga melalui
pemanfaatan bahasa Indonesia dan/
atau bahasa daerah.
|
PPKn
|
1.2 Menerima
kebersamaan dalam keberagaman sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa di
lingkungan rumah dan sekolah.
2.1 Menunjukkan
perilaku toleransi, kasih sayang, jujur, disiplin, tanggung jawab, santun,
peduli, dan percaya diri dalam
berinteraksi
dengankeluarga, teman, dan guru
sebagai perwujudan moral Pancasila.
|
Matematika
|
1.1 Menerima dan
menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.1 Menunjukkan
sikap cermat dan teliti, jujur, tertib dan mengikuti aturan, peduli,
disiplin waktu serta tidak mudah menyerah dalam mengerjakan tugas.
|
SBdP
|
1.1 Menikmati
keindahan alam dan karya seni sebagai salah satu tandatanda kekuasaan Tuhan.
2.2 Menunjukkan
rasa ingin tahu untuk mengenal alam di lingkungan sekitar sebagai sumber ide
dalam berkarya seni.
|
PJOK
|
1.1. Menghargai
tubuh dengan seluruh perangkat gerak dan kemampuannya sebagai anugerah
Tuhan.
2.1 Berperilaku
sportif dalam bermain.
|
Pemetaan
Kompetensi Dasar 3 dan 4
Mata Pelajaran
|
Kompetensi Dasar
|
Bahasa Indonesia
|
3.3
Mengenal teks buku harian tentang kegiatan anggota keluarga dan dokumen
milik keluarga dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan
dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu
pemahaman.
4.3
Mengungkapkan teks buku harian tentang kegiatan anggota keluarga dan dokumen
milik keluarga secara mandiri dalam bahasa
Indonesia
lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk
membantu penyajian.
3.5
Mengenal teks permintaan maaf tentang sikap hidup rukun dalam kemajemukan
keluarga dan teman dalam bahasa
Indonesia
lisan dan tulis yang dapat diisi kosakata bahasa daerah untuk membantu
pemahaman.
4.5
Menggunakan teks permintaan maaf tentang sikap hidup rukun daam kemajemukan
keluarga dan teman secara mandiri
dalam
bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi kosakata bahasa daerah
untuk membantu penyajian.
|
PPKn
|
3.3
Memahami makna keberagaman karakteristik individu di rumah dan di sekolah.
4.3
Berinteraksi dengan beragam teman di lingkungan rumah dan sekolah.
|
Matematika
|
3.1
Mengenal bilangan asli sampai 500 dengan menggunakan blok dienes (kubus
satuan).
4.1
Memprediksi pola-pola bilangan sederhana menggunakan bilanganbilangan yang
kurang dari 100
|
SBdP
|
3.1
Mengenal bahan dan alat serta tekniknya dalam membuat karya seni rupa
3.2 Mengenal
pola irama lagu bertanda birama tiga, pola bervariasi dan pola irama rata
dengan alat musik ritmis.
4.3
Menggambar imajinatif dengan memanfaatkan beragam media
4.8
Memainkan pola irama bervariasi lagu bertanda birama tiga.
|
PJOK
|
3.2
Mengetahui konsep gerak variasi pola gerak dasar non-lokomotor dalam
berbagai bentuk permainan sederhana dan atau permainan tradisional.
4.2
Mempraktikkan variasi pola gerak dasar non-lokomotor yang dilandasi konsep
gerak dalam berbagai bentuk
permainan
sederhana dan atau permainan tradisional.
3.6
Mengetahui konsep penggunaan variasi pola gerak dasar lokomotor dan
non-lokomotor sesuai
dengan
irama (ketukan) tanpa/dengan musik dalam aktivitas gerak ritmik.
4.6
Mempraktikkan penggunaan variasi pola gerak dasar lokomotor dan
non-lokomotor sesuai dengan irama (ketukan)
tanpa/dengan
musik dalam aktivitas gerak ritmik.
|
PEMETAAN
INDIKATOR PEMBELAJARAN
Pembelajaran
1
Hidup Rukun di Rumah
Mata Pelajaran
|
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
PPKn
|
3.3 Memahami
makna keberagaman karakteristik individu di rumah dan di sekolah.
4.3
Berinteraksi dengan beragam teman di lingkungan rumah dan
sekolah.
|
·
Menyebutkan keberagaman
anggota keluarga
berdasarkan jenis kelamin.
·
Menceritakan kebersamaan
dengan anggota keluarga
yang berbeda jenis kelamin.
|
Bahasa Indonesia
|
3.3 Mengenal
teks buku harian tentang kegiatan anggota keluarga dan dokumen milik
keluarga dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan
tulis yang dapat diisi dengan kosakata
bahasa
daerah untuk membantu pemahaman.
4.3
Mengungkapkan teks buku harian tentang kegiatan anggota keluarga dan dokumen
milik keluarga secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang
dapat diisi dengan kosakata bahasa
daerah untuk
membantu penyajian.
3.5 Mengenal
teks permintaan maaf tentang sikap hidup rukun dalam kemajemukan keluarga
dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi kosakata
bahasa daerah untuk membantu
pemahaman.
4.5
Menggunakan teks permintaan maaf tentang sikap hidup rukun daam kemajemukan
keluarga dan teman secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis
yang dapat diisi kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian
|
·
Menentukan karakter setiap individu
di rumah.
·
Membedakan setiap invidu di rumah
berdasarkan karakter yang dimiliki.
·
Mengidentifikasi contoh sikap hidup rukun
dan tidak rukun dalam
kemajemukan
keluarga.
·
Menulis teks buku harian tentang kegiatan
keluarga dengan EYD yang
tepat.
·
Membaca teks permintaan maaf untuk
menjaga sikap hidup rukun
dalam kemajemukan
keluarga.
|
Matematika
|
3.1 Mengenal
bilangan asli sampai 500 dengan menggunakan blok dienes (kubus satuan).
4.1
Memprediksi pola-pola bilangan sederhana menggunakan bilangan-bilangan yang
kurang dari 100
|
·
Membilang sampai 500 dengan menggunakan
blok dienes kubus satuan).
·
Menyebutkan banyak benda dengan
menggunakan kubus satuan blok dienes (kubus satuan).
·
Menentukan pola-pola bilangan sederhana
menggunakan bilangan kurang dari 100.
·
Membuat pola-pola bilangan sederhana
dengan menggunakan bilangan kurang 100
|
SBdP
|
3.2 Mengenal
pola irama lagu bertanda birama tiga, pola bervariasi dan pola irama rata
dengan alat musik ritmis.
4.8 Memainkan pola irama bervariasi lagu bertanda birama
tiga.
|
·
Mengidentifikasi berbagai pola
irama lagu dengan
menggunakan alat musik
ritmis.
·
Memainkan pola irama bervariasi lagu
bertanda birama tiga.
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Sekolah : .......................................
Kelas/Semester : 1/1
Tema :
Hidup Rukun
Subtema :
1/Hidup Rukun di
Rumah
Pertemuan :
1 (pembelajaran 1)
Jumlah Pertemuan : 6 x 35 menit
A.
Kompetensi Inti
1.
Menerima dan menjalankan ajaran
agama yang dianutnya.
2.
Memiliki perilaku jujur,
disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi
dengan keluarga, teman, dan guru.
3.
Memahami pengetahuan faktual
dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan
rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan
benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.
4.
Menyajikan pengetahuan faktual
dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang
mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak
beriman dan berakhlak mulia.
B.
Kompetensi Dasar
PPKn
3
|
3.3
Memahami makna keberagaman karakteristik individu di rumah dan di sekolah.
4.3
Berinteraksi dengan beragam teman di lingkungan rumah dan sekolah.
|
Bahasa Indonesia
3.3
4.3
3.5
4.5
|
Mengenal teks buku harian tentang kegiatan anggota keluarga dan dokumen
milik keluarga dengan
bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat
diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman.
Mengungkapkan teks buku harian tentang kegiatan anggota keluarga dan
dokumen milik keluarga
secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi
dengan kosakata bahasa
daerah untuk membantu penyajian.
Mengenal teks permintaan maaf tentang sikap hidup rukun dalam kemajemukan
keluarga dan teman
dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi kosakata bahasa
daerah untuk membantu pemahaman.
Menggunakan teks permintaan maaf tentang sikap hidup rukun daam
kemajemukan keluarga dan teman secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan
dan tulis yang dapat diisi kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian.
|
Matematika
3.1
4.1
|
Mengenal
bilangan asli sampai 500 dengan menggunakan blok dienes (kubus satuan).
Memprediksi
pola-pola bilangan sederhana menggunakan bilanganbilangan yang kurang dari
100.
|
SBDP
3.2
4.8
|
Mengenal
pola irama lagu bertanda birama tiga, pola bervariasi dan pola irama rata
dengan alat musik ritmis.
Memainkan
pola irama bervariasi lagu bertanda birama tiga.
|
C.
Indikator
PPKN
·
Menyebutkan keberagaman
anggota keluarga berdasarkan jenis kelamin.
·
Menceritakan
kebersamaan dengan anggota keluarga yang berbeda jenis kelamin.
Bahasa Indonesia
·
Menentukan
karakter setiap individu di rumah.
·
Membedakan
setiap invidu di rumah berdasarkan karakter yang dimiliki.
·
Mengidentifikasi
contoh sikap hidup rukun dan tidak rukun dalam kemajemukan keluarga.
·
Menulis teks
buku harian tentang kegiatan keluarga dengan EYD yang tepat.
·
Membaca teks
permintaan maaf untuk menjaga sikap hidup rukun dalam kemajemukan keluarga.
Matematika
·
Membilang
sampai 500 dengan menggunakan blok dienes (kubus satuan).
·
Menyebutkan
banyak benda dengan menggunakan kubus satuan blok dienes (kubus satuan).
·
Menentukan
pola-pola bilangan sederhana menggunakan bilangan kurang dari 100.
·
Membuat
pola-pola bilangan sederhana dengan menggunakan bilangan kurang 100
SBDP
·
Mengidentifikasi
berbagai pola irama lagu dengan menggunakan alat musik ritmis.
·
Memainkan
pola irama bervariasi lagu bertanda birama tiga.
D.
Tujuan Pembelajaran
1.
Siswa dapat
menyanyikan lagu “Ruri Abangku” dan mengidentifikasi berbagai pola irama lagu
dengan menggunakan alat musik ritmis secara teliti.
2.
Siswa dapat
menggunakan alat musik ritmis dan memainkan pola irama bervariasi lagu bertanda
birama tiga dengan percaya diri.
3.
Siswa dapat
menjawab pertanyaan tentang sebutan kakak laki-laki dan perempuan dan menentukan
karakter setiap individu di rumah dengan teliti.
4.
Siswa dapat kegiatan
tanya jawab dan t membedakan setiap individu di rumah berdasarkan karakter yang
dimiliki dengan teliti.
5.
Siswa dapat
teks buku harian dan membaca teks permintaan maaf untuk menjaga sikap hidup
dalam kemajemukan keluarga dengan teliti.
6.
Siswa dapat
menjawab pertanyaan dari teks permintaan maaf dan mengidentifikasi contoh sikap
hidup rukun dan tidak rukun dalam kemajemukan keluarga dengan teliti.
7.
Siswa dapat
bimbingan guru, dan memperagakan contoh ucapan permohonan maaf dengan santun
dan percaya diri.
8.
Siswa dapat
menggunakan kubus satuan dan membilang sampai 500 dengan teliti.
9.
Siswa dapat
menggunakan kubus satuan dan menyebutkan banyak benda dengan teliti.
10.
Siswa dapat
mengamati deret bilangan dan menentukan pola-pola bilangan sederhana
menggunakan
bilangan
kurang dari 100 dengan teliti.
11.
Siswa dapat
mengamati deret bilangan dan membuat pola-pola bilangan sederhana dengan
menggunakan bilangan kurang 100 dengan teliti.
12.
Siswa dapat
mengamati contoh teks buku harian dan bimbingan guru dan menulis teks buku
harian tentang kegiatan keluarga dengan EYD yang tepat secara teliti.
13.
Siswa dapat
kegiatan menulis teks buku harian dan menyebutkan keberagaman anggota keluarga
berdasarkan jenis kelamin dengan percaya diri.
14.
Siswa dapat
kegiatan menulis teks buku harian dan menceritakan kebersamaan dengan anggota
keluarga yang berbeda jenis kelamin dengan bahasa yang santun dan percaya diri.
A.
Materi Ajar
1.
Menjawab pertanyaan dari teks buku harian
2.
Membilang dengan menggunakan blok dienes
3.
Melengkapi barisan bilangan +1
4.
Menyanyi dengan memainkan alat musik
ritmis
5.
Memperagakan ucapan permohonan maaf
6.
Menulis teks buku harian
B.
Alokasi Waktu
6 x 35 menit
C.
Pendekatan/Metode/Strategi
Pendekatan : Scientifik
Metode / Strategi : Mengamati, menalar, mencoba, menanya, dan
mengomunikasikan
D.
Nilai karakter yang
dikembangkan
Percaya
diri, disiplin, dan bekerja sama.
E.
Kegiatan
Pembelajaran
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
a.
Guru memberikan salam dan mengajak
berdoa.
b.
Mengecek kehadiran siswa.
c.
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran
pada pertemuan saat ini.
|
|
Inti
|
·
Pada awal pelajaran, guru memperkenalkan
diri kepada siswa.Hal ini bertujuan untuk memotivasi siswa agar memiliki rasa
percaya diri.
·
Guru mengajak siswa untuk mengamati
gambar. Kemudian siswa membuat pertanyaan berdasarkan gambar.
·
Guru memperkenalkan alat musik ritmis
kepada siswa (mengamati).
·
Siswa memperhatikan guru menyanyikan
lagu sesuai ketukan dengan menggunakan alat musik ritmis (mengamati).
·
Guru membimbing siswa untuk memainkan
alat musik ritmis (mengamati).
·
Siswa menyanyikan lagu secara
bersama-sama dengan percaya diri (mencoba).
·
Siswa mengidentifikasi pola irama pada
lagu yang dinyanyikan menggunakan alat musik ritmis (menalar).
·
Selanjutnya siswa dan guru melakukan
tanya jawab sebutan kakak laki-laki dan perempuan di daerah setempat
(menanya).
·
Siswa menyebutkan sebutan kakak
laki-laki dan perempuan yang ada di keluarga (mengkomunikasikan).
·
Siswa membaca teks buku harian
(mengamati).
·
Siswa menjawab pertanyaan dari teks buku
harian (menalar).
·
Siswa diajak
mengamati satuan kubus (mengamati).
·
Siswa
menghitung jumlah satuan kubus (menalar).
·
Siswa membilang
banyak benda berdasarkan gambar kubus satuan pada buku siswa (menalar).
·
Dari kegiatan membilang yang telah dilakukan, siswa menyebutkan banyak
benda berdasarkan gambar yang diamati (mengomunikasikan).
·
Siswa
membuat kalimat dengan menggunakan salah satu lambang bilangan dari lima
bilangan pada kegiatan membilang yang telah dilakukan sebelumnya (menalar).
·
Siswa
melengkapi barisan bilangan berpola +1 (menalar).
·
Siswa
menulis teks buku harian tentang kegiatan bersama anggota keluarga dengan
menggunakan EYD yang tepat (mencoba).
|
|
Penutup
|
·
Peserta didik dengan bimbingan guru
menyimpulkan hasil pembelajaran pada pertemuan itu.
·
Guru memberikan kesempatan kepada
peserta didik untuk menyampaikan pendapat yang berhubungan dengan
pembelajaran yang diikuti.
·
Salam dan doa penutup.
|
F.
Alat dan Sumber
Bahan
1.
Buku tema 1 “Hidup Rukun”
2.
Berbagai bentuk benda
3.
Lembar kegiatan siswa
4.
Lembar evaluasi
G.
Penilaian
1.
Bentuk penilaian
· Tes tertulis
· Penilaian praktek
· Penilaian sikap (observasi)
2.
Rubik penilaian
· Tes tertulis
Penilaian dilakukan
dengan cara menghitung jumlah jawaban benar dari soal yang tersedia.
· Rubrik menyanyi dengan
memainkan alat musik ritmis
No
|
Kriteria
|
Baik sekali
4
|
Baik
3
|
Cukup
2
|
Perlu Bimbingan
1
|
1
|
Penguasaan lagu.
|
Konsisten menyanyi
dengan nada
yang
tepat
tanpa bimbingan guru.
|
Terkadang
kurang konsisten
menyanyi dengan
nada yang tepat tanpa
bimbingan guru.
|
Terkadang
kurang konsisten
menyanyi dengan
nada yang tepat
walaupun telah
dibimbing guru.
|
Menyanyi dengan
nada yang tidak tepat walaupun telah dibimbing guru.
|
2
|
Kemampuan
memainkan
alat musik ritmis.
|
Mampu mengembangkan
Ritmis dari
pola yang disajikan.
|
Hanya
mampu
memainkan
ritmis
dari pola
yang
disajikan,
tapi tidak
mampu untukmengem-bangkan.
|
Mengalami
Kesulitan dalam
meniru ritmis yang
disajikan.
|
Tidak
mampu
sama
sekali
meniru
ritmis
yang disajikan.
|
· Rubrik memperagakan
ucapan permohonan maaf
No
|
Kriteria
|
Baik sekali
4
|
Baik
3
|
Cukup
2
|
Perlu Bimbingan
1
|
1
|
Ekpresi.
|
Mimik
wajah dan gerak tubuh sesuai dengan
dialog
secara
konsisten.
|
Mimik
wajah dan gerak tubuh sesuai
dengan
dialog namun kurang
konsisten.
|
Mimik
wajah dan gerak tubuh tidak
sesuai
dengan
dialog.
|
Monoton,
tanpa
ekspresi
|
2
|
Lafal.
|
Dialog dilafalkan
dengan
tepat dan jelas.
|
Ada 1-2
kata yang kurang tepat pelafalannya.
|
Lebih dari
2 kata
belum
tepat
pelafalannya
|
Hampir semua
kata belum tepat
pelafalannya.
|
3
|
Intonasi.
|
Intonasi sesuai
dengan dialog secara konsisten.
|
Intonasi
sesuai dengan dialog
namun
kurang
konsisten.
|
Intonasi
tidak
sesuai
dengan
dialog.
|
Tanpa
intonasi.
|
4
|
Volume Suara.
|
Volume
suara
keras dan jelas.
|
Volume
suara jelas.
|
Volume
suara
kurang
jelas.
|
Suara
sangat
pelan dan
tidak
jelas.
|
·
Rubrik menulis teks buku harian
No
|
Kriteria
|
Baik sekali
4
|
Baik
3
|
Cukup
2
|
Perlu Bimbingan
1
|
1
|
Penggunaan
huruf besar,
dan tanda baca.
|
Menggunakan
huruf
besar di
awal
kalimat
dan nama
orang,
serta
menggunakan
tanda
titik di
akhir kalimat.
|
Terdapat
1-2
Kesalahan dalam
Penggunaan
huruf besar dan tanda
titik.
|
Terdapat
lebih dari
2
kesalahan
dalam penggunaan
huruf
besar dan tanda titik.
|
Tidak satu
pun
kalimat
yang
menggunakan
huruf
besar dan tanda titik.
|
2
|
Kesesuaian
isi teks yang
ditulis
dengan tema buku
harian.
|
Seluruh
isi teks
yang
ditulis
sesuai
judul
atau tema.
|
Setengah
atau
lebih isi
teks sesuai judul atau tema.
|
Kurang
dari
setengah
isi
teks
sesuai judul atau tema.
|
Semua isi
teks
belum sesuai.
|
3
|
Penulisan.
|
Penulisan
kata
sudah
tepat.
|
Terdapat
1-2
kata yang belum
tepat penulisannya.
|
Terdapat lebih
dari 2 kata yang
belum
tepat
penulisannya.
|
Semua kata
belum tepat dalam
Penulisan.
|
4
|
Penggunaan
kalimat yang
efektif.
|
Semua
kalimat
menggunakan
kalimat
yang
efektif.
|
Terdapat 1-2
kalimat
Menggunakan
kalimat yang
kurang
efektif.
|
Terdapat
lebih
dari 2
kalimat
menggunakan
kalimat
yang
kurang
efektif.
|
Semua
kalimat
menggunakan
kalimat
yang
belum
efektif.
|
· Penilaian sikap
(observasi)
Sikap yang dianamati
adalah percaya diri, disiplin, dan kerja sama
...................,. 20 ...
Mengetahui,
Kepala
Sekolah Guru
.........................................
...............................
Tidak ada komentar:
Posting Komentar